PERAN PROGRAM MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN DESA

Authors

  • Revita Yanuarsari Universitas Islam Nuasntara http://orcid.org/0000-0002-7277-0018
  • Iwan Asmadi Universitas Bina Sarana Informatika
  • Hendi Suhendraya Muchtar Universitas Islam Nusantara
  • Rita Sulastini Universitas Islam Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.22460/comm-edu.v5i2.9659

Keywords:

MBKM, Desa Mandiri, Mahasiswa

Abstract

Ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkembang sangat pesat telah membawa banyak perubahan dalam berbagai aspek kehidupan. Pendidikan dewasa ini harus dapat beradaptasi dengan perubahan yang ada termasuk diantaranya perubahan kebiasaan karena keadaan dunia yang sedang mengalami pandemi covid 19. Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka merupakan salah satu kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim untuk merespon perubahan tersebut. Salah satu program yang terdapat di program MBKM adalah proyek di desa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan metode deskriptif analisis berdasarkan kajian literatur atau riset kepustakaan. Hasil penelitian mengatakan bahwa proyek di desa menjadi salah satu sarana penguatan karakter mahasiswa. Sebagai calon pemimpin masa depan, mahasiswa ditantang untuk keluar dari zona nyamannya dan berlatih menghadirkan solusi dari problem yang ditemuinya di desa. Diharapkan dengan adanya program MBKM ini juga dapat membantu mewujudkan desa-desa mandiri di Indonesia. 

References

Ariyanto, Nur. (2019). Modul KKN Desa Membangun Kerjasama Desa. Jakarta : Kementerian Desa.

Bintarto, R. (2010). Interaksi Desa-Kota dan Permasalahannya. Jakarta : Ghalia Indonesia.

Bukhori, Mokhtar. (2001). Transformasi Pendidikan. Jakarta : Pustaka Sinar Harapan.

Caritra. (2020). Kebijakan Kampus Merdeka Kesempatan Emas Dalam Membangun Desa. Tersedia : https://www.caritra.org/2020/10/05/kebijakan-kampus-merdeka-kesempatan-emas-dalam membangun-desa/.

Chaniago, Andrinof A. (2020). 5 Potensi Desa Yang Bisa Dioptimalkan. Tersedia : cnnindonesia.com/ekonomi/20200809221955-92-533852/5-potensi-desa-yang-bisa-dioptimalkan

Cheng, Yin Cheong. (2015). School Effectiveness and School-Based Management : A Mechanism for Development, Washington D.C: The Palmer Press, 1996, h.7). sumber: https://pendidikankejuruan.wordpress.com/2015/12/23/pendidikan-suatu-infestasi/

Daldjoeni, N. 2011. Geografi Kota dan Desa. Bandung : Penerbit Alumni ITB.

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. (2020). Buku Panduan Merdeka Belajar - Kampus Merdeka. Jakarta : Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdikbud RI.

Jatmiko, Datu dan Nur Endah Januarti. (2021). Model Kegiatan Pembelajaran Membangun Desa. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta.

Mahmud. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : CV Pustaka Setia.

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 3 Tahun 2020

Suryadi, Ace. (1999). Pendidikan, Investasi SDM dan Pembangunan: Isu, Teori dan Aplikasi. Jakarta : Balai Pustaka.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2014

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 1979

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2004

Wibowo, Lendy W. (2015). Kerja Membangun Desa. Tersedia : https://kerjamembangundesa.wordpress.com/2015/11/23/konsep-desa-mandiri/ 2015

Widjaja, Haw. (2010). Otonomi Desa. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Zeid, Mestika. (2008). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta : Yayasan Obor Indonesia.

Downloads

Published

2022-05-31

Issue

Section

Articles