PENDAMPINGAN MENTAL BERBASIS PENDEKATAN SPIRITUAL BAGI ANAK DAN REMAJA KELUARGA BROKEN HOME
DOI:
https://doi.org/10.22460/comm-edu.v6i1.16363Abstract
Tujuan penelitian untuk mengetahui pendampingan pendidikan mental berbasis pendekatan spritual bagi anak dan remaja keluarga broken home. Teori yang digunakan adalah teori anak remaja, keluarga, teori broken home, teori Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat dan teori pendamping sebagai bagian dari Pendidikan masyarakat. Selanjutnya untuk metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi dengan teknik pengumpulan data triangulasi. Sampel yaitu 3 orang peserta didik dan 2 orang pendamping atau tutor. Lokasi penelitian di PKBM Geger Sunten Lembang. Berdasarkan hasil dari penelitian dan pembahasan diatas maka dapat diambil kesimpulan bahwa kegiatan pendampingan dengan pendekatan spiritual yang dilakukan di PKBM Geger Sunten dapat dikatakan berhasil hal ini dapat dikatakan dari anak sudah memiliki motivasi serta percaya diri yang baik untuk dapat melanjutkan masa depan yang lebih baik. Selain itu juga peningkatan kemampuan anak-anak dari bidang keagamaan juga meningkat, dimana para remaja kebiasaan baik seperti berdo'a sebelum mulai masuk di kelas, menghafal Juz 'amma, terbiasa tersenyum, menyapa dan santun, melaksanakan sholat Dzuhur berjama'ah, melakukan sholat Dhuha dan bersedekah.Kata Kunci: Broken Home, Keluarga, Pendampingan, RemajaReferences
Agustian, W. (2022). Well-Beingnya Anak Broken Home. Kompasiana.
Ahmadi, A. (2022). Psikologi Sosial. Rineka Cipta.
Dewi, Ida.A.,Herdiyanto, Y. K. (2018). Dinamika penerimaan diri pada remaja broken home di Bali. Jurnal Psikologi Udayana, 5(2), 434–443.
Ermayani, N., Nurhasela, N., & Marleni, L. (2021). Analisis Perbedaan Belajar Terhadap Siswa yang Berasal Dari Keluarga Broken Home. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(1), 110–116. https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i1.1446
Halawa, O., Nurhayati, S., & Rochana, S. (2019). Pemberdayaan Untuk Meningkatkan Taraf Hidup Di Kampung Adat Cireundeu Cimahi. Comm-Edu (Community Education Journal), 2(3), 210. https://doi.org/10.22460/comm-edu.v2i3.2509
Hasan, E. S., & Nurhayati, S. (2012). Pendidikan Luar Sekolah Dan Pembangunan Manusia Indonesia. Empowerment, 1(1), 1–12.
Hudri, M. I., & Nurhayati, S. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Whatsapp Pada Pelatihan. Jurnal Comm-Edu, 3(3), 238–244.
Hyoscyamina, D. E. (2011). PERAN KELUARGA DALAM MEMBANGUN KARAKTER ANAK. Jurnal Psikologi Undip, 10(2), 144–152.
Lie, F., Ardini, P. P., Utoyo, S., & Juniarti, Y. (2019). TUMBUH KEMBANG ANAK BROKEN HOME. Jurnal Pelita PAUD, 4(1), 114–123.
Maghfiroh, L. N., Siregar, R. D., Sagala, D. S., & Khadijah. (2022). Dampak Tumbuh Kembang Anak Broken Home. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 42–48.
Majid, W. J., & Nurhayati, S. (2020). Gerakan Literasi Dini Readhaton Sebagai Upaya Membangkitkan Membaca Siswa Di Sekolah Alam Smp Insan Litera - Desa Cihampelas. Comm-Edu (Community Education Journal), 3(3), 245. https://doi.org/10.22460/comm-edu.v3i3.4359
Nurhayati, S. (2021). Pendidikan Masyarakat menghadapi Digitalisasi. El Markazi.
Nurhayati, S., Anggidesialamia, H., Suryadi, D., & Fasa, M. I. (2020). Reading Review Program as an Innovative Effort to Increase Community’s Reading Interest. 491(Ijcah), 184–190. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201201.032
Nurhayati, S., Musa, S., Boriboon, G., Nuraeni, R., & Putri, S. (2021). Community Learning Center Efforts to Improve Information Literacy in the Community for Cyber Crime Prevention during a Pandemic. Journal of Nonformal Education, 7(1), 32–38. https://doi.org/10.15294/jne.v7i1.26883
Pradhana, W. (2021). Perceraian di Bandung Barat Capai 2.115 Kasus, Meningkat Dibanding 2020. DetiikNews.
Qurrotaini, L., Setiyaningsih, D., & Muhammad, S. (2022). PENDAMPINGAN DAN PEMBINAAN PENDIDIKAN ANAK-ANAK DI KAMPUNG PEMULUNG CIPUTAT TANGERANG SELATANPENDAMPINGAN DAN PEMBINAAN PENDIDIKAN ANAK-ANAK DI KAMPUNG PEMULUNG CIPUTAT TANGERANG SELATAN. 138–141.
Rukanda, N., Nurhayati, S., & Ganda, G. (2020). Partisipasi Karang Taruna Terhadap Kegiatan Masyarakat Melalui Aksi Sosial. Comm-Edu (Community Education Journal), 3(2), 144. https://doi.org/10.22460/comm-edu.v3i2.4151
Saepudin, A., & Mulyono, D. (2019). Community Education in Community Development. Empowerment, 8(1), 65. https://doi.org/10.22460/empowerment.v8i1p65-73.1165
Septiani, M. (2015). Pengalaman Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (Pkbm) Dalam Memfasilitasi Masyarakat Belajar Sepanjang Hayat. JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 10(2), 67–76. https://doi.org/10.21009/jiv.1002.1
Sondari, Y., Amri, D. I., & Nurhayati, S. (2018). Penerapan Pendidikan Inklusif Pada Program Kesetaraan Di PKBM Srikandi. Jurnal Comm Edu 1 (3), 70–93.
Sudjana, D. (2004). Pendidikan Nonformal. Falah Production.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV Alfabeta.
Suharto, Nurhayati, S., Wahyu Hidayat, A., Fitri, A., Iqbal Fasa, M., & Azis, A. (2021). The Role of a Community Learning Centre in Fostering the Community’s Social Entrepreneurship Character and Motivation in Facing New Normal Era. International Research Conference on Economics and Business, 2021, 128–139. https://doi.org/10.18502/kss.v5i8.9354
Ulfiiah. (2016). Psikologi Keluarga Pemahaman Hakikat Keluarga dan Penanganan Problematika Rumah Tangga. Ghalia Indonesia.
WILLIS, S. S. (2015). Konseling Keluarga (Family Counseling). Alfabeta.
Wulandari, A. (2014). Karakteristik Pertumbuhan Perkembangan Remaja dan Implikasinya Terhadap Masalah Kesehatan dan Keperawatannya. Jurnal Keperawatan Anak, 2(1), 39–43.
Wulandari, D., & Fauziah, N. (2019). Pengalaman Remaja Korban Broken Home (Studi Kualitatif Fenomenologis). Jurnal EMPATI, 8(1), 1–9. https://doi.org/10.14710/empati.2019.23567
Yuliya, Nurhayati, S., & Andrisyah. (2020). Kecerdasan Spiritual Anak Usia Dini Melalui Peran Guru Dengan Menggunaan Kartu Huruf Hijaiyah Di Paud Nurul Atfal Usia 5-6. CERIA (Cerdas Energik …, 3(5), 385–393.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Author should first register as Author and/or is offered as Reviewer through the following address:Â http://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/comm-edu/user/registerÂ
 Author should fulfil the form as detail as possible where the star marked form must be entered. After all form textbox was filled, Author clicks on “Register†button to proceed the registration. Therefore, Author is brought to online author submission interface where Author should click on “New Submissionâ€. In the Start a New Submission section, click on “’Click Here’: to go to step one of the five-step submission processâ€. The following are five steps in online submission process:
- Step 1 - Starting the Submission: Select the appropriate section of journal, i.e. Original Research Articles, Review Article, or Short Communication. Thus, author must check-mark on the submission checklists.
- Step 2 – Uploading the Submission: To upload a manuscript to this journal, click Browse on the Upload submission file item and choose the manuscript document file to be submitted, then click Upload button.
- Step 3 – Entering Submission’s Metadata: In this step, detail authors metadata should be entered including marked corresponding author. After that, manuscript title and abstract must be uploaded by copying the text and paste in the textbox including keywords.
- Step 4 – Uploading Supplementary Files: Supplementary file should be uploaded including Covering/Submission Letter, and Signed Copyright Transfer Agreement Form. Therefore, click on Browse button, choose the files, and then click on Upload button.
- Step 5 – Confirming the Submission:  Author should final check the uploaded manuscript documents in this step. To submit the manuscript to Empowerment, click Finish Submission button after the documents is true. The corresponding author or the principal contact will receive an acknowledgement by email and will be able to view the submission’s progress through the editorial process by logging in to the journal web address site.
After this submission, Authors who submit the manuscript will get a confirmation email about the submission. Therefore, Authors are able to track their submission status at any time by logging in to the online submission interface. The submission tracking includes status of manuscript review and editorial process.