IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM PENGELOLAAN KELOMPOK BERMAIN DENGAN ANALISIS SWOT

Authors

  • Ashil Asayyidatina Ramadianty Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Safuri Musa Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Abdul Muis Universitas Singaperbangsa Karawang

Keywords:

implementasi, kurikulum merdeka, pengelolaan, kelompok bermain, analisis swot

Abstract

Latar belakang penelitian ini yaitu kebijakan pemerintah yang berkenaan dengan kurikulum merdeka. Hasil studi tentang implementasi kurikulum merdeka menunjukan perubahan yang positif dan signifikan terhadap perkembangan pembelajaran terhadap peserta didik. Sebagaimana yang telah dilakukan oleh siapa taun brp. Berkenaan dengan hal itu maka tujuan penelitian ini adalah melakukan analisis swot terhadap perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan kelompok bermain aditya karawang. Implementasi kurikulum merdeka pada kelompok bermain dalam hal ini adalah studi kasus kelompok bermain aditya. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kurikulum merdeka menurut Wasis, Pengelolaan menurut D.Sudjana, kelompok bermain menurut Depdiknas, analisis swot menurut Siagian. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian empat orang yaitu satu orang pengelola, dua orang tutor, dan satu orang tua peserta didik. Berdasarkan hasil dilapangan ditemukan hasil implementasi kurikulum merdeka dalam perencanaan, pengorganisasian pelaksanaan, dan pengawasan. Kesimpulan dari hasil penelitian ini yaitu mendeskripsikan implementasi kurikulum kelompok bermain berjalan baik dan lancar namun adanya hambatan dengan terbatasnya alat elektronik, media belajar, kemampuan pengendalian. Rekomendasinya untuk implementasi kurikulum merdeka dikelompok bermain belum maksimal karena terbatasnya alat teknologi komunikasi, guru belum mengikuti pelatihan pengembangan media pembelajaran berbasis media digital. Maka kepada pengelola jika ingin melakukan kurikulum merdeka harus memenuhi kriteria tersebut.

Downloads

Published

2025-03-26