PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DONGENG DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN LITERASI LISAN ANAK USIA DINI DI PAUD AL-IKHLAS

Authors

  • Sania Rifka Korina Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Nia Hoerniasih Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Tika Santika Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.22460/comm-edu.v8i2.24585

Keywords:

Metode Dongeng, Literasi lisan, Pendidikan Anak Usia Dini

Abstract

Literasi lisan merupakan keterampilan dasar yang sangat penting bagi perkembangan bahasa anak. Melalui dongeng, anak-anak tidak hanya mendengar berbagai kosakata baru tetapi juga belajar memahami struktur cerita, meningkatkan kemampuan mendengarkan, serta merangsang imajinasi dan kreativitas mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang Penerapan Metode Pembelajaran Dongeng Dalam Mengembangkan Kemampuan Literasi Lisan Anak Usia Dini Di PAUD Al-Ikhlas. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Hasil dari penelitian menunjukkan dampak signifikan terhadap perkembangan kemampuan literasi lisan anak usia dini.

Downloads

Published

2025-05-25

Issue

Section

Articles