UPAYA PENGELOLA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMPUTER WARGA BELAJAR PAKET C DALAM MENGHADAPI UJIAN DARING
DOI:
https://doi.org/10.22460/comm-edu.v5i1.10544Kata Kunci:
Pengelola, Keterampilan, PelatihanAbstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh data yyang menyebutkan bahwa peserta didik Paket C PKBM Sumber Arum Dayeuh Kolot Kabupaten Bandung yang dapat mengoprasikan komputer berada di angka 60%, sedangkan untuk melaksanakan ANBK peserta didik harus dapat mengoperasikan komputer secra penuh atau harus sebanyak 100%. Teori yang digunakan didalam penelitian ini diantaranya Teori Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM), Teori pelatihan, teori keterampilan Komputer. Metode yang digunakan mengunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskritif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi. Lokasi penelitian di PKBM Sumber Arum, yang menjadi responden dalam penelitian ini satu orang pengelola, satu orang tutor dan lima orang warga belajar dari paket C di PKBM Sumber Arum yang dipilih secara random.
Hasil penelitian mengenai upaya pengelola dalam meningkatkan keterampilan komputer warga belajar paket C dalam menghadapi ujian daring yaitu dapat dikatakan bahwa pengelola sudah melakukan proses pelaksanaan keterampilan komputer dengan baik sehingga hasil yang diperoleh dari keterampilan komputer juga baik. Hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan keterampilan komputer peserta didik paket C PKBM Sumber Arum yang sudah siap untuk mengikuti ujian daring.Referensi
Irmawati, A. (2017). Peran Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (Pkbm) dalam Mengurangi Buta Aksara di Kabupaten Karimun. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol 2 No. 1, Hal.81-98.
Kamil, M. (2012). Model Pendidikan dan Pelatihan : Konsep dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta.
Kapoh, W., Liando, D. M., & Waleleng, G. J. (2016). Kualitas Sumberdaya Aparatur Sipil Negara Dalam Pelayanan Administrasi Di Kantor Kelurahan Pandu. Society Jurnal Ilmu Sosial & Pengelolaan Sumberdaya Pembangunan, Vol 3 No. 20, Hal. 20-34.
Kebudayaan, P. A. (2021, November 03). Asesemen nasional. Diambil kembali dari anbk kemdikbud: anbk.kemdikbud.co.id
Maharani, L. (2019). Pengaruh Faktor-Faktor Kompetensi Terhadap Kinerja Karyawan Jasa Konsultansi Konstruksi Di Pekanbaru. Jurnal Niara, Vol 11 No. 2, Hal. 125-134.
Muktiani, E. (2019). Pengaruh Intensif, Pelatihan dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor SAR Semarang. Jurnal Magisma, Vol 7 No. 1, Hal. 52-62.
Rahayu, R., & Widiastuti, N. (2018). Upaya Pengelolaan Taman Bacaan Masyarakat Dalam Memperkuat Minat Membaca (Studi Kasus TBM Silayung Desa Ciburuy Kecamatan Padalarang). Jurnal Comm Edu, Vol 1 No.2, Hal. 57-67.
Ramadhani, M., & Ardias, W. S. (2020). Efektivitas Pelatihan Manajemen Stres Dalam Penurunan Stres Kerja Pada Anggota Badan Search And Rescue Nasional (BASARNAS) Kota Padang. PSYCHE: Jurnal Psikologi Universitas Muhammadiyah Lampung, Vol 2, No. 1, Hal. 28-39.
Riniwati, H. (2016). Manajemen Sumberdaya Manusia. Malang: UB Press.
Rizqia, H., & Soegoto, D. S. (2016). Pengaruh Pelatihan, Kemampuan dan Pengalaman Terhadap Kinerja Internal Auditor (Studi Kasus pada unit internal audit PT Telekomunikasi Indonesia,Tbk). JIMM UNIKOM, Vol 2 No. 1, Hal. 43-62.
Siringoringo, L. (2022, Januari 21). Literasi Digital Masyarakat. Diambil kembali dari Kontan.co.id: https://nasional.kontan.co.id/news/hasil-survei-menunjukkan-indeks-literasi-digital-masyarakat-semakin-naik
Sudjana, D. (2010). Pendidikan Luar Sekolah Wawasan, Sejarah Perkembangan, Falsafah & Teori Pendukung Asas. Bandung: Falah Production.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Candung: Alfabeta.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatof, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.
Widiastuti, S., & Muktian, N. R. (2010). Peningkatan Motivasi dan Keterampilan Menggiring Bola Dalam Pembelajaran Sepakbola Melalui Kucing Tikus Pada Siswa Kelas 4 SD Glagahombo 2 Tempel. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia , Vol 7 No. 1, Hal. 47-59.
Widodo, H. (2017). Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, Vol 2 No.1, Hal. 85-93.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Author should first register as Author and/or is offered as Reviewer through the following address:Â http://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/comm-edu/user/registerÂ
 Author should fulfil the form as detail as possible where the star marked form must be entered. After all form textbox was filled, Author clicks on “Register†button to proceed the registration. Therefore, Author is brought to online author submission interface where Author should click on “New Submissionâ€. In the Start a New Submission section, click on “’Click Here’: to go to step one of the five-step submission processâ€. The following are five steps in online submission process:
- Step 1 - Starting the Submission: Select the appropriate section of journal, i.e. Original Research Articles, Review Article, or Short Communication. Thus, author must check-mark on the submission checklists.
- Step 2 – Uploading the Submission: To upload a manuscript to this journal, click Browse on the Upload submission file item and choose the manuscript document file to be submitted, then click Upload button.
- Step 3 – Entering Submission’s Metadata: In this step, detail authors metadata should be entered including marked corresponding author. After that, manuscript title and abstract must be uploaded by copying the text and paste in the textbox including keywords.
- Step 4 – Uploading Supplementary Files: Supplementary file should be uploaded including Covering/Submission Letter, and Signed Copyright Transfer Agreement Form. Therefore, click on Browse button, choose the files, and then click on Upload button.
- Step 5 – Confirming the Submission:  Author should final check the uploaded manuscript documents in this step. To submit the manuscript to Empowerment, click Finish Submission button after the documents is true. The corresponding author or the principal contact will receive an acknowledgement by email and will be able to view the submission’s progress through the editorial process by logging in to the journal web address site.
After this submission, Authors who submit the manuscript will get a confirmation email about the submission. Therefore, Authors are able to track their submission status at any time by logging in to the online submission interface. The submission tracking includes status of manuscript review and editorial process.