EVALUASI PROGRAM KESETARAAN PAKET C DI SANGGAR KEGIATAN BELAJAR KOTA BEKASI
DOI:
https://doi.org/10.22460/commedu.v7i1.11878Kata Kunci:
Evaluasi Program, Kesetaraan, Model CIPPAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan evaluasi program kesetaraan paket C di SKB Kota Bekasi menggunakan model CIPP yang dikembangkan oleh Daniel Stufflebeam meliputi Context, Input, Process dan Product. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini terdiri dari 1 kepala SKB, 2 tutor dan 2 warga belajar. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Evaluasi Context program kesetaraan paket C di SKB Kota Bekasi sudah sesuai dengan tujuan dan kesesuaian kebutuhan warga belajar; (2) Evaluasi Input mencakup warga belajar, tutor, sarana prasara dan pendanaan sebagian besar sudah sesuai dengan yang diharapkan; (3) Evaluasi Process mencakup kegiatan perencanaan pembelajaran seperti jadwal kegiatan pembelajaran dan proses pembelajaran seperti absensi pembelajaran, materi pembelajaran, kurikulum pembelajaran, strategi pembelajaran dan partisipasi warga belajar semuanya sudah berjalan dengan lancar serta dikatakan sudah cukup baik; (4) Evaluasi Product kualitas hasil warga belajar yang ditinjau dari aspek pengetahuan, keterampilan dan sikap sudah sesuai dengan yang diharapkan.
Referensi
Adharsyah, Taufan. (2019). Sri Mulyani Sebut 59% Pekerja Lulusan SMP, Fakta Lebih Ngenes. Diakses 21 Februari 2022. Diambil dari https://www.cnbcindonesia.com/market/20190614153137-17-78468/sri-mulyani-sebut-59-pekerja-lulusan-smp-fakta-lebih-ngenes
Annur, Cindy Mutia. (2021). Mayoritas Angkatan Kerja Indonesia Lulusan SMA pada 2020. Diambil dari https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/11/18/mayoritas-angkatan-kerja-indonesia-lulusan-sma-pada-2020
Istiyani, Nia Mei, & Utsman, Utsman. (2020). Evaluasi Program Model CIPP Pada Pelatihan Menjahit Di LKP Kartika Bawen. Learning Community: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 3(2), 6–13.
kompas.com. (2015). Menuju Wajib Belajar 12 Tahun. Diakses 20 Februari 2022. Diambil dari https://www.google.com/amp/s/amp.kompas.com/edukasi/read/2015/01/13/01183401/puan-maharani-wajib-belajar-12-tahun-dimulai-juni-2015
Nurhayati, Lia, & Suprapto, Srihandayani. (2020). Evaluasi Program Pendidikan Kesetaraan Paket A Bagi Anak Putus Sekolah di Kabupaten Gorontalo. Publik (Jurnal Ilmu Administrasi), 9(2), 168–175.
Peraturan Pemerintah RI No. 47. (2008). No Titl. Diambil dari https://peraturan.bpk.go.id
Setiyaningrum, A. (2016). Implementasi Model Evaluasi CIPP Pada Pelaksanaan Program Pendidikan dan Pelatihan di BPTT Darman Prasetyo Yogyakarta. Jurnal Skripsi Program Studi Teknologi Pendidikan, 5(7).
Stufflebeam, Daniel L. (1971). The relevance of the CIPP evaluation model for educational accountability.
Sudjana, Djudju. (2006). Evaluasi program pendidikan luar sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiyono, P. .. (2019). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, R&D (2nd ed). Bandung: CV Alfabeta.
Sujarwo. (2013). Pembelajaran Orang Dewasa (Metode dan Teknik). Yogyakarta: CV Venus Gold Press.
Sukardi, S. (2014). Evaluasi program pendidikan dan pelatihan. Jakarta: Bumi Aksara.
Undang-Undang RI No 20. (2003). tentang Sistem Pendidikan Nasional. Diambil dari https://peraturan.bpk.go.id
Widoyoko, Eko Putro. (2009). Evaluasi program pembelajaran. Yogyakarta: pustaka pelajar, 238.
Wirawan, W. (2011). Evaluasi teori, model, standar, aplikasi dan profesi. PT. RajaGrafindo Persada.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Comm-Edu (Community Education Journal)

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Author should first register as Author and/or is offered as Reviewer through the following address:Â http://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/comm-edu/user/registerÂ
 Author should fulfil the form as detail as possible where the star marked form must be entered. After all form textbox was filled, Author clicks on “Register†button to proceed the registration. Therefore, Author is brought to online author submission interface where Author should click on “New Submissionâ€. In the Start a New Submission section, click on “’Click Here’: to go to step one of the five-step submission processâ€. The following are five steps in online submission process:
- Step 1 - Starting the Submission: Select the appropriate section of journal, i.e. Original Research Articles, Review Article, or Short Communication. Thus, author must check-mark on the submission checklists.
- Step 2 – Uploading the Submission: To upload a manuscript to this journal, click Browse on the Upload submission file item and choose the manuscript document file to be submitted, then click Upload button.
- Step 3 – Entering Submission’s Metadata: In this step, detail authors metadata should be entered including marked corresponding author. After that, manuscript title and abstract must be uploaded by copying the text and paste in the textbox including keywords.
- Step 4 – Uploading Supplementary Files: Supplementary file should be uploaded including Covering/Submission Letter, and Signed Copyright Transfer Agreement Form. Therefore, click on Browse button, choose the files, and then click on Upload button.
- Step 5 – Confirming the Submission:  Author should final check the uploaded manuscript documents in this step. To submit the manuscript to Empowerment, click Finish Submission button after the documents is true. The corresponding author or the principal contact will receive an acknowledgement by email and will be able to view the submission’s progress through the editorial process by logging in to the journal web address site.
After this submission, Authors who submit the manuscript will get a confirmation email about the submission. Therefore, Authors are able to track their submission status at any time by logging in to the online submission interface. The submission tracking includes status of manuscript review and editorial process.