IMPLEMENTASI PROGRAM KEWIRAUSAHAAN SAYUR DALAM UPAYA MENINGKATKAN PEREKONOMIAN PONDOK PESANTREN
DOI:
https://doi.org/10.22460/commedu.v6i3.12309Kata Kunci:
Kewirausahaan, PesantrenAbstrak
lembaga pendidikan atau lembaga pendidikan agama, tetapi juga harus mampu menunjukkan kelayakannya sebagai lembaga ekonomi bagi kesejahteraan anak didiknya. Jika pesantren mampu melakukan program kewirausahaan, ekonomi lokal akan menguat. Kompetensi pengetahuan, keterampilan, dan kewirausahaan menjadi faktor pendorong peningkatan perekonomian melalui pondok pesantren. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan program kewirausahaan sayur di Pondok Pesantren Al-Ihya Lembang dalam upaya meningkatkan perekonomian sekolah. Konsep yang digunakan adalah teori pondok pesantren dan kewirausahaan. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini, data dikumpulkan melalui wawancara dan observasi dengan satu pengurus pondok pesantren, satu guru, dan tiga santri. Lokasi penelitian adalah Pondok Pesantren Al-Ihya Lembang. Berdasarkan hasil penelitian, implementasi kewirausahaan telah berjalan dengan baik. Hal ini terlihat dari penjualan sayuran secara internasional, yang dapat membantu pesantren meningkatkan ekonomi mereka. Selain itu, keberhasilan pelaksanaan ini tidak terlepas dari variabel-variabel yang mendorong kegiatan ini, antara lain keinginan belajar siswa dan motivasi guru. Selain itu, efektivitas pelaksanaannya tergantung pada berbagai unsur lingkungan, yang terpenting adalah keinginan siswa untuk belajar dan motivasi dari guru.Referensi
Agustina, S. S. (2022). Terbesar di Dunia, Indonesia Unggul dari Pakistan. https://www.koranmemo.com/nasional-internasional/pr-1922565247/menjadi-negara-penganut-agama-islam-terbesar-di-dunia-indonesia-unggul-dari-pakistan
Alvika Meta Sari, Suratmin Utomo, A. S. R. (n.d.). Peningkatan Motivasi Berwiraswasta Santri Pondok Pesantren Melalui Pelatihan Kewirausahaan.
Ansori. (2014). Model Pengembangan Kewirausahaan Santri Melalui Pondok Pesantren Berbasis Budaya Agribisnis Tanaman Palawija. Didaktik, 8(1), 6–10.
Engking, H., Hasan, S., Direktur, M. P., Stkip, P., Bandung, S., Nurhayati, S., Pd, S., Pd, M., & Stkip, D. (2012). Pendidikan Luar Sekolah Dan Pembangunan Manusia Indonesia. Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Luar Sekolah STKIP Siliwangi Bandung, 1(1), 1–12.
Erilantu, G. S. (2016). Evaluasi program aksara kewirausahaan anyaman bambu dalam upaya pemberdayaan masyarakat di PKBM Prima Education. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(2), 165. https://doi.org/10.21831/jppm.v3i2.9890
Herman. (2013). Sejarah Pesantren Di Indonesia. Jurnal Al-Ta’dib, 6(2), 145–158.
Hudri, M. I., & Nurhayati, S. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Whatsapp Pada Pelatihan. Jurnal Comm-Edu, 3(3), 238–244.
Intadiyah, U., Nurhayati, S., & Rukanda, N. (2021). TRAINING MANAGEMENT OF MUKENA HOME INDUSTRY TO IMPROVE COMMUNITY ’ S ECONOMIC. Empowerment : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Luar Sekolah, 10(2252), 23–34.
Kompri. (2018). Manajemen dan Kepemimpinan Pondok Pesantren (Edisi Pert). Prenadamedia Group.
Koswara, R. (2014). Manajemen Pelatihan Life Skill dalam Upaya Pemberdayaan Santri di Pondok Pesantren. Jurnal Empowerment, 4(1), 37–50.
Muttaqin, R. (2011). Kemandirian dan pemberdayaan ekonomi berbasis pesantren (STUDI ATAS PERAN PONDOK PESANTREN AL-ITTIFAQ KECAMATAN RANCABALI KABUPATEN BANDUNG TERHADAP KEMANDIRIAN EKNOMI SANTRI DAN PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT SEKITARNYA). Ekonomi Syariah Indonesia, I(2), 65–94.
Nurhayati, S. (2020). Improving teachers’ entrepreneurship skills in the Industry 4.0 through online business workshops. In Teacher Education and Professional Development in Industry 4.0. Taylor & Francis.
Nurhayati, S. (2021). Pendidikan Masyarakat menghadapi Digitalisasi. El Markazi.
Nurmawati, Nurhayati, S., & Noor, A. H. (2021). IMPROVING VOCATIONAL HIGH SCHOOL ALUMNI COMPETITIVENESS. Empowerment : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Luar Sekolah, 10(1), 160–167.
Purnomo, B. R. (2017). Efektivitas Pelatihan Kewirausahaan Dalam Meningkatkan Pengetahuan Dan Motivasi Berwirausaha Pada Penyandang Tunarungu. Ekspektra, 1(1), 21–30. https://doi.org/10.25139/ekt.v1i1.85
Rukanda, N., Nurhayati, S., & Ganda, G. (2020). the Influence of Students’ Motivation on Entrepreneurship Attitude in Life Skills Program. Empowerment : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Luar Sekolah, 9, 47–65.
Rusdiana. (2018a). KEWIRAUSAHAAN Teori dan Praktik (T. R. P. Setia (ed.); kedua). CV PUSTAKA SETIA.
Rusdiana, A. (2018b). Buku Kewirausahaan Teori Dan Praktek. CV Pustaka Setia.
Sanchaya Hendrawan, J., & Sirine, H. (2017). PENGARUH SIKAP MANDIRI, MOTIVASI, PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA (Studi Kasus pada Mahasiswa FEB UKSW Konsentrasi Kewirausahaan). AJIE-Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship, 02(03), 291–314.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D.
Suryana. (2013). Kewirausahaan Kiat dan Proses Menuju Sukses (empat). Salemba Empat.
Zuhriy, M. S. (2011). PADA PONDOK PESANTREN SALAF. Walisongo: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 19(2), 287–310.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Comm-Edu (Community Education Journal)

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Author should first register as Author and/or is offered as Reviewer through the following address:Â http://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/comm-edu/user/registerÂ
 Author should fulfil the form as detail as possible where the star marked form must be entered. After all form textbox was filled, Author clicks on “Register†button to proceed the registration. Therefore, Author is brought to online author submission interface where Author should click on “New Submissionâ€. In the Start a New Submission section, click on “’Click Here’: to go to step one of the five-step submission processâ€. The following are five steps in online submission process:
- Step 1 - Starting the Submission: Select the appropriate section of journal, i.e. Original Research Articles, Review Article, or Short Communication. Thus, author must check-mark on the submission checklists.
- Step 2 – Uploading the Submission: To upload a manuscript to this journal, click Browse on the Upload submission file item and choose the manuscript document file to be submitted, then click Upload button.
- Step 3 – Entering Submission’s Metadata: In this step, detail authors metadata should be entered including marked corresponding author. After that, manuscript title and abstract must be uploaded by copying the text and paste in the textbox including keywords.
- Step 4 – Uploading Supplementary Files: Supplementary file should be uploaded including Covering/Submission Letter, and Signed Copyright Transfer Agreement Form. Therefore, click on Browse button, choose the files, and then click on Upload button.
- Step 5 – Confirming the Submission:  Author should final check the uploaded manuscript documents in this step. To submit the manuscript to Empowerment, click Finish Submission button after the documents is true. The corresponding author or the principal contact will receive an acknowledgement by email and will be able to view the submission’s progress through the editorial process by logging in to the journal web address site.
After this submission, Authors who submit the manuscript will get a confirmation email about the submission. Therefore, Authors are able to track their submission status at any time by logging in to the online submission interface. The submission tracking includes status of manuscript review and editorial process.