PERAN FASILITATOR DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN KURSUS TATA BUSANA DI LEMBAGA KURSUS DAN PELATIHAN (LKP) JELITA MASA
DOI:
https://doi.org/10.22460/commedu.v6i3.18185Kata Kunci:
Facilitators, Fashion Design Courses, Courses & Training Institutions (LKP)Abstrak
Peran fasilitator dalam pembelajaran memiliki fungsi yang penting, terutama dalam mendorong dan memotivasi warga belajar/peserta pelatihan untuk memenuhi tujuan pembelajaran. Deskriptif kualitatif ialah jenis metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini. Dengan enam orang responden: satu administrator, satu fasilitator, dan empat peserta pelatihan/warga belajar. Wawancara dan observasi berfungsi sebagai alat pengumpulan data utama studi, dan teknik analisis data digunakan untuk mengumpulkan, menyajikan, dan menarik kesimpulan dari data. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa peran fasilitator sebagai pengawas pelatihan akan mengarahkan setiap kegiatan, khususnya penguasaan pola perubahan perilaku, baik pengetahuan maupun keterampilan, dan sikap, yang sangat menentukan metode (metodologi) dan hasil suatu pelatihan. pelajaran. Oleh karena itu, dapat disimpulkan dari penelitian ini bahwa peran fasilitator dalam kelas menjahit dan mendandani memberikan kesempatan kepada siswa untuk melayani masyarakat dengan berbagi pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Hal ini merupakan komponen yang memainkan peran strategis penting dalam membantu inisiatif untuk memerangi kemiskinan dan pengangguran.
Referensi
Husein, S. (2017). Pembelajaran Kursus Menjahit di Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Nissan Fortuna Kabupaten Kudus. Jurnal E-Plus, 2(1), 30-38.
Ida, N. (2017). Pengelolaan Pembelajaran Kursus Menjahit Pada Balai Latihan Kerja (BLK) Kecamatan Bacukiki Kota Besar Parepare. Jurnal Empowerment, 6(2), 11-19.
Lupiyodi. (2007:24-25). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba.
Monika, D. R. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Kursus Menjahit di Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Nanie Samarinda. Jurnal Unmul, 1(1), 24-28.
Nicko, M. S. (2018). Pusat Kursus dan Pelatihan Keterampilan Kerja Kota Pontianak. Jurnal Untan, 3(4), 1-12.
Ningrum, M. K. (2015). Evaluasi Program Kursus Menjahit dalam Upaya Pengembangan Perempuan di LKP Modes Aniq Sidoarjo. Jurnal Unesa, 4(1), 1-12.
Pelatihan, D. P. (2014). Standar Kompetensi Lulusan Kursus dan Pelatihan Tata Busana Jenjang Level 2 dan 3 Berbasis KKNI Ditjen PAUD. Jakarta: Non-Formal dan Informal Kemdikbud.
Sri Wahyuni, J. S. (2020). Pembelajaran Kursus Menjahit di Lembaga Kursus dan Pelatihan Gassebo Kabupaten Kendal. Jurnal Unsri, 23-44.
Suciati. (2012). Strategi Pembelajaran Pada Kursus Menjahit Tingkat Dasar di Lembaga Kursus dan Pelata Massa. Bandung: LKP Pelatihan Masa.
Sudjana, D. (2010). Pendidikan Non-Formal (Wawasam, Sejarah, Azas). Bandung: Falah Production.
Sugiyono. (2015). Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukmawati, T. (2018). Upaya LKP Lucky dalam Meningkatkan Keterampilan Melalui Progaram Kursus Menjahit. Jurnal COMM-EDU, 6(2), 105-114.
Wahyudin, C. (2018). Upaya Pengelola PKBM Untuk Meningkatkan Kemandirian Warga Belajar Kesetaraan Paket C Melalui Kewirausahaan. Jurnal COMM-EDU, 1(3), 101-109.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Comm-Edu (Community Education Journal)

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Author should first register as Author and/or is offered as Reviewer through the following address:Â http://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/comm-edu/user/registerÂ
 Author should fulfil the form as detail as possible where the star marked form must be entered. After all form textbox was filled, Author clicks on “Register†button to proceed the registration. Therefore, Author is brought to online author submission interface where Author should click on “New Submissionâ€. In the Start a New Submission section, click on “’Click Here’: to go to step one of the five-step submission processâ€. The following are five steps in online submission process:
- Step 1 - Starting the Submission: Select the appropriate section of journal, i.e. Original Research Articles, Review Article, or Short Communication. Thus, author must check-mark on the submission checklists.
- Step 2 – Uploading the Submission: To upload a manuscript to this journal, click Browse on the Upload submission file item and choose the manuscript document file to be submitted, then click Upload button.
- Step 3 – Entering Submission’s Metadata: In this step, detail authors metadata should be entered including marked corresponding author. After that, manuscript title and abstract must be uploaded by copying the text and paste in the textbox including keywords.
- Step 4 – Uploading Supplementary Files: Supplementary file should be uploaded including Covering/Submission Letter, and Signed Copyright Transfer Agreement Form. Therefore, click on Browse button, choose the files, and then click on Upload button.
- Step 5 – Confirming the Submission:  Author should final check the uploaded manuscript documents in this step. To submit the manuscript to Empowerment, click Finish Submission button after the documents is true. The corresponding author or the principal contact will receive an acknowledgement by email and will be able to view the submission’s progress through the editorial process by logging in to the journal web address site.
After this submission, Authors who submit the manuscript will get a confirmation email about the submission. Therefore, Authors are able to track their submission status at any time by logging in to the online submission interface. The submission tracking includes status of manuscript review and editorial process.