RUANG PUBLIK TERPADU RAMAH ANAK (RPTRA) DALAM MENINGKATKAN TUMBUH KEMBANG ANAK DI KELURAHAN BENDUNGAN HILIR (Studi Kasus RPTRA Taman Raning)
DOI:
https://doi.org/10.22460/commedu.v7i1.19251Keywords:
Peran, Tumbuh Kembang, RPTRAAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang mengetahui peran RPTRA sebagai lingkungan belajar dalam meningkatkan tumbuh kembang anak usia dini dan mengetahui tumbuh kembang anak di RPTRA Taman Raning. Penelitian ini menggunakanpendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, dilakukan di RPTRA Taman Raning Jakarta Pusat. Subjek penelitian terdiridari koordinator RPTRA, pengelola RPTRA, dan orang tua. Data penelitian diperoleh melalui teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitianmenunjukan bahwa peran RPTRA sebagai lingkungan belajardalam meningkatkan tumbuh kembang anak seperti fasilitas-fasilitas dalam RPTRA tidak hanya ramah anak, namun juga ramah penyandang disabilitas. Fasilitas yang ada di RPTRA ini terdiri dari fasilitas bermain, fasilitas olahraga, fasilitas bersantai, dan berbagai fasilitas penunjang. Anak-anak yang banyak menghabiskan waktu untuk bersosialisasi di luar rumah biasanya memiliki lebih sedikit masalah sosial, emosional dan perilaku daripada mereka yang memiliki lebih sedikit kesempatan untuk bersosialisasi, RPTRA didesain dan di program untuk melaksanakan ruang publik yang ramah bagi anak, untuk itulah kehadirannya mampu membawa fungsi sosialisasi bagi anak yang merupakan bagian dari stimulasi tumbuh dan kembang anak.References
AG. Subarsono. 2011. Analisis Kebijakan Publik (konsep. teori dan aplikasi).Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Budi Winarno. 2008. Kebijakan Publik, Pt. Buku Kita: Jakarta.
Abdul Wahab, Solichin, 2008, Analisis Kebijakan dari formula ke Implementasi Kebijaksanaan Negara, Jakarta : Pt. Bumi Aksara
Soetjiningsih. 2012. Perkembangan Anak dan Permasalahannya dalam Buku Ajar I Ilmu Perkembangan Anak Dan Remaja. Jakarta :Sagungseto .Pp 86-90.
Riyadi, sujono, 2009, Asuhan Keperawatan Pada Anak, Yogyakarta : Graha Ilmu
Soetjiningsih, 2009, Tumbuh Kembang Remaja Dan Permasalahannya, Jakarta : Buku Kedokteran EGC
Wong, 2009, Buku Ajar Keperawatan Pediatrik, Jakarta : Buku Kedokteran EGC
Dalyono, M. (2010). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rieneka Cipta.
B. Uno, Hamzah,2007. Pembelajaran Menciptakan proses belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif, Jakarta: Bumi Aksara
Basrowi & Suwandi. (2008). Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta
Moleong, L. J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Prasetya Irawan, 2006. Penelitian Kualitatif & Kuantitatif untuk Ilmu-Ilmu Sosial, Jakarta: Departemen Ilmu Administrasi FISIP-UI.
Aan Komariah dan Djam’an Satori, 2010, Metodologi Penelitian Kualitatif Bandung : Alfabeta
Sencaya, Rengga. 2016. Minim Lahan, Anak-Anak Bermain Di Jalan Dan Bantaran Sungai, July 20, 2016, detiknews edition. detiknews.com.
Suban, Alex. 2017. RPTRA, Ruang Publik Beragam Manfaat Bagi Anak-Anak Dan Kaum Perempuan, March 9, 2017.
Mahmur, Yusnita, and Sophianita Amany. 2018. Stimulasi Bermain Di Ruang Publik Terpadu Ramah
ANAK (RPTRA) HARAPAN MULYA, KEMAYORAN, JAKARTA PUSAT. ETHOS (Jurnal Penelitian Dan Pengabdian) 6 (July):171-79. https://doi.org/10.29313/ethos.v6i2.2413.
Hernowo, E., and A. M Navastara. 2017. Karakteristik Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Bahari Di Kecamtan Cilandak, Jakarta Selatan, JurnalTeknik ITS
Peraturan Gubernur Nomor 196 Tahun 2015 tentang Pengelolaan RPTRA
Nurwati, Nunung dan Zahra Putri Listari. Kondisi Status Sosial Ekonomi Keluarga Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Pendidikan Anak. Program Studi Kesejahteraan Sosial Fisip Unpad 11, No.1:74-80
Jannah, Miftahul Dan Khamim Zarkasih Putro. Pengaruh Faktor Genetik Pada Perkembangan Anak Usia Dini. Program Magister Piaud, Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga:58-61
Nurkholidah. Faktor – Faktor Yang Berhubungan Dengan Tumbuh Kembang Anak Usia 1 – 3 Tahun Di Desa Kayu Laut Kecamatan Panyabungan Selatan Kabupaten Mandailing Natal Tahun 2020. Jurnal Kesehatan Ilmiah Indonesia(2020):20-21
Prastiwi, Meiuta Hening. Pertumbuhan Dan Perkembangan Anak Usia 3-6 Tahun. Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada 02, No.2(2019):242-249
Sari, Sri Yulia, Indrawati, Dan Aris Dwi Nugroho. Eksistensi Keluarga Dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. Tumbuh Kembang : Kajian Teori Dan Pembelajaran Paud Jurnal Pg-Paud Fkip Universitas Sriwijaya 06, No.2 (2019):146-154
Nurhayati, Eti. Memahami Tumbuh Kembang Anak Usia Dini Perspektif Psikologi Perkembangan.
Direktorat Guru Dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Anak Usia Dini. 2020. Perkembangan Anak Usia Dini. Direktorat Jenderal Guru Dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, Jakarta. 75 Hal.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Comm-Edu (Community Education Journal)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Author should first register as Author and/or is offered as Reviewer through the following address:Â http://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/comm-edu/user/registerÂ
 Author should fulfil the form as detail as possible where the star marked form must be entered. After all form textbox was filled, Author clicks on “Register†button to proceed the registration. Therefore, Author is brought to online author submission interface where Author should click on “New Submissionâ€. In the Start a New Submission section, click on “’Click Here’: to go to step one of the five-step submission processâ€. The following are five steps in online submission process:
- Step 1 - Starting the Submission: Select the appropriate section of journal, i.e. Original Research Articles, Review Article, or Short Communication. Thus, author must check-mark on the submission checklists.
- Step 2 – Uploading the Submission: To upload a manuscript to this journal, click Browse on the Upload submission file item and choose the manuscript document file to be submitted, then click Upload button.
- Step 3 – Entering Submission’s Metadata: In this step, detail authors metadata should be entered including marked corresponding author. After that, manuscript title and abstract must be uploaded by copying the text and paste in the textbox including keywords.
- Step 4 – Uploading Supplementary Files: Supplementary file should be uploaded including Covering/Submission Letter, and Signed Copyright Transfer Agreement Form. Therefore, click on Browse button, choose the files, and then click on Upload button.
- Step 5 – Confirming the Submission:  Author should final check the uploaded manuscript documents in this step. To submit the manuscript to Empowerment, click Finish Submission button after the documents is true. The corresponding author or the principal contact will receive an acknowledgement by email and will be able to view the submission’s progress through the editorial process by logging in to the journal web address site.
After this submission, Authors who submit the manuscript will get a confirmation email about the submission. Therefore, Authors are able to track their submission status at any time by logging in to the online submission interface. The submission tracking includes status of manuscript review and editorial process.