PENGELOLAAN LEMBAGA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) DAHLIA DI KELURAHAN GROGOL JAKARTA BARAT

Penulis

  • Rafli Anshori Farhan Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Dayat Hidayat Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Nia Hoerniasih Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.22460/comm-edu.v8i2.19914

Kata Kunci:

pengelolaan, lembaga, PAUD

Abstrak

Pengelolaan pendidikan anak usia dini harus dirancang dengan baik dan diorganisir secara interaktif dan menginspirasi, akan membuat pembelajaran lebih menyenangkan, menantang, dan mendorong kreativitas anak. Namun pada kenyataanya terdapat beberapa masalah dalam pola pengelolaan pendidikan anak usia dini. Permasalahan pengelolaan dalam lembaga PAUD merupakan hal yang biasa ditemui, hal tersebut meliputi perencanaan hingga pengawasan di lembaga PAUD tersebut. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini  bertujuan mengetahui bagaimana perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan  dan pengawasan pada PAUD Dahlia di Kelurahan Grogol, Jakarta Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini dilakukan di Lembaga Paud. Subjek penelitian terdiri atas 2 responden. Yaitu 1 kepala sekolah dan 1 pendidik di PAUD Dahlia. Data penelitian diperoleh melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa PAUD Dahlia mampu memberikan pendidikan yang berkualitas dan perbaikan berkelanjutan demi masa depan yang cerah bagi generasi muda dilihat dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan di lembaga tersebut.

Diterbitkan

2025-05-25

Terbitan

Bagian

Articles