EDUCATION MARKETPLACE PENDIDIKAN MASYARAKAT

Penulis

  • Achmad Hufad Universitas Pendidikan Indonesia
  • Purnomo Purnomo Universitas Pendidikan Indonesia
  • Eko Sulistiono Universitas Pendidikan Indonesia
  • Muhammad Faisal Najmudin Universitas Pendidikan Indonesia https://orcid.org/0000-0002-8530-1341

DOI:

https://doi.org/10.22460/commedu.v7i1.21468

Kata Kunci:

pasar pendidikan, kebutuhan belajar, pendidikan masyarakat

Abstrak

Education Marketplace adalah platform online yang menghubungkan pembelajar dengan penyedia pendidikan, memungkinkan pengguna untuk membangun profil, mengunggah sertifikat, dan berinteraksi dengan para ahli. Tujuan utamanya adalah memfasilitasi konsultasi dengan para ahli dalam berbagai bidang, memungkinkan para ahli berdiskusi untuk pertukaran pengetahuan. Penggunaan Education Marketplace dapat membantu peserta didik memenuhi kebutuhan belajar mereka, mengakses berbagai platform pendidikan, dan memastikan produktivitas pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menggambarkan kondisi kebutuhan belajar di PKBM Kota Bandung, 2) menjelaskan penerapan model Education Marketplace dalam memenuhi kebutuhan belajar, 3) menguji efektivitas model ini dalam memenuhi kebutuhan belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, termasuk pengumpulan data melalui observasi partisipatif, wawancara, dan studi dokumentasi. Penelitian dilakukan di 43 PKBM di Kota Bandung dengan peserta dewasa yang terlibat dalam pembelajaran digital. Partisipan dipilih berdasarkan pemahaman mereka tentang program PKBM dan keterlibatan mereka dalam program tersebut. Hasil penelitian ini akan memberikan wawasan tentang potensi penerapan Education Marketplace dalam memenuhi kebutuhan belajar peserta didik di lingkungan PKBM, menggambarkan kendala yang mungkin muncul, dan mengevaluasi efektivitasnya dalam mencapai tujuan pembelajaran.

Biografi Penulis

Achmad Hufad, Universitas Pendidikan Indonesia

Program Studi Pendidikan Masyarakat, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Pendidikan Indonesia

Purnomo Purnomo, Universitas Pendidikan Indonesia

Program Studi Pendidikan Masyarakat, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Pendidikan Indonesia

Eko Sulistiono, Universitas Pendidikan Indonesia

Program Studi Pendidikan Masyarakat, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Pendidikan Indonesia

Muhammad Faisal Najmudin, Universitas Pendidikan Indonesia

Program Studi Pendidikan Masyarakat, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Pendidikan Indonesia

Diterbitkan

2024-02-20

Terbitan

Bagian

Articles