UPAYA MENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PEMERINTAH DESA MELALUI PELATIHAN APLIKASI SIDILAN

Penulis

  • Asep Firmasyah IKIP SILIWANGI
  • Nunu Mahmud Firdaus
  • Dewi Safitri Elshap

DOI:

https://doi.org/10.22460/comm-edu.v8i2.22187

Kata Kunci:

Pelayanan, Pelatihan, Aplikasi SIDILAN

Abstrak

Aplikasi SIDILAN merupakan aplikasi yang khusus ditujukan untuk pelayanan kependudukan yang memiliki fungsi ganda seperti pembuatan kartu keluarga, akta kelahiran, akta kematian, dan lain-lain. Ketertinggalan dalam literasi digital akan mengakibatkan masyarakat tidak mampu beradaptasi terhadap tantangan dunia kerja dan pendidikan saat ini. Dalam konteks inilah literasi digital sangat diperlukan dalam masyarakat Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan upaya peningkatan pelayanan pemerintah desa melalui pelatihan aplikasi SIDILAN. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori pelatihan dan metode penelitian deskriptif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan pencatatan. Temuannya menggambarkan upaya peningkatan pelayanan pemerintah desa melalui pelatihan penerapan SIDILAN. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pelatihan penerapan SIDILAN untuk meningkatkan pelayanan administrasi desa di desa Margaluyu khususnya di area pelayanan.

Diterbitkan

2025-05-25

Terbitan

Bagian

Articles