MENINGKAT LIFE-SKILL WARGA BELAJAR MELALUI PELATIHAN KOMPUTER DI PKBM AT-TAJDID KOTA CIMAHI
DOI:
https://doi.org/10.22460/comm-edu.v2i1.2452Kata Kunci:
Kata kunci, pelatihan, komputer, dan pelatihan komputerAbstrak
Tujuan penelitian ini mengetahui upaya, hasil, faktor pendukung dan penghambat peningkatan life-skills warga belajar melalui pelatihan komputer. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan data diperoleh dari hasil wawancara, observasi, dokumentasi, tes tertulis dan tes praktik. Sumber data penelitian diperoleh dari tutor, warga belajar, dan pengelola. Data dianalisis menggunakan triangulasi sumber, metode, dan teori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya tutor dalam meningkatkan keterampilan komputer warga belajar paket B dan paket C berjalan dengan baik dan berhasil. Peserta pelatihan mendapatkan hasil dengan memiliki kemampuan kognitif, afektif serta skills yang membantu peserta pelatihan mudah mendapatkan pekerjaan dan memiliki usaha. Faktor pendukung adalah tingginya tingkat kemauan warga belajar, sarana dan prasarana yang memadai, media dan metode pembelajaran yang cukup baik, serta bantuan dana dari APBD yang cukup membantu. Faktor penghambatnya adalah kurangnya perekrutan peserta, komputer yang rusak dan jumlahnya sedikit dibandingkan dengan jumlah peserta pelatihan, terbatasnya bantuan dana alokasi APBD, dan kurangnya jumlah tutor.Referensi
Anwar, A. (2006). Pendidikan Kecakapan Hidup. Bandung: Alfabeta.
Artasasmita, R. (1985). Pedoman Kursus dan Latihan. Bandung: Jurusan PLS FIP IKIP.
Depdiknas. (2002). Pendekatan Kontekstual (Teaching and Learning). Jakarta: Direktorat Jendral Dasar dan Menengah, Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama, Departemen Pendidikan Nasional.
Hamalik, H. (2003). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Herlinda, S., Hidayat, S., & Djumena, I. (2017). Manajemen Pelatihan Hantaran dalam Meningkatan Kecakapan Hidup Warga Belajar di Lembaga Kursus dan Pelatihan. Journal of Non-Formal Education and Community Empowerment, 1-9.
Hidayat, D. (2007). Pengelolaan Pembelajaran Berbasis Kewirausahaan Masyarakat Program Kejar Paket C. 3(1), 1-10.
Laksana, Y., Sholih, S., & Naim, M. (2017). Pelatihan Tata Rias Pengantin bagi Wanita Tuna Susila dalam Meningkatkan Kemandirian Usaha. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment (2), 1(1), 43-54.
Sudjana, D. (2003). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sudjana, D. (2004). Pendidikan Nonformal: Wawasan, Sejarah Perkembangan, Filsafat, Teori Pendukung, Asas. Bandung: Falah Production.
Undang-Undang No. 20. (2003). Sistem Pendidikan Nasional. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Author should first register as Author and/or is offered as Reviewer through the following address:Â http://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/comm-edu/user/registerÂ
 Author should fulfil the form as detail as possible where the star marked form must be entered. After all form textbox was filled, Author clicks on “Register†button to proceed the registration. Therefore, Author is brought to online author submission interface where Author should click on “New Submissionâ€. In the Start a New Submission section, click on “’Click Here’: to go to step one of the five-step submission processâ€. The following are five steps in online submission process:
- Step 1 - Starting the Submission: Select the appropriate section of journal, i.e. Original Research Articles, Review Article, or Short Communication. Thus, author must check-mark on the submission checklists.
- Step 2 – Uploading the Submission: To upload a manuscript to this journal, click Browse on the Upload submission file item and choose the manuscript document file to be submitted, then click Upload button.
- Step 3 – Entering Submission’s Metadata: In this step, detail authors metadata should be entered including marked corresponding author. After that, manuscript title and abstract must be uploaded by copying the text and paste in the textbox including keywords.
- Step 4 – Uploading Supplementary Files: Supplementary file should be uploaded including Covering/Submission Letter, and Signed Copyright Transfer Agreement Form. Therefore, click on Browse button, choose the files, and then click on Upload button.
- Step 5 – Confirming the Submission:  Author should final check the uploaded manuscript documents in this step. To submit the manuscript to Empowerment, click Finish Submission button after the documents is true. The corresponding author or the principal contact will receive an acknowledgement by email and will be able to view the submission’s progress through the editorial process by logging in to the journal web address site.
After this submission, Authors who submit the manuscript will get a confirmation email about the submission. Therefore, Authors are able to track their submission status at any time by logging in to the online submission interface. The submission tracking includes status of manuscript review and editorial process.