PENERAPAN PEMBELAJARAN KREATIF UNTUK MENUMBUHKAN MINAT BACA PADA ANAK DI TAMAN BACA MASYARAKAT (TBM) KOLONG CIPUTAT TANGERANG SELATAN

Penulis

  • Angelica Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Nia Hoerniasih Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Abdul Muis Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.22460/comm-edu.v8i2.24550

Kata Kunci:

Creative learning, reading interest, children, Taman Baca Masyarakat, TBM Kolong

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran kreatif dalam menumbuhkan minat baca pada anak di Taman Baca Masyarakat (TBM) Kolong, serta hasil penerapan tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat baca anak-anak di TBM Kolong meningkat secara signifikan setelah diterapkannya metode pembelajaran kreatif. Hal ini terlihat dari peningkatan kesungguhan, ketekunan, dan kesadaran membaca. Anak-anak menunjukkan kesenangan dalam membaca, frekuensi membaca yang lebih tinggi, serta kesadaran akan manfaat membaca yang semakin meningkat. Mereka lebih memilih membaca buku daripada bermain gadget dan menunjukkan perubahan positif dalam perilaku dan pengetahuan mereka. Pembelajaran kreatif juga berdampak pada peningkatan kreativitas, kemampuan bersosialisasi, dan ketaatan kepada orangtua. Secara keseluruhan, penerapan pembelajaran kreatif di TBM Kolong berhasil menumbuhkan minat baca dan memberikan dampak positif pada perkembangan pengetahuan, perilaku, dan keterampilan anak-anak.

Diterbitkan

2025-05-25

Terbitan

Bagian

Articles