PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN PENEGAK MELALUI KEPRAMUKAAN

Penulis

  • Cucu Nursyamsi Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Safuri Musa Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Nia Hoerniasih Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.22460/comm-edu.v8i2.24690

Kata Kunci:

Character, Discipline, Penegak

Abstrak

Pendidikan karakter disiplin penegak melalui kepramukaan bagi masa kini sangatlah bermanfaat bagi pembantu guru guna mendidik para peserta didik. Seiring perkembangan zaman semakin merosotnya moral pada peserta didik, terutama pada karakter disiplin banyak sekali peserta didik menyepelekan hal ini dalam hal-hal sekecil apapun. Metode yang dipilih adalah metode deskriptif kualitatif, metode deskriptif kualitatif adalah salah satu metode penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikan suatu fenomena atau keadaan secara terperinci dan mendalam, dengan menggunakan data-data yang bersifat deskriptif dan kualitatif. Pendidikan karakter dalam dunia sekolah identik dengan pendidikan kepramukaan. Apalagi pramuka diperkuat dengan Undang-undang Nomor 12 tahun 2010 tentang gerakan pramuka. Tidak hanya itu, pemerintah juga mengambil langkah dengan mendukung pendidikan kepramukaan melalui Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 63 tahun 2014 tentang Pendidikan Kepramukaan sebagai ekstrakulikuler wajib. Permendikbud tersebut saat ini wajib diterapkan di sekolah dasar dan menengah (Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 63 Tahun, 2014). Hasil dari penelitian yang dilakukan dalam pendidikan karakter disiplin penegak melalui kepramukaan menemukan beberapa hal yang menunjang keberhasilan pendidikan karakter disiplin penegak melalui kepramukaan diantaranya yaitu proses pendidikan karakter disiplin penegak melalui kepramukaan dan faktor pendukung penghambat pendidikan karakter disiplin penegak melalui kepramukaan. Dilihat dari dua hal penunjang tersebut ditemukan dari segi minat peserta didik yang sangat antusias serta sarana prasarana yang menunjang untuk keberhasilan pendidikan karakter disiplin penegak melalui kepramukaan. Akan tetapi memiliki saran yaitu dari segi sarana prasarana harap disesuaikan dengan jumlah peserta didik yang mengikuti pendidikan karakter disiplin penegak melalui kepramukaan.

Diterbitkan

2025-05-25

Terbitan

Bagian

Articles