PERAN ORGANISASI FORUM KOMUNIKASI KELUARGA ANAK DENGAN KEDISABILITASAN (FK-KADK) DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PARENTING KELUARGA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS
DOI:
https://doi.org/10.22460/comm-edu.v2i1.2480Kata Kunci:
Kata Kunci, Disabilitas, Forum Komunikasi Keluarga Anak Dengan Kedisabilitasan (FK-KADK) ParentingAbstrak
Disabilitas atau anak berkebutuhan khusus suatu kata yang disematkan pada orang orang yang memiliki keterbatasan khususnya dalam hal fisik atau prilaku. Anak yang memiliki keterbatasan butuh penangagan khusus tentunya dari orang tua sendiri tapi masih banyak orang tua awam untuk mengurus anak disabilitas. Bahkan mereka sangat rentan terhadap penelantaran dan kekerasan seperti stigma negatif, ‘disembunyikan’. Tidak di asuh dengan layak dan berbagai bentuk penelantaran lainya.  sedangkan anak terus berkembang dan tidak akan terus menjadi seperti itu. Begitupun dengan penelitian ini bertujuan (1) Untuk Mengetahui Proses Peran Organisasi  Forum Komunikasi Keluarga Anak Dengan Kedisabilitasan (FK-KADK) Dalam meningkatkan kualitas parenting keluarga anak berkebutuhan khusus  (2) Untuk mengetahui Hasil Peran Organisasi Forum Komunikasi Keluarga Anak Dengan Kedisabilitasan (FK-KADK) Dalam meningkatkan kualitas parenting keluarga anak pendekatan kualitatif  dan metode ini yang dimana pengumpulan datanya dilakukan dengan cara observasi, wawancara, triangulasi. Penelitian ini di lakukan di Desa Mekarjaya Kec.Cihampelas Kabupaten Bandung Barat dengan responden penelitian sebanyak 30 Orang, dengan pengelola berjumlah 5 orang, dan orang tua 30 orang dengan sempel yang di ambil sejumah 10 orang. dan  Hasil dari penelitian yaitu (1) Forum Komunikasi Keluarga Anak Dengan Kedisabilitasan telah mampu mensosialisasikan kepada orang tua anak berkebutuhan khusus pengasuhan yang baik bagi anak dengan disabilitas di keluarga (2) penerimaan orang tua terhadap anak berkebutuhan khusus dan menerapkan pola asuh yang baik bagi anak dengan disabilitas di keluargaberkebutuhan Metode penelitian menggunakan metode deskriptif dengan.
Referensi
Brooks, j. 2011 : 46. the process of parenting. yogyakarta: pusat belajar .
n.d. Fkkadk Cimahi. Accessed januari 22, 2019. https://fkkadkcimahi.wordpress.com/forum/.
Hoghughi, M S & Long, N. 2004 : 35. Handbook of Parenting: Theory and Research for Practice. India: SAGE Publications.
Husodo, Hendro Susilo . 29 Januari, 2016 - 20:56. 90 Persen Disabilitas di KBB dari Keluarga tak Mampu. Koran, Bandung Raya: Pikiran Rakyat.
Kurniati, Rika. 2018. "MENINGKATKAN DISIPLIN ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN PARENTING DI." comm edu 2622-5492.
Maxwell, John C. 1995. Mengembangan kepemimpinan di dalam diri anda (terjemahan). Jakarta: Binarup Aksara.
Rakyat, Pikiran. 2018. Pikiran Rakyat. Maret 13. Accessed januari 22, 2019. https://www.pikiran-rakyat.com/bandung-raya/2018/03/13/jelang-pilkada-pemilih-difabel-di-bandung-barat-mulai-didata-421187.
Ross, Kubler. 2003. Kematian Sebagai Kehidupan: On Death and Dying. jakarta: Gramedia utama.
Stoneman, Z. & Gavidia-Payne, S. 2006. "Marital adjustment in families of young children with disabilities: Associations with daily hassles and problemfocused coping." American Journal on Mental Retardation 111, pp, 1–14.
Sudjana. 2010 : 24. Metode Dan Teknik Pembelajaran Partisipatif. Bandung: Falah.
Sugiyono. 2014 : 241. METODE PENELITIAN KUANTITATIF KUALITATIF DAN R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumekar, Ganda. 2009. Anak Berkebutuhan Khusus Cara Membantu Mereka Agar. Padang : UNP Press.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Author should first register as Author and/or is offered as Reviewer through the following address:Â http://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/comm-edu/user/registerÂ
 Author should fulfil the form as detail as possible where the star marked form must be entered. After all form textbox was filled, Author clicks on “Register†button to proceed the registration. Therefore, Author is brought to online author submission interface where Author should click on “New Submissionâ€. In the Start a New Submission section, click on “’Click Here’: to go to step one of the five-step submission processâ€. The following are five steps in online submission process:
- Step 1 - Starting the Submission: Select the appropriate section of journal, i.e. Original Research Articles, Review Article, or Short Communication. Thus, author must check-mark on the submission checklists.
- Step 2 – Uploading the Submission: To upload a manuscript to this journal, click Browse on the Upload submission file item and choose the manuscript document file to be submitted, then click Upload button.
- Step 3 – Entering Submission’s Metadata: In this step, detail authors metadata should be entered including marked corresponding author. After that, manuscript title and abstract must be uploaded by copying the text and paste in the textbox including keywords.
- Step 4 – Uploading Supplementary Files: Supplementary file should be uploaded including Covering/Submission Letter, and Signed Copyright Transfer Agreement Form. Therefore, click on Browse button, choose the files, and then click on Upload button.
- Step 5 – Confirming the Submission:  Author should final check the uploaded manuscript documents in this step. To submit the manuscript to Empowerment, click Finish Submission button after the documents is true. The corresponding author or the principal contact will receive an acknowledgement by email and will be able to view the submission’s progress through the editorial process by logging in to the journal web address site.
After this submission, Authors who submit the manuscript will get a confirmation email about the submission. Therefore, Authors are able to track their submission status at any time by logging in to the online submission interface. The submission tracking includes status of manuscript review and editorial process.