DAMPAK PELATIHAN AKSESORIS TERHADAP PEMBERDAYAAN PEREMPUAN UNTUK MENINGKATKAN KESEJATERAAN KELUARGA ( Studi di Desa Langan Sari, Kabupaten Cianjur )
DOI:
https://doi.org/10.22460/comm-edu.v2i1.2484Abstrak
ABSTRAK
Pemerintah telah berupaya untuk menanggulangi masalah kemiskinan, terutaman di pedesaan masyarakat miskin lebih besar dari pada di perkotaan. Pemerintah menyediakan lahan untuk dijadikan tempat pengembangan industri namun tidak semua masyarkat dapat berkesempatan untuk bekerja di beberapa industri dikarenakan keterbatasan pendidikan dan keahlian terutama oleh kaum buruh. Salah satu untuk mensejahterakan keluarga adalah dengan adanya pemberdayaan perempuan melalui pelatihan aksesoris. Penelitian ini dilaksanakan untuk berusaha menjawab permasalahan yang berkenaan dengan banyaknya pembangunan industri, sehingga menyebabkan lahan pertanian menjadi berkurang dan mata pencaharian mereka menjadi terbatas, dengan adanya pemberdayaan perempuan melalui pelatihan pembuatan aksesoris diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan keluarga.Â
Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui proses pelatihan pembuatan kerajinan aksesoris terhadap pemberdayaan perempuan, Untuk mengetahui dampak pelatihan kerajinan aksesoris terhadap pemberdayaan perempuan dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga, serta Untuk mengetahui faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat dalam memberdayakan perempuan melalui pelatihan aksesoris.
Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah Pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Lokasi penelitian dilaksanakan di Desa Langan Sari Kecamatan Karang Tengah Kabupaten Cianjur, sedangkan yang menjadi responden dalam penelitian ini yaitu pengelola, tutor, dan lima orang peserta dari perwakilan perta pelatihan pembuatan akesoris.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan adanya pelatihan aksesoris dapat deterima baik oleh masyarakat, bahkan masyarakat menjadi antusias akan kegiatan pelatihan tersebut, dikarenakan kegiatan pelatihannya bisa dilakukan di waktu yang kosong dan tidak menganggu kegiatan sehari-hari masyarakatnya, tidak terlalu terikat aturan yang tetap, serta tidak merasa jenuh saat dilakukan kegiatan ini, sehingga meningkatkan kualitas hidup dan dapat meningkatkan kesejahteraan keluarga.
Kata Kunci : Pelatihan, Pemberdayaan, pemberdayaan perempuan, Kesejahteraan Keluarga
Referensi
DAFTAR PUSTAKA
Astuti, A. W. W. (2013). Peran Ibu Rumah Tangga dalam Meningkatkan Kesejahteraan Keluarga (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).
Aswari, S. A. (2017). PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI KEGIATAN KERAJINAN TANGAN ECENG GONDOK ‘IYAN HANDICRAFT’(STUDI DI DUSUN KENTENG, GADINGSARI, SANDEN, BANTUL, YOGYAKARTA). Jurnal Elektronik Mahasiswa Pend. Luar Sekolah-S1, 6(7), 728-742.
Darmadi H, (2014). Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial Teori Konsep dan Implementasi, Bandung, ALFABETA.
Kalita, Setia Marita BR (2017). Pemberdayaan Perempuan melalui Pelatihan Keterampilan Kerajinan tangan merajut di PKBM Bina Mandiri Cipageran, Bandung, STKIP Siliwangi Bandung, Skripsi.
Sudjana, D (2010). Pendidikan Nonformal, Bandung, Alvabeta.
Sugiono, (2014).Memahami Penelitian Kualitattif, Bandung, Alvabeta.
M Pd, Elfrianto. "Manajemen Pelatihan Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Mutu Lulusan." EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial 2.2 (2016).
Soleh C, (2014). Dialektika Pembangunan Dengan Pemberdayaan, Bandung, Fokusmedia.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Author should first register as Author and/or is offered as Reviewer through the following address:Â http://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/comm-edu/user/registerÂ
 Author should fulfil the form as detail as possible where the star marked form must be entered. After all form textbox was filled, Author clicks on “Register†button to proceed the registration. Therefore, Author is brought to online author submission interface where Author should click on “New Submissionâ€. In the Start a New Submission section, click on “’Click Here’: to go to step one of the five-step submission processâ€. The following are five steps in online submission process:
- Step 1 - Starting the Submission: Select the appropriate section of journal, i.e. Original Research Articles, Review Article, or Short Communication. Thus, author must check-mark on the submission checklists.
- Step 2 – Uploading the Submission: To upload a manuscript to this journal, click Browse on the Upload submission file item and choose the manuscript document file to be submitted, then click Upload button.
- Step 3 – Entering Submission’s Metadata: In this step, detail authors metadata should be entered including marked corresponding author. After that, manuscript title and abstract must be uploaded by copying the text and paste in the textbox including keywords.
- Step 4 – Uploading Supplementary Files: Supplementary file should be uploaded including Covering/Submission Letter, and Signed Copyright Transfer Agreement Form. Therefore, click on Browse button, choose the files, and then click on Upload button.
- Step 5 – Confirming the Submission:  Author should final check the uploaded manuscript documents in this step. To submit the manuscript to Empowerment, click Finish Submission button after the documents is true. The corresponding author or the principal contact will receive an acknowledgement by email and will be able to view the submission’s progress through the editorial process by logging in to the journal web address site.
After this submission, Authors who submit the manuscript will get a confirmation email about the submission. Therefore, Authors are able to track their submission status at any time by logging in to the online submission interface. The submission tracking includes status of manuscript review and editorial process.