MANAJEMEN SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN

Penulis

  • Dean Saputra Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Dayat Hidayat Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Safuri Musa Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.22460/comm-edu.v8i2.24993

Kata Kunci:

Kata Kunci : manajemen sekolah, kualitas pendidikan

Abstrak


singkat Manajemen sekolah dapat diartikan segala sesuatu yang berkenaan dengan pengelolaan
proses pendidikan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan, baik tujuan jangka pendek, menengah,
maupun tujuan jangka panjang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen sekolah
dalam meningkatkan kualitas pendidikan, dengan meliputi: (1) Perencanaan program sekolah; (2)
Pelaksanaan program sekolah dan (3) Hambatan yang dihadapinya. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, teknik pengumpulan data dilakukan melalui pedoman
wawancara, pedoman observasi, dan studi dokumentasi. Subjek penelitian adalah kepala sekolah,
pengawas dan guru pada Tk Jannah Quran serang. Hasil penelitiannya ditemukan: (1) Perencanaan
program sekolah mencakup: program pengajaran, meliputi: kebutuhan tenaga guru pembagian tugas
mengajar, pengadaan buku-buku pelajaran, alat-alat pelajaran dan alat peraga, pengadaan atau
pengembangan laboratorium sekolah, pengadaan atau pengembangan perpustakaan sekolah, sistem
penilaian hasil belajar, dan kegiatan kurikuler; (2) Pelaksanaan program sekolah yaitu strategi yang
diterapkan untuk tercapainya peningkatan mutu pendidikan, meliputi: sosialisasi program, analisis
SWOT, pemecahan masalah, peningkatan kualitas, dan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan program
sekolah; dan (3) Hambatan dalam perencanaan program sekolah, antara lain kurangnya partisipasi
masyarakat dan kesulitan ekonominya sehingga dukungan mereka terhadap manajemen sekolah ikut
rendah

Diterbitkan

2025-05-25

Terbitan

Bagian

Articles