PEMANFAATAN TAMAN BACAAN MASYARAKAT (TBM) DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA REMAJA (Studi Kasus di TBM Gunung Ilmu)
DOI:
https://doi.org/10.22460/comm-edu.v2i3.2828Kata Kunci:
Remaja, Minat Baca, Taman Bacaan MasyarakatAbstrak
Saat ini kurangnya kegemaran membaca di kalangan remaja terjadi karena remaja telah diberikan informasi secara instan yang biasa diperoleh dari siaran TV dan media elektronik lainnya. Di samping itu, para remaja saat ini menganggap membaca merupakan hal yang membosankan. Padahal dengan membaca kita bisa memperluas kemampuan pengetahuan kita, yang membuat kita untuk lebih tanggap terhadap lingkungan sekitar kita. Membaca menurut Hodgson dalam Tarigan (2015 : 7), adalah suatu proses yang dilakukan serta dipergunakan oleh pembaca untuk memperoleh pesan, yang hendak disampaikan oleh penulis melalui media kata-kata / bahasa tulis. Sedangkan dari segi linguistik, membaca adalah suatu proses penyandian kembali dan pembacaan sandi, berlainan dengan berbicara dan menulis yang justru melibatkan penyandian. Tujuan dari dilakukannya penelitian ini, yaitu : (1) Untuk mengetahui sampai mana pengetahuan remaja tentang keberadaan TBM. (2) Untuk mendeskripsikan minat dan pemanfaatan TBM oleh remaja sebagai pusat media pembelajaran. (3) Untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi oleh para remaja hingga saat ini.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif,  untuk instrumen yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan studi kepustakaan. Sasaran atau sumber data yang dipakai dalam penelitian ini adalah Pengelola berjumlah 1 orang, Pemilik TBM Gunung Ilmu berjumlah 1 orang, serta pengunjung remaja dari TBM Gunung Ilmu berjumlah 3 orang. Jadi, total nya 5 orang sampel yang dipakai dalam penelitian ini. Awal di didirikan, remaja masih belum ingin datang ke TBM. Namun, sekarang remaja yang datang sudah meningkat, karena pengelola mengadakan beberapa kegiatan selain melakukan kegiatan membaca dan sharing ilmu, seperti kegiatan penyuluhan , dan sebagainya. Masih kurangnya minat remaja untuk membaca buku, apalagi untuk datang ke perpustakaan atau TBM sekitar rumahnya, mereka lebih mementingkan bermain online games, sosmed di gadget mereka, nongkrong di kafe bersama teman sebaya yang tidak memiliki tujuan kegiatan yang jelas. Kendala yang sering dihadapi oleh remaja salah satunya yaitu masih optimal nya promosi yang dilakukan pengelola dalam mengajak mereka agar mau datang dan mengikuti kegiatan yang ada di TBM.
Referensi
Arsyad, I. G. (2016). Minat Baca Pengunjung Taman Baca Masyarakat (Studi Pada Kafe Baca BP PAUD & Dikmas Sulawesi Selatan). Skripsi. Makassar : Universitas Negeri Makassar.
Budimanali. (2019). UNESCO : minat baca Indonesia Cuma 0,001 persen, ini sebabnya. [online]. https://www.kaskus.co.id/thread/586b09af54c07a306e8b4567/unesco--minat-baca-indonesia-cuma-0001-persen-ini-sebabnya/. (diakses 13 April 2019).
Darmadi, H. 2014. Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial (Teori Konsep Dasar dan Implementasi). Bandung: CV Alfabeta.
Hurlock, Elizabeth B. Alih bahasa Istiwidayanti dan Sudjarwo. (1999). Psikologi Perkembangan Edisi Kelima. Jakarta : Erlangga.
Jufri, W. (2017). Belajar dan Pembelajaran Sains : Metode Dasar Menjadi Guru Profesional. Bandung : Pustaka Reka Cipta.
Kebudayaan, K. P. (2018). Panduan Gerakan Literasi Nasional. [Online]. http://gln.kemdikbud.go.id/glnsite/wp-content/uploads/2017/08/panduan-gln.pdf. (diakses pada 27 Desember 2018).
Nurhadi. Teknik Membaca. (2016). Jakarta : Bumi Aksara.
Rahayu, R dan Widiastuti, N. (2018). Upaya Pengelolaan Taman Bacaan Masyarakat dalam memperkuat minat membaca (studi kasus TBM Silayung Desa Ciburuy Kecamatan Padalarang). Journal of Comm-edu. Vol 1(2) Mei 2018, 57-65.
Setiaji, M. (2016). UPAYA TAMAN BACAAN MASYARAKAT PANGERAN DIPONEGORO DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA DI DUSUN SEMBEGO, MAGUWOHARJO, SLEMAN YOGYAKARTA. Jurnal Elektronik Mahasiswa Pend. Luar Sekolah-S1, 5(2).
Sugiyono. (2015). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : CV Alfabeta.
Syah, M. (2013). Psikologi Belajar. Depok : Rajawali Pers.
Tarigan, H. G. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. (2015). Bandung : CV Angkasa.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Author should first register as Author and/or is offered as Reviewer through the following address:Â http://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/comm-edu/user/registerÂ
 Author should fulfil the form as detail as possible where the star marked form must be entered. After all form textbox was filled, Author clicks on “Register†button to proceed the registration. Therefore, Author is brought to online author submission interface where Author should click on “New Submissionâ€. In the Start a New Submission section, click on “’Click Here’: to go to step one of the five-step submission processâ€. The following are five steps in online submission process:
- Step 1 - Starting the Submission: Select the appropriate section of journal, i.e. Original Research Articles, Review Article, or Short Communication. Thus, author must check-mark on the submission checklists.
- Step 2 – Uploading the Submission: To upload a manuscript to this journal, click Browse on the Upload submission file item and choose the manuscript document file to be submitted, then click Upload button.
- Step 3 – Entering Submission’s Metadata: In this step, detail authors metadata should be entered including marked corresponding author. After that, manuscript title and abstract must be uploaded by copying the text and paste in the textbox including keywords.
- Step 4 – Uploading Supplementary Files: Supplementary file should be uploaded including Covering/Submission Letter, and Signed Copyright Transfer Agreement Form. Therefore, click on Browse button, choose the files, and then click on Upload button.
- Step 5 – Confirming the Submission:  Author should final check the uploaded manuscript documents in this step. To submit the manuscript to Empowerment, click Finish Submission button after the documents is true. The corresponding author or the principal contact will receive an acknowledgement by email and will be able to view the submission’s progress through the editorial process by logging in to the journal web address site.
After this submission, Authors who submit the manuscript will get a confirmation email about the submission. Therefore, Authors are able to track their submission status at any time by logging in to the online submission interface. The submission tracking includes status of manuscript review and editorial process.