PELATIHAN KETERAMPILAN KERAMIK SEBAGAI BEKAL HIDUP TUNA WICARA BERBASIS KEMANDIRIAN
DOI:
https://doi.org/10.22460/comm-edu.v3i3.3337Kata Kunci:
Pelatihan, life skill, berkomunikasiAbstrak
Keterbatasan dalam berbica membuat para tuna wicara sulit untuk berkomunikasi dengan orang sekitar dalam kehidupan sehari-hari maka dari itu kemampuan untuk mengembangkan keterampilannya sangat terbatas. Yayasan kubca samakta memiliki program pembuatan keramik untuk mengembangkan kemampuan kecakapan hidup (like skill) para tuna wicara.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan tuna wicara dalam pengembangan kecakapan hidup (life skill) yang mereka miliki dan menjadikan tuna wicara mandiri. Hal ini dapat mendorong para tuna wicara untuk mengembangkan kecakapan hidup (life skill) agar lebih terampil dan terarah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriftif. Subjek penelitian 7 orang 1 ketua yayasan kubca samakta 1 pengolala keterampilan keramik. Hasil penelitian menujukan bahwa di yayasan ini sudah ada 5 orang yang mengikuti program pembuatan keramik meraka semua orang-orang yang memiliki keterbatasan, tetapi semangat untuk belajar mereka tinggi. Hasil dari pembuatan keramik ini membuat mereka menjadi terampil, dapat mengembangkan life skiil melalui ide-ide yang mereka punya. Sikap mereka sangat antusias dengan diadakannya program pembuatan keramik ini mereka jadi lebih terampil dalam mengembangkan bakat mereka. Faktor penghambatnya mereka kesulitan berkomunikasi dengan baik karena keterbatasan yang mereka miliki. Secara keseluruhan program ini sangat baik untuk pengembangan life skill tuna wicara karena mereka bisa menghasilkan karya yang menarik, dan karya mereka pun dapat di nikmati oleh para pecinta keramik. Hanya saja kesulitan berkomunikasi membuat hambatan bagi mereka karena hanya orang-orang tertentu saja yang memahami bahasa isyarat yang mereka miliki.Referensi
Andry, Soepiyah (2014). Strategi kursus dan pelatihan menjahit berbasis life skills: Skipsi PLS IKIP
Bahtiar, E. T. (2015). Penulisan Bahan Ajar. 3(October), 02. https://doi.org/10.1038/jhh.2014.101
Dunnette. (1976). Ketrampilan Mengaktifkan Siswa, Kencana Prenada Media Group : Jakarta
Edwin B. Flippo, Manajemen Personalia, terjemahan Moh. Mas'ud, Jilid. 1, (Jakarta: Erlangga, 1994), h. 5.
Imron, M. (2002). konsep pelatihan : Skripsi UPI
Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Purwanto, Heri (2007). Ortopedagogik Umum
Samsuni, samsuni (2017) Manajemen sumber daya manusia. Banjarbaru: STAI Al Falah Banjarbaru
Sudjana, Djudju. 2006. Evaluasi Program Pendidikan Luar Sekolah Untuk Pendidikan Non-Formal dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2008*. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Tim BEE, Depdiknas. (2002). Pendidikan kecakapan hidup (Life Skills Education)
Utomo, H. (2015). Menumbuhkan Minat Kewirausahaan Sosial. 11(1), 159–182. https://doi.org/10.1002/sej
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Author should first register as Author and/or is offered as Reviewer through the following address:Â http://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/comm-edu/user/registerÂ
 Author should fulfil the form as detail as possible where the star marked form must be entered. After all form textbox was filled, Author clicks on “Register†button to proceed the registration. Therefore, Author is brought to online author submission interface where Author should click on “New Submissionâ€. In the Start a New Submission section, click on “’Click Here’: to go to step one of the five-step submission processâ€. The following are five steps in online submission process:
- Step 1 - Starting the Submission: Select the appropriate section of journal, i.e. Original Research Articles, Review Article, or Short Communication. Thus, author must check-mark on the submission checklists.
- Step 2 – Uploading the Submission: To upload a manuscript to this journal, click Browse on the Upload submission file item and choose the manuscript document file to be submitted, then click Upload button.
- Step 3 – Entering Submission’s Metadata: In this step, detail authors metadata should be entered including marked corresponding author. After that, manuscript title and abstract must be uploaded by copying the text and paste in the textbox including keywords.
- Step 4 – Uploading Supplementary Files: Supplementary file should be uploaded including Covering/Submission Letter, and Signed Copyright Transfer Agreement Form. Therefore, click on Browse button, choose the files, and then click on Upload button.
- Step 5 – Confirming the Submission:  Author should final check the uploaded manuscript documents in this step. To submit the manuscript to Empowerment, click Finish Submission button after the documents is true. The corresponding author or the principal contact will receive an acknowledgement by email and will be able to view the submission’s progress through the editorial process by logging in to the journal web address site.
After this submission, Authors who submit the manuscript will get a confirmation email about the submission. Therefore, Authors are able to track their submission status at any time by logging in to the online submission interface. The submission tracking includes status of manuscript review and editorial process.