PEMBERDAYAAN PEREMPUAN MELALUI PEMANFAATAN MEDIA YOUTUBE DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN WIRAUSAHA
DOI:
https://doi.org/10.22460/comm-edu.v3i2.4150Kata Kunci:
Kewirausahaan, Media YouTube, Pemberdayaan PerempuanAbstrak
Pemberdayaan perempuan merupakan suatu upaya yang dilakukan untuk membangun kemampuan dan konsep diri kaum perempuan melalui proses penyadaran dan pendidikan sehingga dapat digunakan untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga. Penelitian ini bertujuan tujuan untuk mengetahui pengaruh proses pemberdayaan perempuan melalui pemanfaatan media YouTube dalam meningkatkan keterampilan wirausaha. Lokasi penelitian dilakukan di LSM Bening Saguling Foundation Cihampelas Kabupaten Bandung Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian seorang penelola pemberdayaan dan 10 orang ibu-ibu rumah tangga yang menjadi peserta pelatihan. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemanfaatan media YouTube yang digunakan dalam proses pemberdayaan perempuan dapat meningkatkan kreatifitas, minat dan motivasi para perempuan dalam kewirausahaan. Adapun kendala yang dihadapi yaitu minimnya fasilitas teknologi informasi dan komunikasi, kesibukan dalam mengurus rumah tangga, dan kurangnya rasa percaya diri ibu-ibu dalam memulai usaha.
Referensi
Darmawati, I. A. (2018). Pemanfaatan Media Youtube Berita Pendidikan dalam Pembelajaran Keterampilan Menyimak. Seminar Nasional Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 5, pp. 234-239.
Dunnette, M. D. (1976). Keterampilan Mengaktifkan Siswa. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Hopskin, J. (2006, Oktober 11). Surprise! There's a third YouTube co-founder. Retrieved from USA Today: https://usatoday30.usatoday.com/tech/news/2006-10-11-youtube-karim_x.htm
Irianto, Y. B. (2015). Modul-1 Konsep-Kewirausahaan. Retrieved from http://file.upi.edu/Direkorat/FIP/JUR_ADMINISTRASI_PENDIDIKAN/196210011991021-YOYON_BAHTIAR_IRIANTO/Modul-1-Konsep_Kewirausaan.pdf
Karwati, L. (2017). PEMBERDAYAAN PEREMPUAN MELALUI PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN BERBASIS POTENSI ALAM SETEMPAT. Junal Ilmiah Visi, 12(1), 45-52.
Kasmir. (2012). Kewirausahaan (Edisi Revisi). Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Kindarto, A. (2008). Belajar Sendiri YouTube (Menjadi Mahir Tanpa Guru). Jakarta: PT Elexmedia Komputindo.
Kuswanti, A., & Oktarina, S. (2019). PEMANFAATAN MEDIA INFORMASI DI ERA DIGITAL BAGI KEMANDIRIAN IBU RUMAH TANGGA. Suluh Pembangunan: Journal of Extention and Development, 1(1), 47-55.
Moleong, L. J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyono, D., & Ansori. (2020). LITERASI INFORMASI DALAM KERANGKA PENGEMBANGAN PENDIDIKAN MASYARAKAT. Comm-Edu (Community Education Journal), 3(1), 1-6.
Nashrullah, R. (2017). Materi Pendukung Literasi Digital. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Novian, B. (2010). Sekilas Tentang Pemberdayaan Perempuan. Artikel Sanggar Kegiatan Belajar Kota Pangkal Pinang.
Roesmidi, H., & Risyanti, R. (2006). Pemberdayaan Masyarakat. Sumedang: Alqa Print Jatinangor.
Setiadi, A. (2016). Pemanfaatan Media Sosial untuk Efektifitas Komunikasi. Cakrawala: Jurnal Humaniora, 16(2).
Sulistyani, A. T. (2004). Kemitraan dan Model-Model Pemberdayaan. Yogyakarta: Gava Media.
Suryana. (2006). Kewirausahaan: Pedoman Praktis. Kiat dan Proses Menuju Sukses, Edisi Revisi. Jakarta: Salemba Empat.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2000 tentang Program Pembangunan Nasional (PROPENAS) tahun 2000-2004
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Author should first register as Author and/or is offered as Reviewer through the following address:Â http://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/comm-edu/user/registerÂ
 Author should fulfil the form as detail as possible where the star marked form must be entered. After all form textbox was filled, Author clicks on “Register†button to proceed the registration. Therefore, Author is brought to online author submission interface where Author should click on “New Submissionâ€. In the Start a New Submission section, click on “’Click Here’: to go to step one of the five-step submission processâ€. The following are five steps in online submission process:
- Step 1 - Starting the Submission: Select the appropriate section of journal, i.e. Original Research Articles, Review Article, or Short Communication. Thus, author must check-mark on the submission checklists.
- Step 2 – Uploading the Submission: To upload a manuscript to this journal, click Browse on the Upload submission file item and choose the manuscript document file to be submitted, then click Upload button.
- Step 3 – Entering Submission’s Metadata: In this step, detail authors metadata should be entered including marked corresponding author. After that, manuscript title and abstract must be uploaded by copying the text and paste in the textbox including keywords.
- Step 4 – Uploading Supplementary Files: Supplementary file should be uploaded including Covering/Submission Letter, and Signed Copyright Transfer Agreement Form. Therefore, click on Browse button, choose the files, and then click on Upload button.
- Step 5 – Confirming the Submission:  Author should final check the uploaded manuscript documents in this step. To submit the manuscript to Empowerment, click Finish Submission button after the documents is true. The corresponding author or the principal contact will receive an acknowledgement by email and will be able to view the submission’s progress through the editorial process by logging in to the journal web address site.
After this submission, Authors who submit the manuscript will get a confirmation email about the submission. Therefore, Authors are able to track their submission status at any time by logging in to the online submission interface. The submission tracking includes status of manuscript review and editorial process.