PERAN MEDIA SOSIAL BAGI KOMUNITAS TRANSPORTASI ONLINE
DOI:
https://doi.org/10.22460/comm-edu.v4i3.5995Abstrak
Globalisasi merupakan hal yang tidak bisa dihindari oleh masyarakat sekarang ini, globalisasi mampu meyakinkan masyarakat Indonesia bahwa liberalisme dapat membawa kemajuan dan kemakmuran. Sehingga menciptakan kecanggihan teknologi seperti sekarang ini dan membuat kita ikut andil dalam menikmati kecanggihan teknologi. Terlebih lagi setiap industri memerlukan metode untuk memasarkan produk atau jasanya dengan sedemikian rupa, mulai dari cara yang tradisional maupun modern yang berbasis internet. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya kebutuhan masyarakat akan informasi.
Â
Masyarakat sekarang ini membutuhkan sesuatu yang sifatnya instan, dan praktis dalam menunujang kehidupan mereka. Munculnya aplikasi-aplikasi online atau mobile application hadir diciptakan untuk mengatasi permasalahan-permasalahan yang ada dalam masyarakat, seperti transportasi online.
Â
Peran media dalam kehidupan sehari-hari yakni sebagai komunikator serta agen of change dan sarana interaksi. Media memiliki peran yang sangat penting sehingga posisi media masapun menjadi penting dalam masyarakat. Sebagai bentuk dari pentingnya media dapat dilihat dari pengaruh yang dirasakan oleh masyarakat, mulai dari aspek kognitif, afektif, hingga konatif dari media massa dan dampak positif negatif dari media sosial.
Â
Berdasarkan analisis dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan media sosial berpengaruh terhadap penyebaran informasi di dalam komunitas transportasi online. Fitur-fitur aplikasi media sosial yang dapat dimanfaatkan untuk menyebarkan informasi antara lain Chat Group, foto, video, pesan suara, dan dokumen. Pemanfaatan media sosial adalah untuk berkomunikasi dengan para anggota grup komunitas, menyebarkan informasi berupa pengumuman hingga membagikan beberapa hiburan. Namun, ada kendala yang dihadapi ketika menggunakan media sosial dalam menyebarkan informasi yaitu terjadinya kesalahpahaman atau miss communication karena tidak semua orang memiliki penafsiran yang sama dalam menerima informasi. Dari hasil uji angket, menunjukkan bahwa pemanfaatan media sosial Whatsapp memiliki pengaruh sebesar 77% sedangkan Telegram memiliki pengaruh sebesar 64%. Hal itu harus didasari juga dengan batasan-batasan penggunaan media sosial agar tidak meyalahgunakan fitur-fitur media sosial tersebut.
Referensi
Agustin, A. 2017. Persepsi Masyarakat Terhadap Penggunaan Transportasi Online (Go-Jek) Di Surabaya dalam Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, Volume 6, Nomor 9, September 2017, ISSN : 2461-0593.
Anindhita, W., Arisanty, M., Rahmawati, D. (2016). Analisis Penerapan Teknologi Komunikasi Tepat Guna Pada Bisnis Transportasi Ojek Online (Studi pada Bisnis Gojek dan Grab Bike dalam Penggunaan Teknologi Komuniasi Tepat Guna untuk Mengembangkan Bisnis Transportasi). Prosiding Seminar Nasional INDOCOMPAC.
Anwar, A. A. (2017). Online vs Konvensional: Keunggulan Dan Konflik Antar Moda Transportasi Di Kota Makassar. Jurnal Etnografi Indonesia, 2 (2), 220–246.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik, Cet. 13. Jakarta: Rineka Cipta.
Fakhriyah, Prilalianty. (2020). Pengaruh Layanan Transportasi Online (Gojek) Terhadap Perluasan Lapangan Kerja Bagi Masyarakat Di Kota Cimahi. Jurnal Comm-Edu Volume 3, No. 1, January 2020 pp 34-41.
Hidayanti, Rafika., S. Martunis Yahya. (2017). Peran Media Baru Dalam Membentuk Komunitas Virtual (Studi Pada Mahasiswa yang Bergabung Dalam Komunitas Acehvidgram di Instagram). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FISIP Unsyiah. Volume , Nomor 2: 47-66 Mei 2017.
Imron, A.S., Wardani. N.H., Rokhmawati. R.I. (2018). Analisis Pengaruh Pemasaran Media Sosial Terhadap Loyalitas Konsumen: Studi Pada Transportasi Online (Go-Jek Indonesia).
Jogiyanto, HM. (2001). Pengertian Aplikasi dan perkembangannya. Yogyakarta: Andi Ofset.
Juwita, Elsa Puji., Dasim Budimansyah., Siti Nurbayani. Peran Media Sosial Terhadap Gaya Hidup Siswa SMA Negeri 5 Bandung. Jurnal Sosietas, Vol. 5, No. 1.
Khatimah, Husnul. (2018). Posisi Dan Peran Media Dalam Kehidupan Masyarakat. Tasâmuh Volume 16, No. 1, Desember 2018.
Kriyantono, Rachmat. 2008. Teknik Praktis Riset Komunikasi: Disertai Contoh Praktis Riset Media, Public Relations, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
McLuhan, M., & Quentin Fiore, The Medium is The Massage. New York: Bantam Books, 1967.
Nathalia, Henry Brown., Irwansyah. (2018). Aplikasi Transportasi Online GO-JEK Bentuk dari Konstruksi Sosial Teknologi dalam Media Baru. MediaTor, Vol 11 (2), Desember 2018, 227-235.
Nurrizka, Annisa Fitrah. (2016). Peran Media Sosial di Era Globalisasi Pada Remaja di Surakarta Suatu Kajian Teoritis dan Praktis Terhadap Remaja dalam Perspektif Perubahan Sosial. Jurnal Analisa Sosiologi April 2016, 5(1): 28-37.
Pawito. 2007. Penelitian Komunikasi Kualitatif. Yogyakarta: LKIS.
Postman, Neil. (1992). Technopoly The Surrendeer of Culture to Technology. United State: Vintage Books.
Priliantini, Anjang., Damayanti. (2018). Peran Media Sosial “Facebook†Dalam Membentuk Solidaritas Kelompok Pada Aksi 411 Dan 212. Jurnal Komunikasi, Media dan Informatika, Vol. 7 No. 1.
Putri, Dibyareswari Utami. 2012. Peran Media Baru Dalam Membentuk Gerakan Sosial (studi kasus pada individu yang terlibat dalam IndonesiaUnite di Twitter). Skripsi. FISIP Universitas Indonesia.
Ruslan, Rosady. 2010. Metodologi Penelitian Public Relations dan Komunikasi cetakan ke-5. Rajawali Pers. Jakarta.
Sigit Kusumawijaya. 2014. Komunitas Online di Era Media Sosial dan Perannya dalam Menciptakan Ruang Publik. (http//membacaruang.com/komunitasonline-di-era-media-sosial-dan-perannya-dalam-menciptakan-ruangpublik/). Diakses: 7 Desember 2015
Simbolon, A., Siahaan, L.M. (2019). Dampak Transportasi Online (Go-Ride) Terhadap Penurunan Angka Pengangguran Di Kota Medan. Jurnal Kajian Ekonomi dan Kebijakan Publik. ISSN: 22527-2772 Vol. 4 No. 2 Juli 2019.
Sugiyono. 2011. Statistika Untuk penelitian. Bandung: Alfabeta.
________. 2013. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Suryani, I. (2014). Pemanfaatan Media Sosial sebagai Media Pemasaran Produk dan Potensi Indonesia dalam Upaya Mendukung ASEAN Community 2015. (Studi Social Media Marketing Pada Twitter Kemenparekraf RI dan Facebook Disparbud Provinsi Jawa Barat). Jurnal komunikasi, ISSN 1907-898X. Volume 8, Nomor 2, April 2014.
Sztompka, P. 2004. Sosiologi Perubahan Sosial. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.
Wahyudi, H. S., & Sukmasari, M. P. (2018). Teknologi dan Kehidupan Masyarakat. Jurnal Analisa Sosiologi,3(1).
Wahyusetyawati, E. (2017). Dilema pengaturan transportasi online. Jurnal Rechtvinding 6(2).
Yin, K, Robert. 2006. Studi Kasus Desain & Metode. PT. RajaGrafindo Persada. Jakarta.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Author should first register as Author and/or is offered as Reviewer through the following address:Â http://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/comm-edu/user/registerÂ
 Author should fulfil the form as detail as possible where the star marked form must be entered. After all form textbox was filled, Author clicks on “Register†button to proceed the registration. Therefore, Author is brought to online author submission interface where Author should click on “New Submissionâ€. In the Start a New Submission section, click on “’Click Here’: to go to step one of the five-step submission processâ€. The following are five steps in online submission process:
- Step 1 - Starting the Submission: Select the appropriate section of journal, i.e. Original Research Articles, Review Article, or Short Communication. Thus, author must check-mark on the submission checklists.
- Step 2 – Uploading the Submission: To upload a manuscript to this journal, click Browse on the Upload submission file item and choose the manuscript document file to be submitted, then click Upload button.
- Step 3 – Entering Submission’s Metadata: In this step, detail authors metadata should be entered including marked corresponding author. After that, manuscript title and abstract must be uploaded by copying the text and paste in the textbox including keywords.
- Step 4 – Uploading Supplementary Files: Supplementary file should be uploaded including Covering/Submission Letter, and Signed Copyright Transfer Agreement Form. Therefore, click on Browse button, choose the files, and then click on Upload button.
- Step 5 – Confirming the Submission:  Author should final check the uploaded manuscript documents in this step. To submit the manuscript to Empowerment, click Finish Submission button after the documents is true. The corresponding author or the principal contact will receive an acknowledgement by email and will be able to view the submission’s progress through the editorial process by logging in to the journal web address site.
After this submission, Authors who submit the manuscript will get a confirmation email about the submission. Therefore, Authors are able to track their submission status at any time by logging in to the online submission interface. The submission tracking includes status of manuscript review and editorial process.