LAYANAN BIMBINGAN BELAJAR PADA SISWA YANG MEMILIKI AGRESIVITAS DI KELAS

Authors

  • Septiani rizky salma IKIP Siliwangi
  • Nadishabani Hatta IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/fokus.v1i5.2673

Abstract

Layanan bimbingan belajar merupakan proses bantuan yang diberikan kepada siswa yang memiliki kesulitan dalam proses belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara guru pembimbing dalam memberikan bantuan terhadap anak yang memiliki perilaku agresif baik fisik maupun verbal seperti memukul, menendang, dan mengejek. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif  deskriptif. Subjek penelitian ini adalah dua orang anak dan pembimbingnya. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa cara yang dilakukan pembimbing dalam memberikan bantuan belajar terhadap anak dengan perilaku agresif adalah jika anak sudah mulai susah untuk diatur untuk belajar, pembimbing harus bisa mengalihkan perhatian mereka misalnya dengan memberikan reward permen jika mereka mau belajar.

 

Kata Kunci: Layanan bimbingan belajar, Agresivitas

References

Buss, A.H & Perry, M. 1992. The Aggression Questionnaire. Journal of Personality and Social Psychology. The American Psychological Association, Inc.

Dini, Oktavia. (2014). Hubungan Antara Kesepian dengan Perilaku Agresif pada Anak Didik di Lembaga Permasyarakatan Anak Blitar: Jurnal Pisokologi Klinis dan Kesehatan Mental, Vol.03, No.03. [online].

Bimo Walgito. 1989. Pengantar Psikologi Umum. Andi Offset, Yogyakarta.

Yusuf, Syamsu., & Nurihsan, J. (2014). Landasan Bimbingan dan Konseling Edisi ke-8. Bandung: Remaja Rosdakarya

Downloads

Published

2018-09-05