MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MELALUI PENERAPAN LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL UNTUK PESERTA DIDIK XI IPS 2 YANG TINGGAL DI PONDOK PESANTREN SMA DARUL FALAH CIHAMPELAS

Dodi Munadi(1*), Ganjar Nugraha Adit(2), Tita Rosita(3)

(1) IKIP Siliwangi
(2) IKIP Siliwangi
(3) IKIP Siliwangi
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini mengungkapkan upaya peningkatan motivasi belajar peserta didik, dan aktivitas belajar peserta didik, kemampuan guru dalam memberikan motivasi belajar dan juga respon belajar peserta didik menggunakan Layanan Bimbingan Klasikal. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik yang lebih baik dalam menerima pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPS 2 SMA Darul Falah Cihampelas yang tinggal di pondok pesantren, jumlah sebanyak 12 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan catatan lapangan. Teknis analisis data menggunakan analisis interaktif. Hasil analisis menunjukkan bahwa motivasi belajar peserta didik meningkat. Pada kondisi awal sebelum menggunakan layanan bimbingan klasikal ketuntasan motivasi belajar peserta didik 31,4%. Setelah menggunakan strategi pembelajaran layanan bimbingan klasikal pada siklus I ketuntasan motivasi belajar peserta didik meningkat yaitu 61,4%.  Siklus II ketuntasan motivasi belajar peserta didik meningkat menjadi 84,4%. Ketercapaian ketuntasan motivasi belajar peserta didik dari siklus I ke siklus II meningkat 15,4 %. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui strategi pembelajaran layanan bimbingan klasikal dapat meningkatkan motivasi belajar XI IPS 2 pada peserta didik yang tinggal di pesantren.


Full Text:

PDF

References


Ali, Mustafa Kamal. (2013). Penggunaan Metode Role playing Berbantuan Media Audiovisual untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Peserta didik Kelas IV B SDN Gisikdrono 03 Semarang. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Etin Solihatin dan Raharjo. (2007). Cooperative Learning Analisis Model Pembelajaran IPS. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.

Hasanah, Uswatun. (2010). Penerapan Metode Role Playing untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta didik dalam Pembelajaran PAI SD Giripurno II Borobudur Magelang. Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Hudri, Said. (2013). Model Analisis Data. http://expresisastra.blogspot.com /2013/12/ model-model-analisis-data.html (diakses 24 Februari 2015 Pukul 10.00)

Maryanto, Lilik. (2013). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta didik Melalui Layanan Penguasaan Konten Dengan Teknik Bermain Peran (Role playing) Pada Peserta didik Kelas 5 MI AL Islam Mangunsari 02 Semarang. Semarang. Universitas Negeri Semarang.

Sanjaya, Wina. (2013). Strategi pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana prenadamedia Group.

Suprijono, Agus. (2011). Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wibowo, Slamet. (2015). Peningkatan Motivasi belajar dalam Pembelajaran IPS Melalui Strategi Role Playing pada peserta didik kelas IV semester II SDN Sumberan tahun 2014/2015. Universitas Muhamaddiyah Malang.




DOI: http://dx.doi.org/10.22460/fokus.v1i3.2757

Article Metrics

Abstract view : 342 times
PDF - 401 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
free hit counter View My Stats