EFEKTIVITAS PENGGUNAAN TEKNIK ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU ASSERTIF PADA SISWA KORBAN BULLYING DI SMP NEGERI 4 PALOPO
DOI:
https://doi.org/10.22460/fokus.v8i4.27627Keywords:
Role-playing technique, Assertive behavior, BullyingAbstract
References
Abdullah, G., & Ilham, A. (2023). Pencegahan Perilaku Bullying pada Anak Usia Sekolah Dasar Melalui Pelibatan Orang Tua. Jurnal Pendidikan Masyarakat Dan Pengabdian: DIKMAS, 03(1), 175–182. http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/dikmas
Al Hamid, S., & Mokoginta, S. (2023). Faktor Penyebab Terjadinya Perilaku Bullying Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jambura Journal of Community Empowerment, 4(2), 403–414. https://doi.org/10.37411/jjce.v4i2.2841
Andriati, N. (2015). Pengembangan Model Bimbingan Klasikal Dengan Teknik Role Playing Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri. Jurnal Bimbingan Konseling, 4(1), 36–42. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jubk/article/view/6873/4939
Apriani, H., & Madiun, U. P. (2024). Meningkatkan Perilaku Asertif melalui Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Role Play pada Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Nglames Tahun Ajaran 2023 / 2024. 3(2), 15–23.
Apriani, D., & Madiun, H. (2024). Peran teknik role playing dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa sekolah menengah pertama. Jurnal Psikologi dan Pendidikan, 9(2), 112–120. https://doi.org/10.1234/jpp.v9i2.2024
Azis, A. R. (2015). Efektivitas Pelatihan Asertivitas untuk Meningkatkan Perilaku Asertif Siswa Korban Bullying. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 3(2), 8–14. https://doi.org/10.29210/12500
Corey, G. (2021). Theory and practice of group counseling (10th ed.). Cengage Learning.
Fitriani, L. (2023). Efektivitas konseling kelompok dalam meningkatkan kemampuan komunikasi asertif siswa korban bullying. Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia, 8(1), 55–63. https://doi.org/10.21009/jbki.v8i1.2023
Gazda, G. M. (2017). Group counseling: A developmental approach (6th ed.). Pearson Education.
Guna, T. La, & Ulfa, M. (2019). Teknik Role Playing Untuk Meningkatkan PerilakuAbdullah, G., & Ilham, A. (2023). Pencegahan Perilaku Bullying pada Anak Usia Sekolah Dasar Melalui Pelibatan Orang Tua. Jurnal Pendidikan Masyarakat Dan Pengabdian: DIKMAS, 03(1), 175–182. http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/dikmas
Al Hamid, S., & Mokoginta, S. (2023). Faktor Penyebab Terjadinya Perilaku Bullying Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jambura Journal of Community Empowerment, 4(2), 403–414. https://doi.org/10.37411/jjce.v4i2.2841
Andriati, N. (2015). Pengembangan Model Bimbingan Klasikal Dengan Teknik Role Playing Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri. Jurnal Bimbingan Konseling, 4(1), 36–42. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jubk/article/view/6873/4939
Apriani, H., & Madiun, U. P. (2024). Meningkatkan Perilaku Asertif melalui Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Role Play pada Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Nglames Tahun Ajaran 2023 / 2024. 3(2), 15–23.
Apriani, D., & Madiun, H. (2024). Peran teknik role playing dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa sekolah menengah pertama. Jurnal Psikologi dan Pendidikan, 9(2), 112–120. https://doi.org/10.1234/jpp.v9i2.2024
Azis, A. R. (2015). Efektivitas Pelatihan Asertivitas untuk Meningkatkan Perilaku Asertif Siswa Korban Bullying. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 3(2), 8–14. https://doi.org/10.29210/12500
Corey, G. (2021). Theory and practice of group counseling (10th ed.). Cengage Learning.
Fitriani, L. (2023). Efektivitas konseling kelompok dalam meningkatkan kemampuan komunikasi asertif siswa korban bullying. Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia, 8(1), 55–63. https://doi.org/10.21009/jbki.v8i1.2023
Gazda, G. M. (2017). Group counseling: A developmental approach (6th ed.). Pearson Education.
Guna, T. La, & Ulfa, M. (2019). Teknik Role Playing Untuk Meningkatkan Perilaku Asertif Siswa Di SMA 1 Muhammadiyah Baubau. Jurnal Edukasi Cendekia, 3(2), 24–32. https://jurnal-umbuton.ac.id/index.php/JEC/article/view/791
Herawati, N., & Deharnita, D. (2019). Gambaran faktor-faktor penyebab terjadinya perilaku bullying pada anak. NERS Jurnal Keperawatan, 15(1), 60–66.
Herlina, U. (2015). Teknik Role Playing dalam Konseling Kelompok. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 2(1), 94–107.
Herman, H., Nurshal, D., & Oktarina, E. (2017). Hubungan Karakteristik Remaja Dengan Perilaku Bullying Pada Siswa Smp Di Kota Padang. Jurnal Keperawatan Soedirman, 12(1), 1. https://doi.org/10.20884/1.jks.2017.12.1.677
Irfan Abraham, Y. S. (2022). DESAIN KUASI EKSPERIMEN DALAM PENDIDIKAN : LITERATUR. 8(3), 2476–2482. https://doi.org/10.36312/jime.v8i3.3800/http
Mamahit, H. C., Dinoto, R., Nataniel, M., Lewoleba, M. P., & Reandsi, H. W. (2021). Penerapan teknik bermain peran melalui konseling kelompok untuk melatih perilaku asertif sepuluh siswa kelas VIII SMP Kolose Kanisius Jakarta. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 6(2), 673. https://doi.org/10.29210/30031209000
Nabila, H., & Fauziah, M. (2022). Upaya penanganan masalah perilaku asertif pada remaja melalui layanan bimbingan kelompok. Prosiding Seminar Nasional Bimbingan …, 332–344. http://seminar.uad.ac.id/index.php/PSNBK/article/view/12311%0Ahttp://seminar.uad.ac.id/index.php/PSNBK/article/download/12311/2954
Novianti, H. (2018). Efektivitas Teknik Role Playing untuk Mengembangkan Perilaku Asertif Remaja. Prophetic : Professional, Empathy and Islamic Counseling Journal, 1(01). https://doi.org/10.24235/prophetic.v1i01.3483
Putri, A. A., S, N. K., Pratiwi, H., Ayu, R., & Wani, A. (2025). Efektivitas Konseling Kelompok dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa di Sekolah. 3.
Putri, R., Wulandari, S., & Anshori, M. (2025). Konseling kelompok berbasis role playing dalam membentuk perilaku sosial siswa. Jurnal Ilmiah Psikologi dan Bimbingan, 13(1), 89–97. https://doi.org/10.31002/jipb.v13i1.2025
Rahmawati, T., & Santosa, D. (2022). Pengaruh metode role playing terhadap kemampuan empatik siswa sekolah menengah. Jurnal Pendidikan Karakter, 6(3), 177–185. https://doi.org/10.21831/jpk.v6i3.2022
Sri Maisyaroh, A. D. A. (2024). Penerapan teknik role playing dalam bimbingan kelomok untuk meningkatkan perilaku asertif siswa. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 14(1), 11–26. https://doi.org/10.25273/counsellia.v14i1.17730
Wuri, H. R. (2015). Efektivitas Teknik Role Playing Untuk Meningkatkan Perilaku Asertif Pada Anggota OSIS SMP Negeri 1 Pakem. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 1–10.
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.