PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP PERILAKU KEPEMIMPINAN PESERTA DIDIK

Authors

  • Fujianti Yuthika Faridah IKIP Siliwangi
  • Siti Patimah IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/fokus.v1i4.2802

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok pada perilaku kepemimpinan peserta didik. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Aliyah Negeri 1 Majalengka. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian regresional. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari 45 siswa OSIS Organisasi Siswa Intra School) melalui Teknik Simple Random Sampling dan Stratified Sampling Technique (Stratified Radom Sampling). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner. Hasil penelitian ini didapatkan tabel koefisien dengan nilai signifikan 0,000. Setelah dianalisa sesuai dengan hipotesis yang ada bahwa Pvalue ≤ α (0,000 ≤ 0,05 = H0 ditolak) berarti ada pengaruh positif antara layanan bimbingan kelompok terhadap perilaku kepemimpinan peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri 1 Majalengka. Selanjutnya, para peneliti melakukan analisis seberapa besar pengaruh layanan bimbingan kelompok pada perilaku kepemimpinan dengan membaca model ringkasan tabel. Tabel ringkasan yang diperoleh menggambarkan nilai korelasi atau hubungan yang sama dengan R = 0,670 dan menjelaskan persentase pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen yang disebut koefisien determinasi yang merupakan hasil kuadrat R, dari output yang diperoleh koefisien determinasi sebesar 0,448 berisi pengertian bahwa pengaruh kelompok layanan bimbingan terhadap perilaku kepemimpinan adalah 44,8% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain.

 

Kata Kunci: Bimbingan Kelompok, Perilaku Kepemimpinan, Peserta Didik.

References

Allolangi, Yusuf. (2012). Kepemimpinan Transformasional sebagai Kepemimpinan Dakwah. Ilmu Dakwah: Academic Journal for Homiletic Studies [Online], 6.1: 151-169.

Bungin, Burhan. (2005). Metodologi Kuantitatif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

C. Manz, Charles, (1986). Seni Memimpin Diri Sendiri. Yogyakarta:Kanisius.

Dwiwibawa, F. Rudi, Theo Riyanto. (2008). Siap Jadi Pemimpin? Latihan Dasar Kepemimpinan. Yogyakarta: Kanisius (Anggota IKAPI).

Pasolong, Harbani. (2013). Kepemimpinan Birokrasi. Bandung: Alfabeta.

Satriah, Lilis. (2015). Bimbingan dan Konseling Kelompok. Bandung: CV Mimbar Pustaka.

Wibowo, Mungin Edi. (2005). Konseling Kelompok Perkembangan. Semarang: UNNES Press.

Elaine L.La, Monica. (1998). Kepemimpinan dan Manajemen Keperawatan, Pendekatan Berdasarkan Pengalaman. Jakarta:Penerbit EGC.

Prayitno (2004). Layanan Bimbingan Kelompok dan Konseling Kelompok. Padang: UNP.

Prayitno & Erman, A. (2004). Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Hartinah, Sitti. (2009). Konsep Dasar Bimbingan Kelompok. Bandung: PT Refika Aditama.

Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Romlah, Tatiek. (2001). Teori Praktek Bimbingan Kelompok. Malang: UM.

Tohirin. (2007). Bimbingan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi). Jakarta: PT Raja Grafindo.

Veithzal Rivai. (2003). Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Winkel, W.S, M.M.Sri Hastuti. (2004). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.

Marpaung, Marudut. (2014). Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan team work terhadap Kinerja Karyawan di Koperasi Sekjen Kemdikbud Senayan Jakarta. STIE Dharma Bumi Putra Jakarta.

Sidaguna. Upaya Pengurangi Perilaku Agresif Verbal melalui Bimbingan Kelompok. Mahasiswa Pendidikan Bimbingan Konseling: IKIP.

Downloads

Published

2018-07-19