PENERAPAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY UNTUK MENINGKATKAN SELF CONFIDENCE SISWA SMPN 1 SULI
DOI:
https://doi.org/10.22460/fokus.v8i4.28746Keywords:
Group Counseling, Rational Emotive Behavior Therapy , Self-ConfidenceAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif layanan konseling kelompok dengan pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) dalam meningkatkan kepercayaan diri (self confidence) siswa di SMPN 1 Suli. Pendekatan REBT digunakan karena dapat membantu siswa mengenali dan mengubah pikiran-pikiran negatif atau tidak rasional yang membuat mereka kurang percaya diri. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain pre-test dan post-test pada satu kelompok. Subjek penelitian adalah 12 siswa yang dipilih berdasarkan hasil identifikasi tingkat kepercayaan diri yang rendah menggunakan teknik purposive sampling. Alat ukur yang digunakan adalah angket self confidence yang sudah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data dilakukan dengan uji statistik Paired Sample T-Test untuk melihat perbedaan hasil sebelum dan sesudah konseling. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang nyata pada kepercayaan diri siswa setelah mengikuti layanan konseling kelompok dengan pendekatan REBT. Penelitian ini juga menjawab kekurangan dari penelitian sebelumnya yang lebih banyak menggunakan konseling individu dan pendekatan kualitatif. Oleh karena itu, layanan konseling kelompok dengan pendekatan REBT terbukti efektif dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa di jenjang sekolah menengah pertama.
Kata Kunci: : Konseling Kelompok, Rational Emotive Behavior Therapy (REBT), Self Confidence
References
Adawiyah, D. P. R. (2020). Pengaruh Penggunaan Aplikasi TikTok Terhadap Kepercayaan Diri Remaja di Kabupaten Sampang. Jurnal Komunikasi, 14(2), 135–148. https://doi.org/10.21107/ilkom.v14i2.7504
Amri, S. (2018). Pengaruh Kepercayaan Diri (Self Confidence) Berbasis Ekstrakurikuler Pramuka Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Sma Negeri 6 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 3(2), 159. https://doi.org/https://doi.org/10.33369/jpmr.v3i2.7520
Asrori, M., Tanjungpura, U., & Management, S. (2024). Efektivitas konseling kelompok menggunakan teknik self- management untuk meningkatkan resiliensi siswa. 14(1), 77–89. https://doi.org/10.25273/counsellia.v14i1.20375
Ayumi, S. N., & Siregar, A. (2024). Efektivitas rational emotive behavioral therapy dengan teknik self-talk dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa untuk berbicara di depan umum. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 10(1), 487. https://doi.org/10.29210/1202424477
Desthiani, U. (2023). Upaya Meningkatkan Kepercayaan Diri dan Motivasi Belajar Anak Yatim dan Dhuafa di Yayasan Sahabat Yatim Bintaro-Tangerang Selatan. 3(2), 156–164. https://doi.org/https://doi.org/10.32493/pbs.v3i2.32128
Difa Sukma Milenia, & Ulfa Danni Rosada. (2023). Efektivitas Konseling Kelompok Pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) Untuk Mereduksi Sikap Tidak Percaya Diri pada Siswa Korban Bullying. CERDAS - Jurnal Pendidikan, 2(1), 44–54. https://doi.org/10.58794/cerdas.v2i1.455
Edmawati, M. D. (2021). Keefektifan Konseling Kelompok Berbasis Kearifan Lokal Tembang Macapat Sinom untuk Meningkatkan Resiliensi Generasi Milenial. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 11(2), 143. https://doi.org/10.25273/counsellia.v11i2.9923
Emqi, M. F. (2018). Pengaruh Drama Korea Dengan Rasa Syukur dan Kepercayaan Diri. Titian: Jurnal Ilmu Humaniora, 2(1), 116–124. https://doi.org/https://doi.org/10.22437/titian.v2i1.5219
Evita Sari Dalimunthe, K., & Muhammad Syahbudi. (2023). Analisis Peningkatan Kestabilan Emosi Siswa Melalui Penerapan Pendekatan Rasional Emotif Behavior Therapy (REBT): Studi Kasus di SMP Negeri 30 Medan Auzha. Jurnal Research and Education Studies, 3(1), 11–20. https://doi.org/https://doi.org/10.56832/mudabbir.v4i2.642
Fahmi, N. N., & Slamet. (2016). Layanan Konseling Kelompok Dalam Meningkatkan Rasa Percaya Diri Siswa. Jurnal Hisbah, 13(1), 69–84. https://doi.org/https://doi.org/10.14421/hisbah.2016.132-05
Febriyandari, S., Kuswardi, Y., & Kurniawati, I. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa Ditinjau dari Kepercayaan Diri Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Salam Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika (JPMM) Solusi, 6(6), 207–221. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.20961/jpmm%20solusi.v6i6.67369
Fernanda, A., & Sukardi, E. (2022). Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi melalui Metode Sugesti Imajinasi pada Siswa Kelas IV. Jurnal Basicedu, 6(4), 7657–7663. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3614
Firmansyah, S. P. (2024). Layanan Bimbingan Konseling Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Dengan Hambatan Intelektual Yang Mengalami Kesulitan Memahami Matematika Menggunakan Teknik Kognitif: Literature Review Amalina. 33–48. https://doi.org/https://doi.org/10.51742/judikhu.v4i1.1279
Fitri, E. N., & Marjohan. (2016). Manfaat Layanan Konseling Kelompok Dalam Menyelesaikan Masalah Pribadi Siswa. Jurnal Educatio, Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(2), 19–24. https://doi.org/https://doi.org/10.29210/12016261
Gaho, J., Telaumbanua, K., & Laia, B. (2021). Efektivitas Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Role Playing Dalam Meningkatkan Interaksi Sosial Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Lahusa Tahun Pembelajaran 2020/2021. Counseling For All (Jurnal Bimbingan Dan Konseling), 1(2), 13–22. https://doi.org/10.57094/jubikon.v1i2.348
Giri, P. A. S. P. (2020). Konseling Model Rasional Emotif Dalam Menanggulangi Gangguan Emosional Siswa. Widyadari, 21(2), 665–675. https://doi.org/10.5281/zenodo.4049442
Halik, A., & Rakasiwi, N. (2020). Efektivitas Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa. Consilium : Berkala Kajian Konseling Dan Ilmu Keagamaan, 7(1), 32. https://doi.org/10.37064/consilium.v7i1.7186
Jabbar, A. A., Purwanto, D., Fitriyani, N., Marjo, H. K., & Hanim, W. (2019). Konseling Kelompok Menggunakan Pendekatan Cognitive Behavior Therapy (Cbt) Untuk Meningkatkan Kematangan Karir. Jurnal Selaras : Kajian Bimbingan Dan Konseling Serta Psikologi Pendidikan, 2(1), 35–46. https://doi.org/10.33541/sel.v2i1.1003
Marhani, & Galugu, N. S. (2021). Pkm: Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa. Abdimas Indonesia, 1(2), 26–32.
Moh Anang Zulqurnain, & Mohammad Thoha. (2022). Analisis Kepercayaan Diri Pada Korban Bullying. Edu Consilium : Jurnal Bimbingan Dan Konseling Pendidikan Islam, 3(2), 69–82. https://doi.org/10.19105/ec.v3i2.6737
Nadia, N. W. (2022). Pengembangan Dari Rational Emotive Behavioral Therapy (Rebt) Hingga Cognitive Restructuring (Cr). Cons-Iedu, 2(2), 70–80. https://doi.org/10.51192/cons.v2i2.400
Noufal, W. M., Razzaq, A., & Jannati, Z. (2024). Konseling Individu dengan Teknik Rational Emotive Behaviour Therapy (REBT) dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri (Studi Kasus Klien “A”). Journal of Society Counseling, 1(3), 282–290. https://doi.org/10.59388/josc.v1i3.286
Patriana, P. (2019). Model Bimbingan Kelompok dengModel Bimbingan Kelompok dengan Teknik Modeling untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswaan Teknik Modeling untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa. JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia), 4(2), 55. https://doi.org/10.26737/jbki.v4i2.939
Pranoto, H. (2016). Upaya Meningkatkan Percaya Diri Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Di Sma Negeri 1 Sungkai Utara Lampung Utara. Applied Microbiology and Biotechnology, 85(1), 6. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24127/jlplppm.v1i1.108
Pratiwi, I. D., & Laksmiwati, H. (2016). Kepercayaan Diri dan Kemandirian Belajar Pada Siswa SMA Negeri “X.” Jurnal Psikologi Teori Dan Terapan, 7(1), 43. https://doi.org/10.26740/jptt.v7n1.p43-49
Purwaningrum, S., & Eka Paramitha, Y. (2024). Efektivitas Layanan Konseling Kelompok Pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy (Rebt) Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Kelas Viii Smp Muhammadiyah 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2022/2023. Advice: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(1), 14–22. https://doi.org/10.32585/advice.v6i1.4711
Putri, M. A., & Syukur, Y. (2019). Konseling Keluarga dengan Pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy ( REBT ): Strategi Mewujudkan Keharmonisan dalam Keluarga Keluarga merupakan unit terkecil dari suatu masyarakat . Keluarga juga adalah lingkungan sosial terdekat dari setiap individu. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 2(1), 1–8. https://doi.org/https://doi.org/10.32505/enlighten.v2i1.1213
Siti Nur Rahmawati. (2022). Konseling Rational Emotive Behaviour Therapy (Rebt) Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Remaja. Counsenesia Indonesian Journal Of Guidance and Counseling, 3(1), 38–44. https://doi.org/10.36728/cijgc.v3i1.1856
Soreh, F., Mambu, M., Ginting, C., Sahabat, E., Pontoh, I., Dongkilat, M., Kasenda, R. Y., & Wantah, M. E. (2023). Penerapan Pendekatan Rebt (Rational Emotif Behavior Therapy) Dalam Meningkatkan Rasa Percaya Diri Siswa Di SMK Negeri 1 Tomohon Melalui Konseling Individu. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(3), 1540–1544. https://doi.org/10.58258/jime.v9i3.5186
Sugiyono. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.
Tamamiyah, L. (2023). Konseling Kelompok dengan Pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy. Nucl. Phys., 13(1), 104–116. https://doi.org/https://doi.org/10.59141/japendi.v4i8.2662
Tanjung, Z., & Amelia, S. (2017). Menumbuhkan Kepercayaan Diri Siswa. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 2(2), 2–6. https://doi.org/10.29210/3003205000
Tomy Dwi Apriyanto, & Asni. (2024). Efektivitas Konseling Kelompok Dengan Pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa SMPN 33 Bekasi. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(3), 1733–1742. https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i3.4910
Ujud, S., Nur, T. D., Yusuf, Y., Saibi, N., & Ramli, M. R. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sma Negeri 10 Kota Ternate Kelas X Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Jurnal Bioedukasi, 6(2), 337–347. https://doi.org/10.33387/bioedu.v6i2.7305
Ulfah, M. M., & Winata, W. (2021). Pengaruh Verbal Abuse Terhadap Kepercayaan Diri Siswa. Instruksional, 2(2), 48. https://doi.org/10.24853/instruksional.2.2.48-52
Wasilatussalam, N. A., Anas, A., & Sukmawati, B. (2023). Pengaruh Teknik REBT (Rational Emotive Behaviour Theraphy) Terhadap Kepercayaan Diri Siswa Kelas XI BDP-3 SMK Trunojoyo Jember. PANDALUNGAN : Jurnal Penelitian Pendidikan, Bimbingan, Konseling Dan Multikultural, 1(1), 35–40. https://doi.org/10.31537/pandalungan.v1i1.836
Wijayanti, W. A., & Nusantoro, E. (2022). Hubungan antara kepercayaan diri dengan perilaku asertif dalam menyampaikan pendapat di kelas pada siswa smpn 21 semarang. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 11(1), 1–8. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/ijgc.v11i1.54911
Yandri, H., Rahayu, G., Suhaili, N., & Netrawati, N. (2022). Kebermaknaan Konseling Kelompok dalam Menanggulangi Masalah Kehidupan. Indonesian Journal of Counseling and Development, 4(2), 59–69. https://doi.org/10.32939/ijcd.v4i2.1526
Yeni Triana, R., Umari, T., Syafriafdi, N., Studi Bimbingan dan Konseling, P., Ilmu Pendidikan, J., & Keguruan dan, F. (2024). IJEDR: Indonesian Journal of Education and Development Research Bimbingan Kelompok Dengan Menggunakan Teknik Permainan Tongkat Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa di SMPN 5 Dayun. Universitas Riau, 2(1), 504–514. https://doi.org/DOI: 10.57235/ijedr.v2i1.1820
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.