KONSELING CLIENT CENTERED DALAM MENINGKATKAN KONSEP DIRI SISWA

Authors

  • Teja Maulana Salam IKIP Siliwangi
  • Vita Aulia IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/fokus.v1i5.2969

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui penggunaan konseling client centered dalam meningkatkan konsep diri positif siswa. Metode penelitian ini menggunakan kajian literatur dari penelitian terdahulu. Subjek penelitian yaitu hasil dari beberapa penelitian terdahulu yang sesuai dengan variabel yang dibahas pada peneitian ini. Hasil penelitian terhadap konseling client centered dapat digunakan dalam meningkatkan konsep diri positif siswa, hal ini dibuktikan dengan adanya perubahan subjek setelah pelaksanaan konseling (kajian literatur terdahulu). Hasil penelitian konseling client centered dapat digunakan dalam meningkatkan konsep diri positif siswa. Hal ini terbukti dengan adanya perubahan subjek setelah pelaksanaan konseling (kajian literatur terdahulu). Simpulan penelitian ini adalah konseling Client Centered yang dapat digunakan dalam meningkatkan konsep diri positif siswa.

 

Kata Kunci: Konseling client centered, Konsep diri

References

Ardiyanta, N. 2014. Meningkatkan Konsep Diri Positif dengan Menggunakan Layanan Bimbingan Kelompok Pada Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Punggur Lampung Tengah Pelajaran 2013/2014. Digital Reporsitory Unila. Lampung.

Asiani, N. H. Latif, S. & Mayasari, S. (2013). Meningkatkan Kemandirian Siswa dalam Mengambil Keputusan Studi Lanjut Menggunakan Pendekatan Client Centered. Vol.2 No.2.

Gantina Komalasari, dkk. 2011. Asesmen Teknik Nontes dalam Perspektif BK Komprehensif. Jakarta: PT. Indeks.

Lusiana, E. Rorsa, M & Widiastuti, R. 2017. Penggunaan Konseling Client Centereddalam Meningkatkan Konsep Diri Positif Siswa (Studi Kasus Siswa Kelas X). Alibkin. Vol 5 No. 4. Diakses 2020.

Ningsih, D. R. 2019. Model Pendekatan Person Centered dalam Upaya Meningkatkan

Konsep Diri Remaja. Jurnal Al-Isyrof. Vol. 1. Diakses 22 Maret 2020.

Ratnasari, S. (2017). Kontribusi Pendekatan Client Center Theraphy Dalam Meningkatkan Konsep Diri Siswa Di Sekolah Menengah Atas Negeri 12 Pekanbaru. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Diakses 22 Maret 2020. http://repository.uin-suska.ac.id/18800/

Rosada, U. D. 2016. Model Pendekatan Konseling Client Centered dan Penerapannya

dalam Praktik. Jurnal Bimbingan da Konseling. Vol. 6 No. 1. Diakses 22 Maret 2020. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JBK/article/view/454/422

Willis, Sofyan S.2004. Konseling individual ,Teori dan Praktek. Bandung : Alfabeta.

Downloads

Published

2018-09-05