PERAN DAN APLIKASI ASSESSMENT DALAM BIMBINGAN DAN KONSELING

Authors

  • Nurul Wahidah IKIP Siliwangi
  • Cucu Cuntini IKIP Siliwangi
  • Siti Fatimah IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/fokus.v2i2.3021

Abstract

Orientasi baru layanan bimbingan dan konseling didasarkan pada fungsi pengembangan, sering disebut bimbingan dan konseling perkembangan atau bimbingan dan konseling komprehensif karena mencakup semua aspek dalam perkembangan peserta didik. Proses pemerolehan data untuk memahami individu terdiri dari teknik tes dan non tes. Teknik non tes pada umumnya dilakukan dengan wawancara (interview), observasi, dokumentasi, sosiometri dan sebagainya. Sedangkan teknik tes diberikan dengan menyelenggarakan program testing untuk mengetahui potensi atau kemampuan klien. Dalam kode etik profesi BK disebutkan bahwa dalam BK terdapat layanan informasi, testing dan riset. Dengan demikian, program testing merupakan program yang dipandang urgen dan perlu untuk dilakukan dengan dasar pemikiran bahwa hasil testing dapat melengkapi hasil non testing.

 

Kata Kunci: Asesmen, bimbingan dan konseling.

References

Abdulgani, Roeslan. (1986). Pancasila Sebagai Metode. Yogyakarta: Liberty.

Anastasi, A. (1982). Psychological Testing. New York : MacMillan

Anastasia, Anne dan Susana Urbina. (1998). Psychological Testing. USA: Prentice Hall International

Azwar, Saifuddin (2007). Tes Prestasi: Fungsi dan Pengembangan Pengukuran Prestasi Belajar. Yogyakarta : Pustaka pelajar

Brown, F.G. (1976). Principles of Education and Psychological Testing, 2nd edition. New York, NY: Holt, Rinehart & Winston.

Cronbach, J Lee. (1984). Essentials of Psychological Testing. USA: Harper & Row Publisher.

Friedenberg, L. (1995). Psychological Testing : Design, Analysis and Use. Boston : Allyn & Bacon.

Gay, L.R., (1985). Educational Evaluation and Measurement : Competence for Analysis and Application. Columbus, Ohio: Bell and Howeln Company.

Moore, Gary W. (1983). Developing and Evaluating Educational Research. Boston: Little Brown and Company.

Nurkancana, Wayan. (1983). Tes dan Pengukuran. Yogyakarta: Andi Ofset

Shertzer, Bruce. (1981). Career Planning: Fredom to Choose. Boston: Houghton Mifflin Co.

Sumadi Suryabrata. (2000). Pengembangan alat ukur psikologi: Edisi 1. Yogyakarta: Penerbit Andi Yogyakarta.

Sunardi dan Sunaryo. (2006). Intervensi Dini Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: Depdiknas Dirjen Dikti Direktorat Pembinaan Tenaga Kependidikan dan Tenga Perguruan Tinggi.

Supriatna, Mamat (Eds). (2011). Bimbingan dan Konseling Berbasis Kompetensi. Jakarta: Rajawali Pers.

Yusuf, Syamsu & Juntika Nurihsan. (2010). Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung:Rosda.

Downloads

Published

2019-03-16