GANGGUAN KECEMASAN SOSIAL DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK RASIONAL EMOTIF TERAPI

Authors

  • Nia Oktapiani IKIP Siliwangi
  • Amelia Putri P IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/fokus.v1i6.3024

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk memaparkan kajian tentang pengaruh konseling REBT dalam mengatasi kecemasan. Kecemasan dapat terjadi pada setiap individu. Seseorang yang menderita kecmasan selalu merasa khawatir dan selalu bereaksi berlebihan. keluhan fisik yang biasanya terjadi antara lain adalah tidak tenang, tidur terganggu, kelelahan, sakit kepala, tangan gemetar, dan jantung yang berdebar-debar. Individu terus menerus mengkhawatirkan segala macam masalah yang berlebihan menjadi sangat penting. kecemasan dilatar belakangi oleh pemikiran irasional cenderung menimbulkan gangguan. Konseling REBT adalah suatu pendekatan konseling yang menangani masalh-masalah yang berhubungan dengan emosi, kognisi, dan tingkah laku, dengan mengubah cara pandang klien yang irasional dan tidak logis agar klien dapat mengembangkan dirinya.   

 

Kata Kunci: Rasional Emotive Behaviour Therapy (REBT), Kecemasan 

References

Abdul, A. R. (2017). Psikologi Sosial; Integrasi Pengetahuan Wahyu dan Pengetahuan Empirik. Jakarta: Rajawali Pers.

Agustiani, Hendriati. (2006). Psikologi Perkembangan; Pendekatan Ekologi Kaitannya dengan Konsep Diri dan Penyesuaian Diri pada Remaja. Bandung: Aditama.

Bahana, Sari. (2015). Analisis Pemahaman Diri dan Hubungan Sosial Siswa Berlatar Belakang Keluarga Broken Home di SMK Yadika 11 Jatirangga. Jakarta: Seminar.

Hurlock, E. B. (1997). Psikologi Perkembangan : Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.

Irma, C. O dan Mahmudah, S. (2014). Konsep Diri Remaja Dari Keluarga Broken Home. Jurnal Psikoislamika Volume 11. No 1.

Irsalina, D. S. dkk. (2016). Peran Keluarga Dan Guru Dalam Membangun Karakter Dan Konsep Diri Siswa Broken Home Di Usia Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Volume 1. No. 5.

Kartono, Kartini, (1992). Pathologi Sosial 2 (Kenakalan Remaja). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Rakhmat, D. (2005). Psikologi Komunikasi, Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya

Sutarsa, Suciati. (1998). Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Keterbukaan Komunikasi. Bandung. Skripsi. Tidak Diterbitkan.

Downloads

Published

2018-11-06