PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS FILM PENDEK UNTUK MENGURANGI TINDAKAN BULLYING PADA SISWA KELAS V SDN 1 SUKARAJA KABUPATEN SUKABUMI

Authors

  • Umay Kusmini IKIP Siliwangi
  • Zuniar Zulyanti IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/fokus.v2i6.3539

Abstract

Penelitian yang berjudul Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Film Pendek Untuk Mengurangi Tindakan Bullying Pada Siswa Kelas V SDN 1 Sukaraja Kabupaten Sukabumi dilatar belakangi oleh banyaknya tindakan bully di jenjang Sekolah Dasar. Tindakan bully ini termasuk dalam katagori bully verbal dan bully fisik. Banyak sekali anak-anak usia Sekolah Dasar yang saling mengejek kondisi fisik temannya, bahkan saling mengejek nama orang tua masing-masing. Selain itu, tindakan bully fisik pun sering kali terjadi seperti tindakan pemukulan pada siswa yang dianggap lemah dan tidak berdaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan efektivitas penggunaan model pembelajaran berbasis film pendek dalam mengurangi tindakan bully di Sekolah Dasar. Adapun metode yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan model one shoot case. Penelitian ini dilakukan di kelas 5 SDN 1 Sukaraja Kabupaten Sukabumi dengan jumlah siswa sebanyak 37 siswa. Hasil dalam penelitian ini mengungkapkan bahwa model pembelajaran berbasis film pendek dapat mengurangi tindakan bully sebanyak 83% sehingga dapat dikatakan bahwa pembelajaran berbasis film pendek memiliki efektivitas yang signifikan dalam mengurangi tindakan bully di Sekolah Dasar.

Kata Kunci: Model pembelajaran berbasis film pendek, tindakan bully, siswa sekolah dasar

References

Ahmad, R. (2014). Bullying Penyakit Sosial. Bandung: Rosda Karya.

Astuti, P. . (2008). Meredam Bullying: 3 Cara Efektif Meredam Kekerasan Anak. Jakarta: Grasindo.

Cahyono, A. (2016). Media Film Pendek dalam Pembelajaran (IV). Bandung: Rineka Cipta.

Coloroso, B. (2015). Effect of Bullying Actions on a child’s mental and psychological condition. Psychology Of Science, 1, 15–29.

Echol, J. M., & Shadily, H. (1992). Kamus Inggris-Indonesia (XX). Jakarta: Gramedia.

Murni, S., Mughni, M., & Kurnia Restu, N. (2015). Upaya Meningkatkan Kemampuan Sosial Siswa Melalui Media Pembelajaran Audio-Visual Film Pendek di Sekolah Dasar. Mimbar Sekolah Dasar, 6(3).

Sadili, A., & Pratama, F. (2017). Efektivitas Media Film Pendek dalam Pendidikan Karakter di Sekoah Dasar. Utile, 3(1), 6–17.

Satriah, L. (2015). Bimbingan dan Konseling Kelompok. Bandung: CV Mimbar Pustaka.

Sejiwa. (2006). Mengatasi Kekerasan di Sekolah dan Lingkungan Anak. Jakarta: Grasindo.

Setiyadi, R. (2017). Meningkatkan kemampuan berfikir kreatif siswa melalui penerapan metode pembelajaran joyfull learning di sekolah dasar kabupaten bandung barat. Utile, 3(2). Retrieved from https://jurnal.ummi.ac.id/index.php/JUT/article/view/67

Setiyadi, R. (2018). Improving Students Writing Skill Through Hands On Activity Method In Class 3 Sdn 1 Sukaraja Sukabumi. Collase, 1(1).

Suharsimi, A. (2010). Prosedur Penelitian Kualitatif: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Downloads

Published

2019-11-08