EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU PROSOSIAL
DOI:
https://doi.org/10.22460/fokus.v2i6.3540Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui efektivitas layanan bimbingan teknik role playing untuk meningkatkan perilaku prososial siswa. Penelitian menggunakan metode bimbingan kelompok role playing dan desain penelitian Quasi Experimental Design. Jumlah populasi pada penelitian ini sebanyak 55 peserta didik. Dari populasi tersebut terdapat siswa yang mempunyai sikap prososial rendah berjumlah 6 peserta didik kelas X TB 1 yang disebut sebagai kelas eksperimen dan 6 peserta didik kelas X TB 2 yang disebut kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket perilaku prososial. Perlakuan pada kelas eksperimen ini dilakukan dengan tahapan intervensi yang terdiri enam tahap. Hasil dari analisis data setelah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan uji test statisik Wilcoxon Sign Rank Test pada kelas eksperimen diperoleh nilai Sig. sebesar 0.028 (< 0.05) ini menunjukkan bahwa Ha diterima. Berbeda dengan hasil uji Wilcoxon Sign Rank Test kelas kontrol yang memperoleh nilai Sig. sebesar 0.066 (> 0.05), maka H0 diterima. Artinya teknik role playing efektif dalam meningkatkan prososial peserta didik.
Â
Kata kunci : bimbingan kelompok, role playing, Quasi Experimental Design, prososial.
References
Baron & Byarne. (2003). Psikologi Sosial. Jakarta : Erlangga
Bingah, M. (2015). Upaya Meningkatkan Perilaku Prososial Melalui Teknik Sosiodrama pada Siswa Kelas VII C SMPN 3 Ngadirojo, Kab. Pacitan. Universitas Negeri Yogjakarta
Creswell, J.W. (2013). Research Design : Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogjakarta : Pustaka Pelajar
Dayakisni & Hudaniah. (2015). Psikologi Sosial. Malang : UMM Press
Dede Rahmat H & Aip Badrujaman. (2012). Penelitian Tindakan dalam Bimbingan Konseling. Jakarta :Indeks Jakarta
Enterprise, J. (2014). SPPS untuk Pemula. Jakarta : PT Elex Media Komputindo
Erford. (2015). 40 Teknik yang Harus diketahui Setiap Konselor. Yogjakarta : Pustaka Pelajar
Herlina, V. (2019). Panduan Praktis Mengolah Data Kuesioner menggunakan SPSS. Jakatra.
Luddin, A. B. M. (2010). Dasar Dasar Konseling Tinjauan Teori dan Praktik. Bandung: Ciptapustaka Media Perintis.
Lumongga N. (2016). Konseling Kelompok. Jakarta : Kencana
Muhammad Anas. (2014). Mengenal Metode Pembelajaran.
Murdoko, E.W.H dan Hindiarto, F. (2011). Menjadi Trainer yang Efektif dan Menarik. Jakarta : PT. Elex Media Komputindo
Myers, D. G. (2012). Psikologi Sosial. Jakarta : Salemba Humanika
Narti, Sri. (2019). Kumpulan Contoh Laporan Hasil Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling (PTBK). Yogjakarta Deepublish
Pranowo, T.A. (2016). Efektivitas Bimbingan Kelompok melalui Teknik Bermain Peran dalam Meningkatkan Sikap Prososial pada Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Semester 1 Universitas PGRI Yogjakarta. G-COUNS Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 1 No. 1 Tahun 2016, ISSN. 2541-6782
Rukaya. (2019). Aku Bimbingan dan Konseling. Pangkep : Guepedia Publisher
Sari, E.P. (2013). Pengembangan Model Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Sosiodrama untuk Meningkatkan Sikap Prososial. Universitas Negeri Semarang ISSN 2252-6889 terdapat [online] http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jubk
Sagala, S. (2018). Pendekatan dan Model Kepemimpinan. Jakarta : Prenadamedia Grup
Sears, Freedman & Pepalau. (1985). Psikologi Sosial. Jakarta : Erlangga
Setyawan, F.E.B. (2017). Pedoman Metodologi Penelitian. Sidoarjo : Zifatama Jawara
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung
Sudiaman, M. (2015). Peneliti IPB Perilaku antisosial Reaja Bogor tergolong Parah. Terdapat [online] (https://www.republika.co.id/berita/gayahidup/parenting/15/07/02/nqv47r-peneliti-ipb-perilaku-antisosial-remaja-bogor-tergolong-parah). [Diakses 13 Nov 2018 21:20]Tohirin. (2007). Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi). Depok : Pt RajaGrafindo Persada
Widiyanto, J. (2010). SPSS for Windows. Semarang : Badan Pendiri UNDIP
Wulandari, T, Dharmayana, W.I, A. (2018). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok terhadap Perilaku Prososial Siswa Kelas VII di SMP Negeri 22 Kota Bengkulu. FKIP Universitas Bengkulu. Volume 1 Nomor 2 201