MEMBANGUN RASA EMPATI MELALUI TEKNIK SOSIODRAMA PADA SISWA SMP & SMA

Authors

  • Muhammad Fajar Sidik Jamaludin Putra IKIP Siliwangi
  • Muhammad Daffa IKIP Siliwangi
  • Stefanus Fati Zakhullu IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/fokus.v1i6.3805

Abstract

Empati adalah kemampuan untuk membayangkan apa yang mungkin dirasakan atau dipikirkan oleh orang lain dan juga kemampuan untuk merasakan kemampuan orang lain. Tujuan Penelitian ini adalah meningkatkan rasa empati siswa melalui layanan bimbingan dan konseling teknik sosiodrama. Metode penelitiannya dengan menganalisis beberapa jurnal yang sudah ada agar mendapatkan beberapa metode yang bisa dipakai Guru BK ketika mengajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik sosiodrama secara statistik dapat secara efektif membangun rasa empati pada siswa dengan jenjang dunia pendidikan SMP dan SMA berdasarkan dari beberapa penelitian yang di ungkapkan sebelumnya 

Kata Kunci : Sosiodrama, Empati

References

Andriati, Atika, & Yuditio. (2019). Meningkatkan Sikap Empati Siswa SMP Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama. IKIP PGRI Pontianak: Edukasi: Jurnal Pendidikan, Vol. 17, No. 1, Juni 2019 ISSN 1829-8702.

Arifah, N Istiyani. (2019). Efektifitas Teknik Sosiodrama Dalam Meningkatkan Etika Pergaulan Pada Peserta Didik Kelas XI DI SMA N 1 Kota Mungkid. Universitas Negeri Yogyakarta: Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Volume. 5 Nomer 7, Juli 2019.

Indriasari, E. (2016). Meningkatkan Rasa Empati Siswa Melalui Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Pada Siswa Kelas XI IPS 3 SMA 2 Kudus Tahun Ajaran 2014/2015. Universitas Muria Kudus: Jurnal Konseling GUSJIGANG Vol. 2, No. 2, 2016 ISSN 2460-1187.

Latifah, L. (2019). Keefektifan Teknik Drama Segitiga Karpman untuk Meningkatkan Keterampilan Empati Siswa Sekolah Menengah Pertama. Universitas Kanjuruhan Malang: Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 4(1), 2019, 30-36, ISSN 2548-4311.

Lina, Purnomo. (2019). Membangun Empati Siswa Melalui Sosiodrama Pada Materi Konflik Sosial Kelas VIII C SMP LAB UM. Universitas Negeri Malang: JTP2IPS (2019) volume 4 hal 7-14, No.1, 2019, ISSN 2503-5307.

Muthiah, A Safira. (2019). Peran Konseling Kelompok dalam Meningkatkan Empati Siswa (Studi Kasus pada Tingkat Satuan Pendidikan Sekolah Menengah Atas di Kota Pekalongan). Universitas Sebelas Maret: OSF Preprints. Doi:10.31219/osf.io/8mqnb.

Downloads

Published

2018-11-06