PENERAPAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN KEMATANGAN KARIER

Authors

  • Siti Haolah IKIP Siliwangi
  • Euis Eti Rohaeti IKIP Siliwangi
  • Tita Rosita IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/fokus.v3i1.3808

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kematangan karier siswa SMP yang menerapkan bimbingan kelompok teknik role playing lebih baik dibandingkan dengan bimbingan kelompok teknik ceramah.  Metode yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Analisis data menggunakan nonparametric statistic melalui Uji t Test. Berdasarkan Uji t Test pada kelompok eksperimen, nilai signifikansi sebesar 0,000. Nilai signifikansi lebih kecil dari α = 0,05, artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara data pre-test dengan data post-test kelompok eksperimen. Dengan demikian menunjukkan bahwa kematangan karier siswa SMP yang menerapkan bimbingan kelompok teknik role playing lebih baik daripada yang menerapkan bimbingan kelompok teknik ceramah.

Kata Kunci: Kematangan Karier, Role Playing.

References

Djumriati, H., & DJUMRIATI, H. (2017). Pengaruh Teknik Role Playing dalam bimbingan kelompok terhadap Peningkatan Arah Pilihan Karir di MTs Negeri 2 Makassar (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR).

Gladding, Sammuel T. (2015). Konseling Profesi yang Menyeluruh. Jakarta: Indeks.

Juwitaningrum, I. (2013). Program bimbingan karir untuk meningkatkan kematangan karir siswa SMK. PSIKOPEDAGOGIA Jurnal Bimbingan dan Konseling, 2(2), 132-147.

Kemendikbud. (2017). Bimbingan Klasikal dan Kelompok. Jakarta: Kemendikbud.

Khairun, D. Y., & Sulastri, M. S. (2016). Layanan Bimbingan Karir Dalam Peningkatan Kematangan Eksplorasi Karir Siswa. Jurnal Penelitian Bimbingan dan Konseling, 1(1).

Lutiyem. (2016). Peningkatan Kematangan Karier Siswa Melalui Layanan Konseling Kelompok. Jurnal Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling.

Nurihsan, Juntika. (2007). Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling. Bandung: Revika Aditama.

Prayitno dan Amti, Emran. (2004). Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Rusmana, Nandang. (2009). Bimbingan dan Konseling Kelompok di Sekolah: Metode, Teknik, dan Aplikasi. Bandung: Rizqi Press.

Saifuddin, Ahmad. (2018). Kematangan Karier: Teori dan Strategi Memilih Jurusan dan Merencanakan Karier. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Shaftel and Shaftel. (1967). Role Playing for Social Values: Decision Making in the Social Studies. New Jersey: Prentice-Hall, Inc.

Sharf. (2010). Applying Career Development Theory to Counseling. Canada: Brooks/ Cole Cengage Learning.

Suherman, Uman. (2009). Konseling Karier Sepanjang Rentang Kehidupan. Bandung: Rizqi Offset.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan: Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2020-02-01