SELF DISCLOSURE DALAM KOMUNIKASI INTERPERSONAL: KESETIAAN, CINTA, DAN KASIH SAYANG

Authors

  • Dila Septiani IKIP Siliwangi
  • Putri Nabilla Azzahra IKIP Siliwangi
  • Sari Nurul Wulandari IKIP Siliwangi
  • Ardian Renata Manuardi IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/fokus.v2i6.4128

Abstract

Self disclosure dalam komunikasi interpersonal sangat berpengaruh bukan hanya pada  kehidupan sehari-hari tetapi juga di masa yang akan datang. Manusia merupakan makhluk sosial yang tidak bisa bergantung hidup sendiri, pun manusia mempunyai fitrah tersendiri yang diciptakan Tuhan, seperti kesetiaan, cinta dan kasih sayang. Hal itu sangat penting ketika berkomunikasi berlangsung. Self disclosure sendiri juga berarti keterbukaan diri yang mana setiap makhluk sosial yakni manusia harus mempunyai keterbukaan dirinya. Setiap manusia seringkali menutupi atau merahasiakan informasi dirinya terhadap orang lain, sehingga sebagian manusia tidak percaya akan kepada dirinya sendiri. Melalui komunikasi individu dapat memenuhi kebutuhan emosional dan meningkatkan kesehatan mentalnya. Belajar untuk memaknai apa itu kesetiaan, cinta dan kasih sayang pun sangat perlu karena dapat seseorang dapat mengalami berbagai macam kualitas perasaan dan membandingkan perasaan dengan yang lainnya.

 

Kata Kunci: Self Disclosure, Komunikasi Interpersonal, Kesetiaan, Cinta, dan Kasih Sayang

References

Altman, L. & Taylor, D.A. 1973. Social penetration: The development or interpersonal relationship. New York: Holt, Rinehart & Winston.

Alberti, R & Emons, M. 2002. Your Perfect Right. Alih Bahasa: Budithjahya, G. U. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Alwisol.(2004). Psikologi kepribadian. Malang: UMM Press.

Buhrmester, D., F, W., Wittenberg, M.T., & Reis, D. (1998). Five Domain of Interpersonal Competence in Peer Relationship. Journal of Personality and Social Psychology, 55 (6), 991-1008.

Sears, dkk. (1998). Psikologi Sosial Jilid I. Jakarta: Erlangga.

Lumsden, G & Lumsden, D 1996, Communicating with credibility of confidence, WadsworthPublishing Company, Boston.

Suherman, M. M. (2019). Penerapan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Peer Group untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Siswa. QUANTA, 3(2), 29-35.

Downloads

Published

2019-11-06