PENGARUH CLIEN-CENTERED THERAPY DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA SMA

Authors

  • Diza Rahma Azzahra IKIP Siliwangi
  • Rizna Nur Septyanti IKIP Siliwangi
  • Wiwin Yuliani IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/fokus.v2i1.4174

Abstract

Kepercayaan diri sangat diperlukan seseorang dalam menjalani kehidupan, kepercayaan diri merupakan sikap mental seseorang dalam menilai diri maupun objek yang ada di sekitarnya, sehingga orang tersebut memiliki keyakinan dan kemampuan dirinya untuk melakukan sesuatu. Orang yang memiliki rasa kepercayaan diri atau yakin atas kemampuannya akan memiliki harapan yang realistis, bahkan ketika harapan tidak sesuai dengan kenyataan, ia akan tetap berfikiran positif dengan arti ia dapat menerimanya. Pemahaman mengenai pentingnya kepercayaan diri khususnya pada siswa SMA bertujuan untuk meningkatkan rasa kepercayaan dirinya yang akan sangat dibutuhkan untuk bersosialiasi dengan orang lain. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektifitas pendekatan client centered therapy untuk meningkatkan rasa kepercayaan diri siswa SMA yang didukung oleh penelitian-penelitian terdahulu mengenai pemberian terapi client centered yang bisa meningkatkan rasa kepercayaan diri siswa.

 

Kata Kunci: client centered therapi, kepercayaan diri

References

Hidayah, I. N., Supandi, S. A., & Ag, M. (2018). Konseling Islami dengan Pendekatan Client Centered untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Remaja Di Panti Asuhan Yatim Muhammadiyah Kec. Sragen Kab. Sragen (Doctoral dissertation, IAIN SURAKARTA).

Komariyah, S., & Nuryanto, I. L. (2019). Efektifitas Layanan Konseling Kelompok dengan Pendekatan Client Centered Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Pada Siswa Kelas Viii Smp N 16 Yogyakarta Tahun Ajaran 2018/2019. G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 4(1).

Kushartanti, A. (2009). Perilaku menyontek ditinjau dari kepercayaan diri. Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi, 11(2).

Paramitha, Y. (2019). Pengaruh Pendekatan Clien Centered Terhadap Kepercayaan Diri Siswa Kelas VIII-1 di SMP Negeri 7 Kisaran (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).

Puspita, R. (2019). Pendekatan Client Centered Therapy untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Anak Dhuafa di Panti Asuhan (Studi Kasus di Panti Asuhan Putra Putri Kita Menes-Pandeglang) (Doctoral dissertation, UIN SMH BANTEN).

Rombe, S. (2013). Hubungan body image dan kepercayaan diri dengan perilaku konsumtif pada remaja putri di SMA Negeri 5 Samarinda. Psikoborneo, 1(4).

Sayekti. (2010). Berbagai Pendekatan Dalam Konseling. Yogyakarta : Menara Mas Offset.

Susanti, S. (2018). Pengaruh Konseling Pendekatan Client Centered Terhadap Peningkatan Kepercayaan Diri Siswa Kelas Xi Di SMKN 1 Solok.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Wahyuhadi, I. R. (2015). Hubungan antara Penyesuaian Diri di Sekolah dengan Kepercayaan Diri pada Siswa Kelas X MAN 1 Kota Magelang. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan dan Konseling, 4(6).

Downloads

Published

2019-01-22