PENERAPAN TEKNIK ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN RASA KEPEDULIAN ANTAR SISWA

Authors

  • Marfany Minsyar IKIP Siliwangi
  • Salma Namira Yusup IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/fokus.v1i2.4206

Abstract

Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan teknik role playing dalam meningkatkan rasa kepedulian antar siswa. Metode penelitian yang digunakan yaitu studi literatur dengan membandingkan antara 2 artikel yang membahas penggunaan teknik role playing dalam menurunkan perilaku bullying. Pengambilan penelitian tersebut dilakukan karena antara perilaku bullying dengan kepedulian yang dimiliki siswa memiliki hubungan yang erat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik role playing efektif untuk digunakan dalam peningkatan rasa kepedulian antar siswa.

 

Kata Kunci: Role Playing, Kepedulian Siswa

References

Asnawi, K. U. (2017). Konsep Konseling Gestalt Berbasis Islam untuk Membantu Meningkatkan Bersosialisasi dan Adaptasi Siswa di Sekolah. HISBAH : Jurnal Bimbingan Konseling dan Dakwah Islam. 14(1).

Baroroh, K. (2011). Upaya Meningkatkan Nilai-Nilai Karakter Peserta Didik Melalui Penerapan Metode Role Playing. Jurnal Ekonomi & Pendidikan. 8(2).

Darmawan, H.K. (2015). Mengurangi Perilaku Bullying Melalui Metode Role- Playing Pada Siswa Kelas VIII D di SMPN 1 Tempel. Jurnal Bimbingan dan Konseling.

Dewi, I. A. D. P., Antari, N. N. M., & Dantes, N. (2014). Penerapan Konseling Kognitif Sosial dengan Teknik Role Playing untuk Mengembangkan Sikap Empati Pada Siswa Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 3 Singaraja Tahun Ajaran 2013/2014. e-journal Universitas Pendidikan Ganesha. 2(1).

Handayani, R. P., & Noviandari, H. (2018). Pengaruh Konseling Kelompok Pendekatan Analisis Transaksional Teknik Role Playing Terhadap Penurunan Bullying. Pendidikan Budaya dan Sejarah: “Dibalik Revitalisasi Budayaâ€.

Hanim, W., Badrujaman, A., & Pratiwi, E. (2017). Pengaruh Teknik Role Playing dalam Bimbingan Kelompok terhadap Toleransi Pada Peserta Didik Kelas X SMK Negeri 26 Jakarta.Insight: Jurnal Bimbingan dan Konseling. 6(2).

Herlina, U. (2015). Teknik Role Playing dalam Konseling Kelompok. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial. 2(1).

Hermansyah, A. (2017). Penggunaan Layanan Konseling Kelompok Teknik Role Playing untuk Mengurangi Perilaku Bullying Peserta Didik Kelas VIII di SMP Gajah Mada Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2016/2017. (Skripsi, Institut Negeri Islam Raden Intan Lampung, 2017).

Irmayanti, R. (2018). Teknik Bimbingan dan Konseling: Ruang Lingkup Sekolah. Bimbingan dan Konseling IKIP Siliwangi, Bandung.

Khiyarusoleh, U., & Indriawati, N. (2018). Strategi Guru dalam Meningkatkan Kepedulian Peserta Didik terhadap Korban Bullying Siswa. 5(1).

Lestari, D. (2017). Pengaruh Konseling Kelompok dengan Teknik Role Playing Untuk Mengurangi Perilaku Bullying (Penelitian Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 34 Purworejo). (Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang, 2017).

Nikmah, L. (2017). Efektivitas Teknik Role Playing untuk Meningkatkan Percaya Diri Siswa Kelas VII SMP Negeri 8 Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017. Artikel Skripsi.

Primastuti, R. W., Tagela, U., & Setyorini. (2019). Penggunaan Layanan Bimbingan Kelompok dalam Meningkatkan Kepedulian Sosial Siswa Kelas XI Bahasa SMA Kristen Satya Wacana Salatiga Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Psikologi Konseling. 15(2).

Safitri, Y. (2017). Penggunaan Layanan Konseling Kelompok Teknik Role Playing untuk Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas XI SMA Negeri 8 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2016/2017. ALIBKIN: JURNAL Bimbingan Konseling. 5(4)

Zahro, A., Awalya, & Hartati, M. T. S. (2018). Meningkatkan Empati melalui Layanan Penguasaan Konten dengan Teknik Role Playing. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: 7(2).

Zainuddin, M. (2017). Efektivitas Bimbingan Kelompok Menggunakan Teknik Role Playing dan Storytelling untuk Meningkatkan Empati pada Siswa SMAN 5 Mataram Tahun 2016-2017. (Tesis, Universitas Negeri Semarang, 2017).

Downloads

Published

2018-03-04