GAMBARAN SELF EFFICACY SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN

Authors

  • Andri Ferdyansyah IKIP Siliwangi
  • Euis Eti Rohaeti IKIP Siliwangi
  • Maya Masyita Suherman IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/fokus.v3i1.4214

Abstract

Self efficacy adalah suatu bentuk rasa keyakinan dalam kemampuan diri dalam untuk mencapai tujuan tertentu. Self efficacy yang rendah pada siswa akan sangat berpengaruh terhadap proses pembelajaranya. Hal ini akan berdampak pada siswa menjadi malas untuk belajar, rasa cemas yang tinggi dalam mengerjakan tugas, kemampuan diri yang rendah terhadap pembelajaran, dan rasa cepat menyerah terhadap pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran self efficacy siswa terhadap pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tiga siswa SMK Taruna Lembang memiliki self efficacy yang rendah terhadap pembelajaran di sekolah.

Kata Kunci: Pembelajaran, Self efficacy

References

Bandura, A. 1997. SELF-EFFICACY: The Exercise of Control. New York: W. H Freeman and Company

Baron, R. A.& Byrne, D. 2004. Psikologi Sosial. Jakarta: Erlangga

Moleong, Lexy J. 1989. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Santrock, J. W. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Salemba Humanika.

Schunk, D. H., Pintrich, P. R., & Meece, J. L. 2010. Motivation in Education.New Jersey: Pearson Education, Inc.

Rahadianto, Auliailillah Ilmi, and Nino Hery Yoenanto. "Hubungan antara self-efficacy dan motivasi berprestasi dengan kecemasan akademik pada siswa program sekolah RSBI di Surabaya." Jurnal Psikologi Industri dan Organisasi Volume 3. No 3 2014: 123-128.

S, S Nana. 2011. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sukmawati, Ni Pt Feni, Ni Kt Suarni, and Ndara Tanggu Renda. "Hubungan antara Efikasi Diri dan Kebiasaan Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V SDN di Kelurahan Kaliuntu Singaraja." MIMBAR PGSD Undiksha Volume 1.No 1 2013.

Downloads

Published

2020-01-08