PENERAPAN TERAPI RASIONAL EMOTIF (TRE) DALAM MENGURANGI KECEMASAN SISWA MENENTUKAN KARIER

Authors

  • Rizky Maulana IKIP Siliwangi
  • Syahrul Ahmad Fauzi IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/fokus.v2i2.4248

Abstract

Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan Terapi Rasional Emotif (TRE) dalam mengurangi kecemasan siswa menentukan karir di masa depan. Artikel ini menggunakan metode studi pustaka dari berbagai macam sumber baik jurnal, buku, dan karya tulis ilmiah lainnya. Hasil yang dipaparkan dari artikel ini menunjukan bahwa TRE dapat digunakan dalam mengurangi berbagai kecemasan siswa, terutama dalam menentukan karir di masa depan. Dengan langkah-langkah (1) Menunjukkan kepada siswa bahwa dirinya sedang berfikir yang tidak rasional; (2) Meyakinkan siswa bahwasannya berpikir itu dapat dilawan dan diubah, sesuai dengan keinginan siswa; serta (3) Membimbing dan membantu siswa untuk melawan pemikirannya yang selama ini tidak rasional, yang selama ini telah dipertahankan sampai akhirnya dia mempunyai permasalahan. Hal ini akan berguna bagi siswa agar lebih mantap dalam mencapai pemilihan karir secara optimal dan menatap masa depan yang optimis dengan pandangan yang rasional, yaitu menyesuiakan dengan minat, bakat, dan kemampuannya. Manfaat dari artikel ini dapat digunakan sebagai rujukan untuk guru BK dalam memberikan layanan konseling di sekolah.

 

Kata Kunci: Terapi Rasional Emotif (TRE), Kecemasan, Karir

References

Corey, G. (2013). Teori Dan Praktek Konseling Dan Psikoterapi. Bandung: PT Refika Aditama.

Habsy, B. A. (2018). Konseling Rasional Emotif Perilaku: Sebuah Tinjauan Filosofis. Indonesian Journal Of Educational Counseling, 2(1), 13-30.

Mahfudhoh, M. (2019). Konseling Kelompok Dengan Pendekatan Rasional Emotif Therapy (RET) Untuk Mengurangi Kecemasan dan Emosi Pada Remaja Pubertas (Studi Kasus Remaja/Santri Pondok Pesantren Darul Qari’in). Skripsi. UIN SMH Banten. Fakultas Dakwah, Banten

Muhammad Surya. 2003. Teori-Teori Konseling. Bandung: Pustaka Bani Quraisy.

Republika.Co.Id. (2019, Februari 7). Pendidikan. Retrieved From Republika.Co.Id: Https://Www.Republika.Co.Id/Berita/Pendidikan/Dunia Kampus/19/02/07/Pmjuhw368-87-Persen-Mahasiswa-Mengaku-Salah-Pilih-Jurusan

Sugiharto, D. Y. P. (2012). Efektivitas Konseling Kelompok Rational-Emotif untuk Membantu Siswa Mengatasi Kecemasan Menghadapi Ujian. Jurnal Bimbingan Konseling, 1(2). 122-128.

Syarkawi, A. (2019). Teknik Relaksasi untuk Membantu Siswa Mengatasi Kecemasan Menghadapi Ujian. Jurnal Al-Taujih: Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami, 5(1), 69-79.

Tempo.Co. (2019, Februari 7). Nasional. Retrieved From Tempo.Co: Https://Nasional.Tempo.Co/Read/1173343/Lulusan-Sma-Penyumbang-Pengangguran-Terbesar/Full&View=Ok

Wijayanti, E. (2016). Upaya Mengatasi Kecemasan Menghadapi Ujian Nasional Melalui Pendekatan Rasional Emotif Therapy Dengan Teknik Relaksasi Pada Siswa Kelas Xi Ips 2. Skripsi. Universitas Muria Kudus. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Kudus

Winkel W.S. (1991). Psikologi Pengajaran. Jakarta: Grasindo

Downloads

Published

2019-03-08