UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENCIPTAKAN KESADARAN DIRI PESERTA DIDIK MENGIKUTI LAYANAN KONSELING INDIVIDUAL

Authors

  • Rizky Meiputra Nugraha IKIP Siliwangi
  • Fahdilla Noor Azizah IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/fokus.v2i2.4372

Abstract

Penelitian ini berawal dari permasalahan pada minimnya minat peserta didik di jenjang pendidikan sekolah menengah atas (SMA) terhadap kegiatan konseling individu. Masih adanya perspektif bahwa kegiatan guru bimbingan konseling di sekolah hanya menangani masalah-masalah peserta didik yang bermasalah dan peserta didik yang nakal di sekolah menjadi titik awal dalam melakukan penelitian ini. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan studi pustaka sebagai langkah awal untuk mengumpulkan data-data yang didapatkan dari jurnal ilmiah, disertasi, e-book, dan internet. Hasil penelitian ini menunjukkan upaya-upaya apa saja yang dapat digunakan untuk menumbuhkan minat peserta didik untuk mengikuti konseling individual secara inisiatif.

 

Kata Kunci: konseling individual, upaya guru bimbingan dan konseling

References

Agus Sujanto, 2004 dkk, Psikologi Kepribadian, Jakarta : PT Bumi Aksara

Prasetyo, Dwi Sunar. 2008. Rahasia Mengajarkan Gemar Membaca Pada Anak Sejak Dini. Yogyakarta: Think Jogjakarta.

Sari, M. R. (2017). Upaya Guru Bimbingan Konseling dalam Meningkatkan Minat Peserta Didik Mengikuti Konseling Individual di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 1 Pekanbaru (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).

Winkel W.S, Sri Hastuti. 2006. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi

Downloads

Published

2019-03-01