GAMBARAN PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA SMA DARUL FALAH CILILIN

Authors

  • Bayu Permana IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/fokus.v2i3.4498

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran prokrastinasi akademik pada peserta didik di SMA Darul Falah Cililin.Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif dan metode studi deskriptif. quasi eksperimen dengan jenis penelitian menggunakan kuisioner angket pernyataan. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 317 peserta didik dari 4 kelas jurusan MIPA dan 4 kelas jurusan IPS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat prokrastinasi akademik pada siswa/siswi SMA Darul Falah mengalami prokrastinasi yang cukup tinggi, yakni terdapat di jurusan IPA dengan persentase akumulatif sebesar144%, dan persentase diagram sebesar 38% dengan volume 18, sedangkan IPS dengan persentase akumulatif sebesar 147%, dan persentase diagram sebesar 41% dengan 20 volume. Hal ini dapat terjadi karena dua faktor, yakni faktor internal dan faktor eksternal, sehingga terjadilah tingkat prokrastinasi akademik yang cukup tinggi di SMA Darul Falah.

Kata Kunci: Prokrastinasi akademik, siswa SMA

References

Burka, J. B & Yuen, L. M. (2008). Procrastination. Cambridge: Da Capo Press.

Alifiah., Ellis., Jannah, R. (2014). Analisis Manajemen Kesan Pengguna Facebook (Analysis Of Impression Management Facebook Users). Jurnal E Sos Pol,1 (1):90-109

Fernando, F. & Rahman, I. K. (2016). Konsep Bimbingan Dan Konseling Islam Solution Focused Brief Therapy (SFBT) Untuk Membantu Menyembuhkan Perilaku Prokrastinasi Mahasiswa. Jurnal Edukasi, Vol. 2(2), hlm. 215-236.

Pratini, H., & Afifah, A. N. (2019 Pendekatan Solution Focused Brief Therapy (SFBT) dalam Mengurangi Perilaku Prokrastinasi pada Mahasiswa. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling dalam Pendidikan), 1(2), 74-81.

Nugrasanti, R. (2006). Locus Of Control dan Prokrastinasi Akademik Mahasiswa. Jurnal Provitae. Vol. 2. No. 1, Mei 2006.

Wolters, C. A. (2003). Understanding Procrastination from a Self regulated Learning

Perspective. Journal of Educational Psychology, 95, 179 –187.

Downloads

Published

2019-05-11