EFEKTIVITAS THERAPY GESTALT DALAM MENINGKATKAN RASA TANGGUNG JAWAB SISWA

Authors

  • Siti Kamelia IKIP Siliwangi
  • Rini Meilani IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/fokus.v2i3.4499

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan rasa tanggung jawab siswa Sekolah Menengah Atas melalui penerapan therapy gestalt. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode atau pendekatan kepustakaan (Library research), dengan menganalisis penelitian sebelumnya yang dianggap relevan dengan variabel yang akan diteliti. Hasil penelitian menunjukan peningkatan tanggung jawab siswa mengalami kenaikan, yang artinya terapi gestalt dianggap efektif untuk meningkatkan tanggung jawab pada siswa.

 

Kata Kunci: Therapy Gestalt, Rasa Tanggung jawab

References

Asnawi, K.U. (2017). Konsep Konseling Gestalt Berbasis Islam Untuk Membantu Meningkatkan Bersosialisasi dan Adaptasi Siswa di Sekolah. Jurnal Bimbingan Konseling dan Dakwah Islam, Vol.14 No. 2 Juni 2017.

Chiristiana, E., & Saputra, E,N,W. (2010). Meningkatkan Rasa Percaya Diri Siswa Kelas X-3 Sma Negeri 8 Surabaya Dengan Konseling Kelompok Gestalt. Dosen Prodi Bk Fip Unesa.

Fauzi, A. (2018). Penerapan Terapi Gestalt untuk Menangani "AD" Siswa yang Menjadi Korban Bulllying di SMPN 26 Bandung. Jurnal Ilmiah Pekerjaan Sosial, Vol. 17 No. 2 Desember 2018.

Kusumadewi, R., Sedayanasa., Antari, M. (2014). Efektivitas Konseling Gestalt dengan Teknik "Saya Bertanggung Jawab Atas ..." untuk Meningkatkan Tanggung Jawab Akademik Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling, Vol. 2 No. 1 2014.

Rahman, I, K. (2011). Teknik Permainan Gestalt (Tpg) Untuk Meningkatkan Adaptabilitas Santri Di Pondok Pesantren :Studi Eksperimen Tpg Di Pondok Pesantren Salafiyah Miftahul Huda Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya Dan Pondok Pesantren Amanah Muhammadiyah Sambongjaya Kota Tasikmalaya. Repository: Indonesia University Of Education.

Rizkian., Bayu.A. (2013). Implementasi Model Pembelajaran Hellison Dalam Pembelajaran Aktivitas Permainan Bolavoli Untuk Meningkatkan Rasa Tanggung Jawab Siswa : Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas X8-Agama MAN 1 Bandung. Thesis. Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung.

Rustam, K. (2016). Meningkatkan Tanggung Jawab Belajar Melalui Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Proyeksi. Jurnal Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling Vol, 2(2).

Sugiana, A. (2019). Penanaman Nilai Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab di SMK Ethika Palembng. Jurnal PAI Raden Fatah, hlm. 106. Vol. 1 No. 1 Januari 2019.

Sugiyono. 2005. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.

Downloads

Published

2019-05-11