BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK SISWA SMP YANG MEMILIKI MINAT BELAJAR RENDAH

Authors

  • Ahmad Dimyati Mawaridz IKIP Siliwangi
  • Tita Rosita IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/fokus.v2i4.4664

Abstract

The purpose of this study is to determine the application of group guidance in increasing student interest in learning. The research method used is a literature review from previous research. The subjects in this study are the results of several previous studies which have a conformity with the variables discussed in this study. The results of the literature review (previous research) indicate a change in the subject after the implementation of the guidance, which is seen from the behavior in the learning process, the subject is more active in asking and responding to a problem in the classroom, and also more enthusiastic. Thus it can be concluded that group guidance can be used as an effort to increase student interest in learning

Keywords: Group Guidance, student interest in learning

 

References

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher).

Djaali. (2008). Psikologi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Fatmawati, R., & Rozin, M. (2018). Peningkatan Minat Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode Ceramah Interaktif. Factor M, 1(1).

Fitria, N. (2013). Model Bimbingan Kelompok Berbasis Falsafah Hidup Masyarakat Lampung untuk Mengurangi Prasangka Sosial. Jurnal Bimbingan Konseling, 2(2).

Jannah, N. (2015). Pelaksanaan Layanan Bimbingan Kelompok dalam Pemilihan Kegiatan Ekstrakurikuler di SMP Negeri 1 Rantau. Jurnal mahasiswa BK An-nur, 1(1).

Hamid, I. (2018). "Penerapan Teknik Sosiodrama Dalam Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa SMK Negeri 8 Makassar." Jurnal Mimbar Kesejahteraan Sosial 1.1.

Hartinah, S. (2009). Konsep dasar Bimbingan Kelompok. Bandung : PT Refika Aditama.

Mufidah, L., & Nursalim, M. (2008). Penggunaan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Diskusi Kelompok Untuk Meningkatkan Minat belajar Siswa.

Mulyani, U. (2016). Pengaruh Teknik Diskusi Kelompok dalam Bimbingan Kelompok Terhadap Peningkatan Pemahaman Siswa Tentang Dimensi Seksualitas Manusia. Insight: Jurnal Bimbingan Konseling, 5(1), 116–125.

Murdani, V. A., & Rahmanawati, F. Y. (2015). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa Terhadap Mata Pelajaran IPS DI SMPK MARIA FATIMA JEMBER. Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Psikologi, 11(1).

Narti, S. (2014). Model Bimbingan Kelompok Berbasis Ajaran Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Puspawan, Y. E., & Soesilo, T. D. (2019). Peningkatan Minat Belajar Siswa Kelas IX Melalui Layanan Bimbingan Kelompok. Jurnal Mimbar Ilmu, 24(1), 1–6.

Putri, A. N. (2016). Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Diskusi Kelompok untuk Meningkatkan Motivasi Belajar pada Siswa Kelas VIII SMP NEGERI 2 SIDOARJO Aplication Technique Group Guidance An Counseling Technique Discussion Group The Motivation Of Studying Class VIII. Jurnal Mahasiswa Bimbingan Konseling UNESA, 6(3).

Prayitno. (2013). Bimbingan dan Konseling. Yogyakarta: PT Andi Offeset.

Rifai, N. M. (2018). Efektivitas Teknik Diskusi Kelompok untuk Meningkatkan Efikasi Diri Siswa Kelas X SMAN 6 KEDIRI TAHUN AJARAN 2016 / 2017 Oleh : NUR MUHAMAD RIFAI Dibimbing oleh : SURAT PERNYATAAN ARTIKEL SKRIPSI TAHUN 2018. Simki-Pedagogia, 02(04).

Romlah, T. (2001). Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok. Malang: UNM.

Ronita. (2015). Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan untuk Guru SD. Bandung : Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Ilmu Pengetahuan Alam (PPPPTK IPA).

Fitria, N. (2013). Model Bimbingan Kelompok Berbasis Falsafah Hidup Masyarakat Lampung untuk Mengurangi Prasangka Sosial. Jurnal Bimbingan Konseling, 2(2).

Jannah, N. (2015). Pelaksanaan Layanan Bimbingan Kelompok dalam Pemilihan Kegiatan Ekstrakurikuler di SMP Negeri 1 Rantau. Jurnal mahasiswa BK An-nur, 1(1).

Hamid, I. (2018). "Penerapan Teknik Sosiodrama Dalam Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa SMK Negeri 8 Makassar." Jurnal Mimbar Kesejahteraan Sosial 1.1.

Hartinah, S. (2009). Konsep dasar Bimbingan Kelompok. Bandung : PT Refika Aditama.

Mufidah, L., & Nursalim, M. (2008). Penggunaan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Diskusi Kelompok Untuk Meningkatkan Minat belajar Siswa.

Mulyani, U. (2016). Pengaruh Teknik Diskusi Kelompok dalam Bimbingan Kelompok Terhadap Peningkatan Pemahaman Siswa Tentang Dimensi Seksualitas Manusia. Insight: Jurnal Bimbingan Konseling, 5(1), 116–125.

Murdani, V. A., & Rahmanawati, F. Y. (2015). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa Terhadap Mata Pelajaran IPS DI SMPK MARIA FATIMA JEMBER. Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Psikologi, 11(1).

Narti, S. (2014). Model Bimbingan Kelompok Berbasis Ajaran Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Puspawan, Y. E., & Soesilo, T. D. (2019). Peningkatan Minat Belajar Siswa Kelas IX Melalui Layanan Bimbingan Kelompok. Jurnal Mimbar Ilmu, 24(1), 1–6.

Putri, A. N. (2016). Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Diskusi Kelompok untuk Meningkatkan Motivasi Belajar pada Siswa Kelas VIII SMP NEGERI 2 SIDOARJO Aplication Technique Group Guidance An Counseling Technique Discussion Group The Motivation Of Studying Class VIII. Jurnal Mahasiswa Bimbingan Konseling UNESA, 6(3).

Prayitno. (2013). Bimbingan dan Konseling. Yogyakarta: PT Andi Offeset.

Rifai, N. M. (2018). Efektivitas Teknik Diskusi Kelompok untuk Meningkatkan Efikasi Diri Siswa Kelas X SMAN 6 KEDIRI TAHUN AJARAN 2016 / 2017 Oleh : NUR MUHAMAD RIFAI Dibimbing oleh : SURAT PERNYATAAN ARTIKEL SKRIPSI TAHUN 2018. Simki-Pedagogia, 02(04).

Romlah, T. (2001). Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok. Malang: UNM.

Ronita. (2015). Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan untuk Guru SD. Bandung : Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Ilmu Pengetahuan Alam (PPPPTK IPA).

FOKUS Volume 2, No. 4, Juli 2019 170

Sari, A. P. (2016). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Melalui Diskusi Kelompok pada Siswa Kelas VIII SMP HAMONG PUTERA NGAGLIK. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 10(5), 392–399.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Yahya, S., Supardi, K. I., & Masturi. (2017). Satesik (Sains, Teknologi & Musik) untuk Meningkatkan Minat Belajar dan Pemahaman Konsep Sains. Journal of Innovative Science Education, 6(1).

Yanti, L. M., & Saputra, S. M. (2018). Penerapan Pendekatan REBT (Rasional Emotive Behavior Theraphy) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling dalam Pendidikan), 1(6), 247-254.

Yusuf, M. (2015). Meningkatkan Minat Belajar Bidang Bimbingan Pribadi dan Sosial Materi Pentingnya Mengatur Waktu Di Sekolah. MEDIA DIDAKTIKA, 1(2), 165-172.

Downloads

Published

2019-07-15