PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN PERILAKU MENOLONG SISWA

Authors

  • Resna Suria M.R IKIP Siliwangi
  • Nanin Rahmatyana IKIP Siliwangi
  • Cica D Mustifah IKIP Siliwangi
  • Siti Fatimah IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/fokus.v2i3.5249

Abstract

Perilaku menolong dalam kamus besar bahasa indonesia (KBBI) dijelaskan bahwa menolong berarti membantu untuk meringankan beban (penderitaan, kesukaran, dan sebagainya). Perilaku menolong dapat disebut juga perilaku prososial yaitu suatu tindakan menolong yang menguntungkan orang lain tanpa harus menyediakan suatu keuntungan langsung pada orang yang melakukan tindakan tersebut, bahkan melibatkan suatu resiko bagi orang yang menolong. Fenomena saat ini di kalangan remaja banyak sekali ditemukan remaja yang tidak mau menolong sesama individu, baik sesama teman atau lingkungan di sekitarnya. Dalam hal ini peran guru bimbngan dan konseling sangat berperan aktif dalam meningkatkan kepedulian tolong menolong siswa. Salah satu upaya yang bisa dilakukan oleh guru bimbingan dan konseling yaitu dengan menggunakan teknik konseling teman sebaya.

 

Kata Kunci: Peran guru bimbingan dan konseling, perilaku menolong, siswa.

References

Frisnawati. A. (2012). Hubungan Antara Intensitas Menonton Reality Show dengan Kecenderungan Perilaku Prososial pada Remaja. Vol. I No. 1. 2012

Isnaeni. N., Wibowo. M. Eddy., & Mugiarso. H. (2018). Meningkatkan Perilaku Altruisme Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Melalui Konseling Kelompok. Vol. 7, No. 1. 2018

Putra, I. D. G. U., & Rustika, I. M. (2015). Hubungan Antara Peilaku Menolong Dengan Konsep Diri Pada Remaja Akhir Yang Menjadi Anggota Tim Bantuan Medis Janar Duta Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Jurnal Psikologi Udayana, 2(2), 198-205

Rahman. A. Abdul. (2017). Psikologi Sosial. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Suwarjo. (2012). Pemanfaatan Interaksi Remaja dalam Layanan Bimbingan dan Konseling di SLTP dan SLTA

Wardani, S. Yula., Trisnani, P. Rischa. (2015). Konseling Sebaya untuk Meningkatkan Perilaku Prososial Siswa. Vol. 4, No. 2. 2015 (diakses 18 Mei 2018)

Downloads

Published

2019-05-22