PERILAKU MEMBOLOS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI FAKTOR-FAKTOR YANG MELATARBELAKANGINYA

Authors

  • Wulan Dwiyanti Rahayu IKIP Siliwangi
  • Heris Hendriana IKIP Siliwangi
  • Siti Fatimah IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/fokus.v3i3.5253

Abstract

This research was conducted based on a phenomenon that occurred at SMK Bunga Persada Cianjur with the aim of obtaining a picture of truancy behavior based on the factors behind it. The method used is a qualitative method with a descriptive type of research which is a case study. The data collection method used is by using interview guidelines. The results showed that the forms of truancy behavior carried out by students were coming to school late, not attending class during certain class hours, giving fake permits with artificial reasons and leaving the classroom without asking permission first. Meanwhile, the factors behind truancy behavior include being influenced by friends' invitations, less interest in some subjects and a tedious learning process.

 

Keywords: Truancy Behavior, Factors behind Truancy, Students.

References

Afrira, Dylia. 2018. Pelaksanaan Konseling Individu dengan Pendekatan Konseling Realitas dalam Mengurangi Perilaku Membolos Peserta Didik Kelas VIII SMP Perintis 2 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Anitiara. 2016. Pengurangan Perilaku Membolos di Sekolah Dengan Menggunakan Konseling Kelompok pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Kotabumi Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi, Program Studi Bimbingan Konseling, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

Arianti, Risky. 2017. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Membolos Peserta Didik Kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Negeri 13 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Tarbiyah, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Fatimah, Siti. 2017. Hubungan antara Konformitas Terhadap Teman Sebaya dengan Kenakalan Remaja pada Siswa Usia 13-15 Tahun di SMP Negeri 1 Ciwidey Bandung. Jurnal Quanta, Vol. 1, No. 1, September 2017.

Gunarsa, Singgih dan Gunarsa, Singgih Yulia. 2008. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta : Gunung Mulia.

Khanisa, S. 2012. Pengaruh Layanan Konseling Kelompok dengan Menggunakan Teknik Pendekatan Behavior untuk Mengatasi Perilaku Membolos. Semarang.

Minarni. 2017. Identifikasi Faktor Penyebab Perilaku Membolos Pada Siswa SMK. Tesis, Program Magister Psikologi, Sekolah Pascasarjana, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Prihartanto, T. 2009. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Membolos Pada Mahasiswa. Skripsi tidak diterbitkan. Universitas Katolik Soegijapranata.

Willis, Sofyan S. (2010). Remaja & Permasalahannya. Bandung: Alfa Beta

Winkel, W. S. 2012. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.

Yusuf, Syamsu. 2014. Landasan Bimbingan dan Konseling. PT. Remaja Rosdakarya: Bandung.

Downloads

Published

2020-05-10