LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA
DOI:
https://doi.org/10.22460/fokus.v1i1.69Abstract
Terlambat ke sekolah merupakan perilaku tidak disiplin peserta didik karena disiplin itu adalah persesuaian terhadap keadaan, dimana seseorang mampu menggerakan, mengatur dan mengendalikan dirinya dalam segala hal dan pengendaliannya berada dalam dirinya masing-masing dan harus disesuaikan dengan nilai-nilai agama dan norma-norma yang berlaku dimasyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Layanan Bimbingan Konseling Individual Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa, kemudian untuk mengetahui hambatan dan hasil yang telah dicapai dalam Layanan Bimbingan Konseling Individual di SMPN Satu Atap Cikoneng Kabupaten Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Penelitian ini dilakukan dengan menempuh langkah-langkah : menentukan lokasi penelitian, menentukan metode penelitian, menentukan populasi dan sampel penelitian, menentukan jenis dan sumber data, menentukan teknik pengumpulan data, Dari data yang penulis peroleh, maka penulis mengambil kesimpulan bahwa layanan Bimbingan dan konseling dalam meningkatkan kedisiplinan Siswa SMPN Satu Atap Cikoneng, guru bimbingan dan konseling mampu menjadi pembimbing, contoh dan teladan, pengawasan dan pengendali. Dimana guru bimbingan dan konseling senantiasa mengawasi perilaku peserta didik pada jam-jam sekolah. Agar tidak penyimpangan perilaku atau tindakan yang indisiplin.ÂÂ
Downloads
Published
2018-01-01
Issue
Section
Articles