PROFIL KETERAMPILAN SOSIAL SISWA DI SMAN 2 PURWAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.22460/fokus.v4i6.8294Keywords:
profile , social skillsAbstract
The purpose of this study was to describe data on the results of students' social skills levels at SMAN 2 Purwakarta. The methods used in this study use quantitative descriptive methods. Data collection uses a social skills instrument containing 26 statements. The sample in this study was as many as 100 students in class XI IPS at SMAN 2 Purwakarta. The results showed that there are 3 categories of social skills levels of students in SMAN 2 Purwakarta, high 47%, medium 26%, and low 27%. As for the social skills dimension obtained high value results, namely in the assertive behavior dimension with an average score of 84.39 indicated by student behavior that can display the right attitude with the situation, followed by the dimension of peer relationships with a value of 83.85 indicated by the behavior of students who can make friends well, and in the dimension of academic behavior gets a score of 81.62 indicated by the results of learning.
References
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Bali, M. M. E. I. (2017). Model Interaksi Sosial dalam Mengelaborasi Keterampilan Sosial.
Jurnal Pedagogik, 4(2), 211–227.
Diahwati, R., Hariyono, H., & Hanurawan, F. (2016). Keterampilan sosial siswa berkebutuhan
khusus di sekolah dasar inklusi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan
Pengembangan, 1(8), 1612-1620.
Dewanti, T. C., Widada, W., & Triyono, T. (2016). Hubungan antara keterampilan sosial dan
penggunaan gadget smartphone terhadap prestasi belajar siswa SMA Negeri 9
Malang. Jurnal kajian bimbingan dan konseling, 1(3), 126-131.
Fatimah, S. (2017). Hubungan antara Konformitas Terhadap Teman Sebaya dengan Kenakalan
Remaja pada Siswa Usia 13-15 Tahun di SMP Negeri 1 Ciwidey Bandung. QUANTA, 1(1), 27-
Handayani, N. P., Wikanengsih, W., & Rosita, T. (2021). PROFIL KETERAMPILAN
SOSIAL PESERTA DIDIK SMP MUHAMMADIYAH 3 KADUNGORA
KABUPATEN GARUT. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling dalam
Pendidikan), 4(2), 113-120.
Janah, M. (2017). Efektivitas layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi untuk
meningkatkan keterampilan sosial peserta didik kelas xii sma negeri 7 bandar lampung
tahun ajaran 2016/2017 (Doctoral dissertation, IAIN Raden Intan Lampung).
Kartono, K. (2014). Patologi Sosial 2 Kenakalan Remaja. Jakarta: Rajawali Press.
Larasati, D. (2016). Keterampilan sosial siswa cerdas istimewa (CI) di SMA Negeri 1
Krembung. Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 4(3).
Larasati, K., & Marheni, A. (2019). Hubungan antara komunikasi interpersonal orang tua
remaja dengan keterampilan sosial remaja. Jurnal Psikologi Udayana, 6(2), 1093
Maharani, L., Masya, H., & Janah, M. (2018). Peningkatan keterampilan sosial peserta didik
SMA menggunakan layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi. KONSELI:
Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal), 5(1), 65-72.
Marheni, A., Made, I. R., & Susilawati, L. K. P. A. (2019). Peran Kualitas Kelekatan Anak
dengan Orangtua pada Keterampilan Sosial Remaja. Jurnal Ilmu Perilaku, 2(2), 118
Merrell, K. & Gimpel, G. A. & (2014). Social Skills of Children and Adolescents. New York: Psychology Press.
Minarni, A. (2013). Pengaruh pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan pemahaman matematis dan keterampilan sosial siswa SMP Negeri di Kota Bandung. Jurnal Paradikma, 6(02), 162-174.
Naijan. (2014). Pengaruh Metode Pembelajaran dan Sikap Sosial Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa SMAN 12 Tangerang Selatan. Journal Pendidikan Sejarah Vol: 3 No:1:2014
Rici, O. T. W., & Alawiyah, T. (2019). Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Permainan Kerjasama untuk meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling dalam Pendidikan), 2(5), 171-180.
Sari, I. D. P., Sukowiyono, S., & Djatmika, E. T. (2018). Pengaruh Media Sosial terhadap Keterampilan Sosial Murid. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(11), 1446-1450.
Septian, M. R. (2019). Kondisi Akhlak Narapidana Korupsi. QUANTA, 3(2), 51-55.
Setiawan, I., & Pebrina, A. W. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Keterampilan Sosial dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi, 16(01), 70-81.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta Thalib, Syamsul B. (2010). Psikologi Pendidikan Berbasis Analisis Empiris Aplikatif. Jakarta:
Kencana
Yusuf, S. (2017). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Wulandari, S. (2018). Pemberian Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Role Playing
Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa Di Madrasah Aliyah Proyek Univa
Medan Tahun Ajaran 2018-2019 (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling dalam Pendidikan)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.