PROFIL KETERAMPILAN SOSIAL SISWA DI SMAN 2 PURWAKARTA

Authors

  • Putri Virdawati IKIP Siliwangi
  • Heris Hendriana IKIP Siliwangi
  • Tita Rosita IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/fokus.v4i6.8294

Keywords:

profile , social skills

Abstract

The purpose of this study was to describe data on the results of students' social skills levels at SMAN 2 Purwakarta. The methods used in this study use quantitative descriptive methods. Data collection uses a social skills instrument containing 26 statements. The sample in this study was as many as 100 students in class XI IPS at SMAN 2 Purwakarta. The results showed that there are 3 categories of social skills levels of students in SMAN 2 Purwakarta, high 47%, medium 26%, and low 27%. As for the social skills dimension obtained high value results, namely in the assertive behavior dimension with an average score of 84.39 indicated by student behavior that can display the right attitude with the situation, followed by the dimension of peer relationships with a value of 83.85 indicated by the behavior of students who can make friends well, and in the dimension of academic behavior gets a score of 81.62 indicated by the results of learning.

 

References

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Bali, M. M. E. I. (2017). Model Interaksi Sosial dalam Mengelaborasi Keterampilan Sosial.

Jurnal Pedagogik, 4(2), 211–227.

Diahwati, R., Hariyono, H., & Hanurawan, F. (2016). Keterampilan sosial siswa berkebutuhan

khusus di sekolah dasar inklusi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan

Pengembangan, 1(8), 1612-1620.

Dewanti, T. C., Widada, W., & Triyono, T. (2016). Hubungan antara keterampilan sosial dan

penggunaan gadget smartphone terhadap prestasi belajar siswa SMA Negeri 9

Malang. Jurnal kajian bimbingan dan konseling, 1(3), 126-131.

Fatimah, S. (2017). Hubungan antara Konformitas Terhadap Teman Sebaya dengan Kenakalan

Remaja pada Siswa Usia 13-15 Tahun di SMP Negeri 1 Ciwidey Bandung. QUANTA, 1(1), 27-

Handayani, N. P., Wikanengsih, W., & Rosita, T. (2021). PROFIL KETERAMPILAN

SOSIAL PESERTA DIDIK SMP MUHAMMADIYAH 3 KADUNGORA

KABUPATEN GARUT. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling dalam

Pendidikan), 4(2), 113-120.

Janah, M. (2017). Efektivitas layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi untuk

meningkatkan keterampilan sosial peserta didik kelas xii sma negeri 7 bandar lampung

tahun ajaran 2016/2017 (Doctoral dissertation, IAIN Raden Intan Lampung).

Kartono, K. (2014). Patologi Sosial 2 Kenakalan Remaja. Jakarta: Rajawali Press.

Larasati, D. (2016). Keterampilan sosial siswa cerdas istimewa (CI) di SMA Negeri 1

Krembung. Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 4(3).

Larasati, K., & Marheni, A. (2019). Hubungan antara komunikasi interpersonal orang tua

remaja dengan keterampilan sosial remaja. Jurnal Psikologi Udayana, 6(2), 1093

Maharani, L., Masya, H., & Janah, M. (2018). Peningkatan keterampilan sosial peserta didik

SMA menggunakan layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi. KONSELI:

Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal), 5(1), 65-72.

Marheni, A., Made, I. R., & Susilawati, L. K. P. A. (2019). Peran Kualitas Kelekatan Anak

dengan Orangtua pada Keterampilan Sosial Remaja. Jurnal Ilmu Perilaku, 2(2), 118

Merrell, K. & Gimpel, G. A. & (2014). Social Skills of Children and Adolescents. New York: Psychology Press.

Minarni, A. (2013). Pengaruh pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan pemahaman matematis dan keterampilan sosial siswa SMP Negeri di Kota Bandung. Jurnal Paradikma, 6(02), 162-174.

Naijan. (2014). Pengaruh Metode Pembelajaran dan Sikap Sosial Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa SMAN 12 Tangerang Selatan. Journal Pendidikan Sejarah Vol: 3 No:1:2014

Rici, O. T. W., & Alawiyah, T. (2019). Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Permainan Kerjasama untuk meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling dalam Pendidikan), 2(5), 171-180.

Sari, I. D. P., Sukowiyono, S., & Djatmika, E. T. (2018). Pengaruh Media Sosial terhadap Keterampilan Sosial Murid. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(11), 1446-1450.

Septian, M. R. (2019). Kondisi Akhlak Narapidana Korupsi. QUANTA, 3(2), 51-55.

Setiawan, I., & Pebrina, A. W. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Keterampilan Sosial dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi, 16(01), 70-81.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta Thalib, Syamsul B. (2010). Psikologi Pendidikan Berbasis Analisis Empiris Aplikatif. Jakarta:

Kencana

Yusuf, S. (2017). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Wulandari, S. (2018). Pemberian Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Role Playing

Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa Di Madrasah Aliyah Proyek Univa

Medan Tahun Ajaran 2018-2019 (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri

Downloads

Published

2021-11-25