LAYANAN BIMBINGAN KARIER BERBASIS ONLINE MELALUI TEKNIK DISKUSI KELOMPOK DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN KARIER SISWA SMA

Authors

  • Lisnawati Dewi IKIP Siliwangi
  • Euis Eti Rohaeti IKIP Siliwangi
  • Rima Irmayanti IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/fokus.v4i5.8394

Keywords:

Career Guidance, Group Discussion, Career Decision Making

Abstract

Career decision-making is the process of determining one of two or more choices related to intentional work/further education. This research aims to find out how the Implementation of Online-based Career Guidance Services through Group Discussion Techniques in career decision making, teacher and student response, student difficulties, as well as obstacles experienced by BK teachers regarding Online-based Career Guidance services through Group Discussion Techniques in career decision making. The method study qualitative descriptive. Data obtained from results research in form words and explanations about a phenomenon that occurs. The subjects in this study were 1 BK Teacher, and 6 students of class XII Of State High School 1 Cisarua. The data collection procedure uses questionnaires, observations and interviews. Based on the results of research shows the findings in the field including students are not fully able to make career decisions well proven by the results of career decision making. There is only 1 student who has a career decision in the high category with a percentage of 17%, while 4 people with a moderate category with a percentage of 67%, and 1 person with a low category with a percentage of 17%. However, after being given career guidance services students find it helpful in their further education decision making.

References

Afrida, Y., & Iskandar, R. (2017). Pengembangan Sumber Daya Manusia Pada Lembaga Pusat

Karir Di Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri. Maqdis: Jurnal Kajian Ekonomi

Islam, 2(2), 215-229.

Apriansyah, A., Hadiwinarto, H., & Mishbahuddin, A. (2018). Hubungan Antara Efikasi Diri

Dengan Kemampuan Pengambilan Keputusan Karir Siswa Man 2 Kota

Bengkulu. Consilia: Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling, 1(3), 1-11.

Arifin, A. A., & Saleh, I. (2015). Teknik Two Stay Two Stray dalam Bimbingan Kelompok

bps.go.id (

Jurnal Psikologi Pendidikan & Konseling Vol, 1(1). Badan Pusat Statistik (bps.go.id)

Untuk Meningkatkan Wawasan Siswa Dalam Pemilihan Jurusan di Perguruan Tinggi

Negeri.

Daulay, T. (2017). Pengaruh Pemberian Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Expository

Terhadap Perencanaan Pilihan Karir Siswa Kelas X Ipa 6 Sma Negeri 12 Medan TA

/2017 (Doctoral dissertation, UNIMED).

Hartinah, G., & Wibowo, M. E. (2015). Pengembangan model layanan informasi karir berbasis

life skills untuk meningkatkan pemahaman dalam perencanaan karir siswa sma.

Kurniasari, R. I., Dariyo, A., & Idulfilastri, R. M. (2018). Hubungan Antara Self-Efficacy

dengan Pengambilan Keputusan Karier pada Mahasiswa Tingkat Akhir Fakultas

Psikologi.

Maulana, Y., & Yanti, L. E. (2018). Efektivitas Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Diskusi

-157.

FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling dalam Pendidikan), 3(4), Didaktikum, 15(4).

FOKUS Volume 4, No. 5, September 2021 348

, 05 Mei). Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) sebesar 4,99 persen diakses

pada 20 februari 2021

Bimbingan Konseling, 4(1).

Journal An-Nafs: Kajian Penelitian Psikologi, 3(1), 1-19.

Peraturan Pemerintah Republik Indoesia No. 17 Tahun 2010 pasal 76 ayat 1 tentang Pengeloaan dan Penyelenggaraan Pendidikan.

Journal of Psychology, 5(1), 157-174. dan Sosial, 2(3), 134-143.

Philanthropy: Jurnal Psikologi Kepribadian

Surat Edaran Kemdikbud Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (COVID- 1 9)

worldpopulationreview.com (2021) Unemployment By Country 2021 diakses pada 20 Februari 2021 Unemployment By Country 2021 (worldpopulationreview.com)

Jurnal

Untuk Meningkatkan Pengambilan Keputusan Karir Siswa. Guidance, 15(01), 11-19.

Masfiah, S., Hendriana, H., & Suherman, M. M. (2020). Layanan Bimbingan Karier untuk

Siswa SMP Kelas IX.

Mastuti, S. (2014). Meningkatkan Disiplin Belajar Melalui Layanan Bimbingan Kelompok

dengan Teknik Diskusi Kelompok.

Meitasari, A., Mulia, E. C. A., & Chasanah, L. I. (2021). Problematika bimbingan dan

konseling bidang karier peserta didik SMA: A systematic literature review

(SLR). TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 5(1), 69-76.

Pribadi, A. S., Erlangga, E., & Wangge, M. Y. (2021). Hubungan Antara Konsep Diri

Akademik dengan Pengambilan Keputusan Karier pada Siswa SMP.

Pritaningrum, M., & Hendriani, W. (2013). Penyesuaian diri remaja yang tinggal di Pondok

Pesantren Modern Nurul Izzah Gresik pada tahun pertama.

Sari, K., & Suryahadikusumah, A. R. (2020). Identifikasi kendala guru BK kelompok millenials

dalam menggunakan ICT di kota Palembang.Teraputik: Jurnal Bimbingan dan

Konseling, 4(1), 49-56.

Wahyu Kurniawan, C., Hartini, S., Susilowati, N., & BudiPrabowo, A. (2020). Meningkatkan

Pemahaman Siswa Dalam Pengambilan Keputusan Karir Melalui Bimbingan Kelompok

Dengan Teknik Diskusi Pada Siswa Kelas XII di SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta.

Downloads

Published

2021-09-01