VALIDITAS DAN REALIBILITAS ANGKET KEPERCAYAAN DIRI PADA SISWA SMP KELAS VII

Salma Nur Fauziah(1*), Asep Samsudin(2), Rima Irmayanti(3)

(1) IKIP Siliwangi Bandung
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstract

Self-confidence is an main component for the adolencents to grow up to be a person who has good quality life. In the process, the adolencents are often faced with situations what made them have crisis of confidence. Therefore, be required appropriate of instrument which has been tested validity and realibility. The subject of this research were 32 students in grade 7th of Pasundan Tanjungsari junior High School. From the result, there are 7 statement declared valid out of 40 statements and has realibility score 0,652. That way the questionnaire is included in the moderate category, which means that the results obtained will tend to be the same and not much different when tested at different times and subjects.

 

Abstrak

Kepercayaan diri merupakan komponen penting bagi remaja dalam membentuk pribadi yang memiliki kualitas hidup yang baik. Dalam proses perkembangannya, remaja sering dihadapkan pada situasi yang membuatnya mengalami krisis percaya diri. Oleh karena itu, diperlukan sebuah alat ukur kepercayaan diri yang tepat dan telah di uji validitas dan relibilitas. Subjek dalam penelitian ini merupakan 32 orang siswa kelas VII di SMP Pasundan Tanjungsari. Hasil dari uji validitas terdapat 7 pernyataan yang valid dari 40 penyataan dan memiliki nilai realibilitas sebesar 0,652. Dengan begitu angket termasuk kedalam kategori sedang, yang artinya hasil yang didapat akan cenderung sama dan tidak jauh berbeda apabila di uji cobakan di waktu dan subjek yang berbeda.


Full Text:

PDF

References


Azwar,Saifudin.(1998).Sikap Manusia Teoti dan Pengukurannya. Liberty:Yogyakarta

Angelis, De Barbara, 2003. Comfidence Sumber Sukses Dan Kemandirian. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Fatimah, D. (2015). Pengembangan model bimbingan kelompok dengan teknik role playing untuk mengembangkan kepercayaan diri siswa. Jurnal Bimbingan Konseling, 4(1).

Lauster, Peter. 2002. Tes Kepribadian. Jakarta: Bumi Aksara

Prisnawati, T. A. (2015). Upaya Guru Bimbingan dan Konseling dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa dengan Teknik Sosiodrama Kelas VIIb SMP N 1 Sentolo Tahun Ajaran 2015/2016. Universitas PGRI Yogyakarta.

Rachmaatillah, T., & Fatimah, S. (2018). Pengaruh bimbingan pribadi-sosial terhadap peningkatan sikap percaya diri. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling dalam Pendidikan), 1(1), 20-26.

Sugiyono (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan. Bandung.: CV. Alfabeta.

Tirtarahardja Umar. 2005. Pengantar Pendidikan. Rineka Cipta




DOI: http://dx.doi.org/10.22460/fokus.v5i4.8723

Article Metrics

Abstract view : 13 times
PDF - 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
free hit counter View My Stats