Layanan Bimbingan Kelompok Melalui Teknik Cinematheraphy Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas XI SMK

Marsita Dahliani Putri(1*), Euis Eti Rohaetai(2), Tuti Alawiyah(3)

(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstract                                                                                                                                   

This study aims to determine the implementation of the application of group guidance through Cinema Therapy techniques to interest in learning. The method used is a descriptive qualitative method. With research subjects 5 students of class XI at SMKN 2 Cimahi. Instruments used in the use of data are questionnaires, interviews and observations. Based on the results of research on the application of group guidance through the Cinematherapy technique to students' interest in learning, it was found that the average percentage value of the happy feeling indicator was 69.14%, the attention indicator was 68.40%, the interest indicator was 68.36%, the student involvement indicator was 71.2%. , and the average value of each indicator obtained a percentage of 69.28% which is included in the high category. So it can be concluded that the application of group guidance through the Cinematherapy technique is effective for students who experience low interest in learning.

Keywords:  interest in learning, group guidance, Cinematherapy

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi dari penerapan bimbingan kelompok melalui teknik Cinema Therapy terhadap minat belajar. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Dengan subjek penelitian 5 orang siswa kelas XI di SMKN 2 Cimahi. Instrument penggunaan data yang digunakan angket, wawancara dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian penerapan bimbingan kelompok melalui teknik Cinema Therapy terhadap minat belajar siswa didapat nilai rata-rata persentase dari indikator perasaan senang 69,14%, indikator perhatian 68,40%, indikator ketertarikan 68,36%, indikator keterlibatan siswa 71,2%, serta nilai rata-rata dari setiap indikator memperoleh persentase sebesar 69,28%  yang termasuk dalam kategori tinggi. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan bimbingan kelompok melalui teknik Cinema Therapy efektif terhadap siswa yang mengalami minat belajar yang rendah.

Kata Kunci: minat belajar, bimbingan kelompok, Cinematherapy


References


REFERENSI

Afriani, N. (2018). Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Dengan Teknik Diskusi Kelompok Pada Pelajaran Matematika Di Mts Al Muddakir Banjarmasin. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur: Berbeda, Bermakna, Mulia, 3(1), 1-7.

BUNGA, C. C. (2016). 'Pengaruh Bimbingan Kelompok Teknik Cinema Therapy Terhadap Motivasi belajar dalam Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 2 Gorontalo Kota Gorontalo''. Skripsi, 1(111412102).

Hemayanti, K. L., Muderawan, I. W., & Selamat, I. N. (2020). Analisis Minat Belajar Siswa Kelas Xi Mia Pada Mata Pelajaran Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 4(1), 20-25.

Ningsih, A. M., Hidayat, D. R., & Setiyowati, E. (2016). Pengaruh Penggunaan Cinema Therapy Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa (Studi Kuasi Eksperimen Terhadap Siswa Kelas Xi Di Sma Negeri 59 Jakarta). INSIGHT: Jurnal Bimbingan Konseling, 5(1), 1-7.

Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JP Manper), 1(1), 128-135.

Rohmah, C. O. (2017). Pengaruh penggunaan gadget dan lingkungan belajar terhadap minat belajar siswa kelas XI kompetensi keahlian administrasi perkantoran SMK Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung:Alfabeta

Yana, Y., & Sari, D. P. (2021). Investigasi Minat Dan Motivasi Belajar Matematika Siswa Di Era Covid-19. Statmat: Jurnal Statistika Dan Matematika, 3(1), 19-28.

Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa COVID 19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 232-243.




DOI: http://dx.doi.org/10.22460/fokus.v1i1.8846

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
free hit counter View My Stats